Tak Ada Lagi Kasir Curang, Ikuti Tips Mencegahnya Berikut

Semua pemilik bisnis harus lebih teliti dalam menyeleksi karyawan pada posisi kasir. Pasalnya posisi ini memegang peranan penting karena memegang uang hasil penjualan yang jumlahnya mungkin saja tidak sedikit. 

Demi menghindari kecurangan, Anda bisa menggunakan Majoo, software kasir Android terlengkap saat ini. Majoo memiliki sistem yang terintegrasi dengan cloud sehingga Anda bisa melakukan pemantauan secara real time dengan mudah. 

Selain memanfaatkan aplikasi kasir Majoo, ada beberapa tips lain yang juga bisa diikuti demi kerugian akibat kasir curang dapat diminimalisir. 

Tips Mencegah Terjadi Kecurangan pada Kasir 

Ketat dalam pemilihan karyawan kasir dan menggunakan aplikasi Majoo adalah tips awal yang paling aman untuk bisa Anda ikuti. Memang tidak mudah untuk mencari karyawan yang jujur, bertanggung jawab dan juga loyal. 

Belum lagi Anda harus melihat keterampilannya dalam mengoperasikan mesin kasir dan menghitung dengan tepat. Anda bisa menerapkan beberapa tahapan seleksi untuk menemukan karyawan yang benar-benar dibutuhkan. 

Selain itu, selama mempercayakan pekerjaan kasir kepada karyawan, beberapa tips berikut ini bisa Anda ikuti sehingga menghindari kecurangan. 

1. Melakukan Evaluasi Kinerja Karyawan

Bukan hanya bidang marketing, produksi saja yang harus dievaluasi. Kinerja kasir juga perlu evaluasi setidaknya setiap bulan. Apalagi jika Anda memiliki beberapa karyawan, penting sekali untuk mengecek kinerja mereka. 

Tujuan evaluasi ini bukan menyalahkan performa karyawan namun justru mencari letak kesalahan dan bekerja sama untuk mengatasinya. Evaluasi pada kasir juga membantu untuk tahu apakah mereka sering minus yang bisa jadi indikasi kecurangan. 

2. Membuat Standar Operasional Prosedur

Sudahkah Anda membuat dan menerapkan SOP khusus karyawan kasir? Anda membutuhkannya supaya karyawan bisa bekerja lebih teratur dan juga disiplin. SOP ini akan menjaga standarisasi pekerjaan karyawan. 

Khususnya jika kasir memiliki beberapa pekerjaan tambahan seperti membantu server. Pastikan bahwa kasir harus memenuhi tanggung jawab utamanya melalui SOP yang sudah diberlakukan. 

3. Pastikan Kasir Mahir Menggunakan Aplikasi dan Mesin

Petunjuk penggunaan aplikasi dan mesin kasir yang benar biasanya juga dicantumkan pada SOP. Anda harus memastikan bahwa kasir menguasai kedua perangkat ini sehingga tidak akan terjadi kecurangan atau kasir beralasan belum mahir. 

Aplikasi kasir sangat mudah digunakan bahkan bagi pemula sekalipun. Kasir yang profesional tentu tidak akan membutuhkan waktu lama untuk menguasainya. Selain aman, kasir juga bisa memberikan pelayanan terhadap konsumen dengan lebih cepat. 

Konter kasir akan terhindar dari antrian konsumen yang panjang untuk membayar. Berkat kepiawaian seorang kasir, bisnis Anda justru akan lebih memuaskan pelanggan. 

4. Memberikan Support

Pemilik bisnis atau atasan langsung dari kasir dan staf lainnya harus memberikan support yang baik. Tujuannya adalah membentuk ikatan pertemanan yang kuat sehingga menghindari masalah seperti kecurangan. 

Karyawan kasir yang nyaman di tempat bekerja tentu bisa lebih giat lagi dan tidak malu untuk menceritakan masalahnya demi mencari jalan keluar bersama. Performa karyawan pun akan meningkat secara merata yang merupakan keuntungan bagi bisnis. 

5. Memberikan Pengawasan

Memiliki ikatan pertemanan yang baik bukan berarti Anda bisa lepas tangan dan percaya sepenuhnya. Pemilik bisnis tetap harus melakukan pengawasan untuk mengetahui kinerja karyawan secara detail. 

Jika Anda tidak bisa datang ke tempat usaha setiap hari maka lakukan dalam waktu yang acak. Dengan begitu Anda akan tahu betul apakah pelanggan puas dengan pelayanan karyawan dan bisnis memiliki alur kerja yang benar sesuai SOP. 

6. Memasang Kamera Keamanan

Tidak lupa juga untuk memasang CCTV pada area kasir dan beberapa sudut di toko yang Anda miliki. Ada dua fungsi dari CCTV ini yaitu mengawasi apabila terjadi kecurangan oleh pelanggan. Kedua mengawasi jika kecurangan terjadi karena kasir atau karyawan sendiri. 

Pastikan Anda telah meletakkan CCTV pada sudut-sudut yang bisa mengcover lebih banyak area sehingga semua terlihat jelas. CCTV juga harus bekerja setiap saat untuk merekam semua kejadian di ruang lingkup bisnis Anda. 

Waspada terhadap kecurangan sejak awal adalah hal positif yang akan menghindari Anda dari masalah internal. Bisnis pun akan tetap berjalan lancar. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url