Hanya Butuh 5 Menit! Cara Install Node.js di Windows

Pada masa sekarang, sudah banyak bahasa pemrograman yang bermunculan dan berkembang sangat pesat. 

Di Indonesia sendiri bahasa pemrograman PHP masih mendominasi untuk aplikasi berbasis website karena pengelolaan aplikasi yang cukup murah dan mudah. 

Biasanya bahasa pemrograman PHP sering disandikan dengan javascript untuk kebutuhan front end pada projek yang sedang dibuat.

Meski demikian, saat ini Javascript memiliki kemampuan untuk yang sama seperti PHP yakni mengelola server side. 

Jika dahulu Javascript dikenal dengan kemampuan untuk memanipulasi interaksi disisi user atau client side. 

Dengan adanya teknologi Node.js ini membuat javascript semakin berkembang karena kemampuan yang dimiliki Node.js sangat powerfull.

Berbeda dengan PHP yang memerlukan web server untuk menjalankan aplikasinya seperti Apache, Nginx, NodeJS memiliki web server HTTP sendiri yang memungkinkan menjalankan aplikasi web tanpa menggunakan web server seperti Apache atua Nginx.

Sejarah Singkat Node.js

Node.js merupakan sebuah  perangkat lunak yang dibuat untuk mengembangkan aplikasi berbasis website yang ditulis oleh bahasa pemrograman Javascript. Diciptakan oleh Ryan Dahl sejak 2009 yang terus berkembang hingga sekarang. 

Node.js datang bersamaan dengan sebuah paket manajer yang sering digunakan oleh developer javascript yakni NPM (Node Package Manager).

Cara Install Node.js di Window

Cara menginstall Node.js ini bisa kalian lakukan di window 10,8,7. Kebanyakan komputer / laptop sekarang pastinya sudah menggunakan window 10, tapi tidak menutup kemungkinan masih menggunakan window 8 atau 7. 

Oh iya, cek terlebih dahulu window yang kalian gunakan apakah sistem operasi nya 64 bit atau 32 bit. 

Karena nanti saat mendownload node js nya kalian harus memilih antara 64 bit atau 32 bit sesuai keadaan komputer / laptop milik kalian. Baiklah, langsung saja ikuti step - step penginstallan node.js dibawah ini.

1. Silahkan unduh Node.js nya di link yang saya telah sediakan, klik disini. Setelah itu kalian akan dibawa kehalaman awal Node.js, .Di bagian navigasi dari website Node.js terdapat tulisan download, klik pada bagian tersebut.

2. Nanti kalian harus memilih antara 32 bit atau 64 bit sesuaikan dengan window yang kalian gunakan.

3. Setelah berhasil mendownload node.js nya, buka aplikasi penginstallnya node.js nya dan klik dua pada aplikasi tersebut atau bisa klik kanan lalu open.]

4. Nanti akan muncul setup wizard seperti dibawah ini, lalu klik NEXT untuk melanjutkan penginstallan.

5. Klik I accept the terms in the License Agreement, setelah itu klik NEXT kembali. Kalian bisa melihat seperti pada gambar.

6. Maka akan muncul gambar seperti dibawah ini, Kalian bisa mengatur direktori penyimpan node .js nya. Namun biasanya saya akan mengikuti arahan dari node.js nya dengan menyimpan aplikasi di Program file -> nodejs, seperti pada gambar. Klik NEXT untuk melanjutkan penginstallan.

7. Pada bagian ini, kalian tidak perlu merubah settingan yang telah diatur oleh node.js nya. Cukup pergi ke tombol NEXT yang dapat kalian lihat seperti pada gambar.

8. Jika sudah, nanti akan muncul gambar seperti ini. Checkbox yang diberi ditandai warna merah itu bersifat optional, kalian bisa menginstallnya atau tidak.

9. Maka akan muncul halaman penginstallan node.js, klik tombol INSTALL.  Lihat seperti pada gambar.

10. Selesai, kalian telah berhasil menginstall node.js di komputer / laptop milik kalian. Cukup mudah bukan penginstallan node.js di window.

Ikuti cara install node js ini secara berurutan agar kalian bisa menginstallnya dengan benar. Oh, iya jika kalian ingin mengetahui versi node.js dan npm nya, kalian bisa mengikuti tutorial dibawah ini.

Cara Cek Versi Node.js

Jika kalian ingin mengetahui cara melihat versi node.js yang telah kalian install sebelumnya sangatlah mudah, begini caranya :

1. Masuk ke command prompt dengan cara tekan tombol window + r  kemudian ketikkan cmd lalu enter atau bisa menekan tombol window + s ketikkan cmd lalu enter.
2. Setelah masuk ke cmd, kalian tidak ketikkan node -v di cmd kalian.
3. Nanti akan muncul versi node.js yang kalian install sebelumnya.

Cara Cek Versi NPM

1. Masuk ke command prompt dengan cara tekan tombol window + r  kemudian ketikkan cmd lalu enter atau bisa menekan tombol window + s ketikkan cmd lalu enter.
2. Setelah masuk ke cmd, kalian tidak ketikkan npm -v di cmd kalian.
3. Nanti akan muncul versi npm yang kalian install sebelumnya.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa Node.js merupakan platform runtime JavaScript yang sangat berguna untuk mengelola aspek server-side dalam pengembangan aplikasi web. 

Cara instalasi Node.js pada Windows cukup mudah dan bisa dilakukan dengan beberapa langkah. 

Setelah instalasi selesai, pengguna dapat langsung memulai penggunaan Node.js dan menggunakan npm serta berbagai tool dan framework yang tersedia dalam Node.js untuk mempercepat dan mempermudah pengembangan aplikasi web.

Maka dari itu, bagi yang ingin memulai belajar menggunakan Node.js, sebaiknya mengikuti tutorial instalasi ini sampai akhir. 

Dengan begitu, pengguna akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai cara instalasi dan penggunaan Node.js pada Windows. 

Tutorial ini juga akan membantu pengguna dalam memulai pengembangan aplikasi web menggunakan Node.js dengan efisien dan cepat. 

Jangan ragu untuk mengikuti tutorial ini sampai akhir dan jangan lupa untuk memanfaatkan berbagai fitur dan tool yang tersedia dalam Node.js untuk mempercepat proses pengembangan aplikasi web.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url