8 Cara Mematikan Timer AC Panasonic, Mudah Banget !

Sebenarnya mudah saja untuk mematikan timer AC. Nah pada artikel kali ini saya akan menjelaskan cara mematikan timer AC Panasonic. Apakah anda salah satu pengguna merk AC yang satu ini ? Kuy ikuti artikel ini sampai akhir ya.

Timer AC menjadi salah satu fitur penting yang perlu anda ketahui dan wajib digunakan agar penggunaan daya listrik AC bisa lebih terkontrol.

Ketika menggunakan timer AC, anda bisa menentukan kapan AC harus mati dan nyala kembali. 

Pada merk AC Panasonic terdapat fitur Self Timer. Nah apa sih fitur Self Tmer  ? Fitur ini berfungsi untuk mengatur nyala dan matinya AC tanpa harus menekan tombol OFF pada remote.

Berkat fitur ini, anda akan lebih dimudahkan ketika ingin menggunakan AC. Karena AC sudah terjadwal kapan harus nyala dan mati kembali.

Penggunaan daya listrik pun akan lebih hemat dan terkontrol, jadi tidak ada yang namanya membuang energi listrik secara cuma - cuma.

Lantas bagaimana cara mematikan timer AC Panasonic ? Berikut pembahasan lengkapnya mengenai cara matikan timer AC  Panasonic yang bisa anda ketahui.

8 Cara Matikan Timer AC Panasonic

Ternyata cara matikan timer AC Panasonic itu sangat mudah lho. Semua cara yang saya berikan nantinya bisa anda praktikan sendiri di rumah. Silahkan ikuti cara yang pertama untuk mematikan timer AC Panasonic berikut ini.

Mencabut Colokan AC

Penggunaan fitur Self Timer pada AC Panasonic harus anda perhatikan agar tidak terjadi AC mati secara mendadak dan tiba - tiba hidup kembali. 

Permasalah akan muncul ketika lampu Self Timer tiba - tiba mati. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mencabut colokan yang menghubungkan AC dengan sumber aliran listrik. 

Baca Juga :Rekomendasi Merk AC Terbaik, Hemat Listrik dan Dingin !

Jika colokan AC tersebut berhasil anda cabut, silahkan tunggu 3 - 5 menit.

Memasangkan Kembali Colokan AC

Jika dirasa semua komponen pada AC sudah mati, anda bisa memasangkan kembali colokan AC ke sumber aliran listriknya. Dengan melakukan hal ini, kinerja AC akan kembali normal.

Matikan Timer AC Menggunakan Remote Bawaan

Bagi pemilik AC Panasonic mungkin sudah mengetahui cara mematikan timer AC Panasonic menggunakan remote bawaan, yakni dengan cara menekan tombol OFF pada bagian Timer.

Ketika tombol ditekan, otomatis timer pada AC akan berhenti seketika. Berbeda halnya jika remote AC Panasonic yang anda miliki mengalami kerusakan atau hilang, anda bisa menggunakan remote AC Universal untuk mengatur timernya.

Matikan Timer AC Menggunakan Remote Universal

Alternatif lain ketika remote bawaan AC sudah mengalami kerusakan adalah dengan menggunakan remote AC Universal. 

Tapi ketika anda ingin menggunakan remote AC Universal, ada beberapa hal yang harus dilakukan agar remote tersebut bisa terkoneksi dengan AC yang anda miliki di rumah. 

Berikut langkah - langkah penggunaanya :

  • Silahkan nyalakan AC secara manual melalui unit indoor
  • Arahkan remote AC Universal ke unit AC indoor dan tekan tombol SET selama 3 detik atu lebih hinga kode di layar remote bekerdip
  • Cari tombol TEMP untuk mengatur kode sesuai dengan merk AC yang anda miliki
  • Jika kode yang anda setting sebelumnya sudah sesuai, nantinya akan terdengar suara 'ting' pada unit AC indoor. Itu tandanya remote AC universal sudah terhubung dengan unit AC indoor
  • Setelah itu, anda bisa mengatur timer AC melalui remote AC universal yang telah disetting sebelumnya

Jika penjelasan di atas kurang dipahami, anda bisa baca cara setting remote AC universal untuk AC Panasonic berikut ini.

Cabut Baterai Remote AC

Silahkan cabut baterai remote AC untuk beberapa menit ya kurang leih 2 - 3 menit. Kemudian pasangkan kembali baterainya dan coba gunakan kembali untuk mematikan timer AC. Apakah bisa digunakan atau tidak ? Jika masih sama saja, coba gunakan remote AC universal.

Therisme Otomatis

Jika tak kunjung berhasil, mungkin ada kerusakan pada therisme otomatisnya. Untuk mengatasi permasalahan ini anda cukup menjauhkan mata kucing therisme tersebut dari evaporator indoor.

Lampu Timer AC panasonic Berkedip

Untuk mengatasi permasalahan yang satu ini sangatlah mudah. Anda bisa mengikuti langkah - langkah mematikan timer berkedip AC Panasonic berikut ini :

  • Silahkan cabut colokan AC dari sumber aliran listrik, kurang lebih 4 menit
  • Lanjut mencabut baterai remote AC
  • Tunggu beberapa saat kurang lebih 3 menit
  • Pasangkan kembali baterainya
  • Jika dirasa cukup lama, silahkan pasangkan kembali colokan AC ke sumber aliran listrik
  • Nyalakan AC dan anda bisa mematikan timer AC 

Reset AC Panasonic

Cara lain yang bisa anda lakukan untuk mematikan timer AC Panasonic adalah dengan cara reset AC Panasonic.

Untuk tombol reset AC nya sendiri sangatlah kecil, anda bisa menggunakan jarum atau tusuk gigi untuk menekan tombolnya.

Jika tombol tersebut sudah ditekan, maka timer yang berkedip tadi akan mati dan anda bisa menyalakan kembali AC.

Baca Juga :Cara Mengisi Freon AC yang Benar dan Aman

Jika cara diatas masih tidak berhasil, mungkin dengan menonton video di bawah ini mungkin bisa mengatasi permasalahan timer AC Panasonic. 


Kesmpulan

Berikut adalah cara mematikan timer AC Panasonic yang bisa anda ikuti. Setelah membaca artikel ini diharapkan anda bisa mengatasi permasalahan mengenai timer AC Panasonic. Nantikan artikel menarik lainnya seputar AC hanya di infokuy.

Baca Juga :Cara Matikan Timer AC Sharp

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url