Pengertian AC Split : Fungsi, Cara Kerja, Macam, dan Komponennya !

Pasti anda sudah tau dong dengan yang namanya AC atau Air Conditioner. Perangkat elektronik yang satu ini sudah menjadi barang wajib di rumah anda. 

ac split

Ternyata, AC sendiri memiliki beragam jenisnya, yang akan saya saya bahas kali ini adalah AC Split. Dari sekian banyaknya jenis AC, AC Split memang paling banyak digunakan di Indonesia.

Memang, Air Conditioner atau AC sudah menjadi barang wajib utamanya di cafe, kamar hotel, ruang kelas, ruang kerja perusahaan, dan tempat lainnya. 

Ketika menggunakan AC, suhu udara di dalam ruangan akan terasa sangat sejuk dan menyegarkan. 

Mari kita ulas lebih dalam mengenai AC Split, mulai dari pengertian ac split, cara kerja, jenis - jenis ac split, hingga komponen di dalamnya.

Pengertian AC Split

AC Split adalah mesin pendingin yang digunakan untuk mengatur kondisi suhu pada ruangan agar menjadi lebih rendah. 

AC Split sendiri akan bekerja secara maksimal ketika ruangan dalam keadaan rapat. Jika ada jendela atau ventilasi yang terbuka, maka sistem kerja AC Split ketika mendinginkan ruangan tidak akan bekerja secara maksimal.

Dikutip dari wikipedia, AC sendiri sudah ada sejak Romawi Kuno dan Persia abad pertengahan. AC atau Air Conditioner ini muncul berkat kemajuan dalam ilmu kimia pada abad 19. 

Willis Haviland Carrier menjadi orang pertama yang menemukan AC dengan skala besar bertenaga listrik pada tahun 1902.

Fungsi AC Split

Tentu saja, AC Split berfungsi untuk mengatur kondisi udara di dalam ruangan agar terasa lebih dingin dan menyegarkan. 

Selain mendinginkan ruangan, AC Split juga mampu mengontrol kelembapan udara di dalam ruangan lho. Umumnya, suhu di dalam ruangan itu mencapai 24 - 26°C.

Tak sampai disitu, biasanya AC Split sudah dilengkapi dengan filter untuk menyaring debu dan kotoran yang menempel pada udara. Alhasil, udara yang dihirup pun terasa lebih segar, bersih dan menyehatkan tubuh.

Cara Kerja AC Split

Secara umum, cara kerja AC Split menyerap panas udara yang ada di dalam ruangan, kemudian melepaskan panas tersebut di luar ruangan. Perlahan - lahan, suhu udara di dalam ruangan akan terasa lebih dingin.

Jika anda berpikir bahwa udara dingin yang kita rasakan di dalam ruangan berasal dari udara di luar ruangan yang di dinginkan oleh AC, ternyata salah besar lho. 

Pada kenyataannya, udara dingin yang kita rasakan ini hasil dari sirkulasi udara di dalam ruangan sendiri. 

AC hanya menjadi tempat bersirkulasinya udara untuk menangkap panas pada udara ruangan, sehinga kita bsia mengatur suhu udara di dalam ruangan sesuai keinginan.

Macam - Macam AC Split

Terdapat 3 macam ac split yang perlu anda ketahui. Ketiganya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Ketika ada ingin memilih ac portable, pastikan ada cek terlebih dahulu hal ini.

AC Biasa

AC biasa atau sering disebut AC non inverter adalah AC Split yang mampu mendinginkan ruangan dengan cepat. Namun, kelemahan AC Split non inverter ini terletak pada penggunaan daya listrik yang sangat besar. Alhasil, penggunaan daya listrik di rumah anda bisa membengkak.

AC Low Watt

Selanjutnya, Terdapat AC Split Low Watt. Untuk yang satu ini memang mampu menghemat listrik di rumah anda. Namun, kelemahan AC Split tipe ini kemampuan untuk mendinginkan ruangannya agak memakan waktu yang cukup lama jika dibandingkan dengan AC Split Inverter.

AC Inverter

Terakhir ada AC Split Inverter. AC split ini sudah menggunakan teknologi hemat daya listrik. Selain itu, kemampuan mendinginkan ruangannya pun sangat cepat. Ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk anda gunakan di rumah.

Komponen AC Split

Bagi sebagian orang , mengetahui komponen pada AC Split bukanlah keharusan. Namun sebagai pengguna yang cerdas, ada harus sedikit mengetahui komponen pada AC Split. 

Setidaknya, ada 6 komponen penting pada AC Split yang harus anda ketahui. Apa saja itu ? Cek selengkapnya disin

Kondensor

Kondensor memiliki peran yang sangat penting pada AC Split. Komponen ini berfungsi untuk membuang udara panas, sehingga udara yang dikeluarkan oleh AC adalah udara dingin. 

Kondensor bekerja berdampingan dengan freon, alhasil udara dingin yang dihasilkan oleh freon dialihkan ke kondensor.

Kompresor

Layaknya sebuah jantung, kompresor memiliki fungsi yang sama yakni memompa udara dingin hingga pada akhirnya bisa dihebuskan ke seluruh ruangan dan bisa dinikmati oleh kita. 

Pastikan anda selalu merawat bagian kompresor agar komponen ini bisa bekerja dengan baik dan maksimal.

Evaporator

Evaporator juga memiilki peran yang sangat penting. Komponen ini bertugas untuk menyerap udara panas di dalam ruangan agar bisa terserap dan bisa dialirkan ke pipa kapiler. 

Ketika AC bekerja, evaporator akan mengelola udara panas dan hanya akan menghasilkan udara dingin saja. Jika kerusakan terjadi pada evaporator, otomatis AC tidak akan menghasilkan udara dingin sebagai mestinya.

Pipa Kapiler

Jangan remehkan fungsi pipa kapiler, meski digunakan sebagai penghubung, namun pipa kapiler menjadi jembatan penghubung antara bagian bertekanan rendah dan tinggi. Jika pipa kapiler mengalami kerusakan, maka udara sejuk yang dihasilkan oleh AC tidak bisa bekerja secara maksimal.

Kipas

Kipas menjadi salah satu komponen penting pada AC Split. Biasanya komponen ini disimpan di luar ruangan. Kipas digunakan untuk mengoptimalkan kineja evaporator serta menjaga sirkulasi udara.

Ekspansi Valve

Terakhir ada Ekspansi Valve. Komponen ini berfungsi untuk mengatur sedikit banyaknya freon yang masuk ke evaporator. 

Tidak hanya itu, eksansi valve juga berfungsi untuk mengubah freon cair menjadi gas dingin. Ketika ekspansi valve mengalami kerusakan, tentu ini akan berdampak pada kinerja AC Split anda.


Kesimpulan

Berikut adalah pembahasan mengenai AC Split mulai dari pengertian, cara kerja, macam - macam ac split, hingga komponen pada ac split. Setelah membaca artikel ini, anda bisa mengetahui lebih dalam mengenai AC Split. 

Karena AC sendiri memiliki banyak jenisnya, namun yang sering digunakan oleh orang banyak adalah AC Split. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda, nantikan artikel menarik lainnya seputar AC Split hanya di infokuy.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url