Pengertian Class Diagram, Fungsi, Simbol, Visibilitas, dan Contohnya !

Friday, June 12, 2020 : June 12, 2020

0 komentar

Saat ini, sudah banyak sekali metode untuk merancang sebuah perangkat lunak. Contohnya menggunakan Class Diagram, metode ini sangat baik digunakan untuk projek dengan konsep OOP (Object Oriented Programming). Nah untuk itu, saya akan menjelaskan materi Class Diagram mulai dari pengertian, fungsi, simbol, visibilitas dan contoh dari Class Diagram itu sendiri.

Pengertian Class Diagram, Fungsi, Simbol, Visibilitas, dan Contohnya !

Pengertian Class Diagram

 Menurut Sukamto dan Shalahuddin (2013:141), “Diagram kelas atau class diagram menggambarkan struktur sistem dari segi pendefinisian kelas-kelas yang akan dibuat untuk membangun sistem”. Kelas memiliki apa yang disebut atribut dan metode atau operasi.

Class Diagram merupakan suatu cara memetakan struktur sistem dengan memodelkan kelas, attribut, operasi serta hubungan antar objek. Class diagram juga sangat cocok diimplemetasikan kedalam projek dengan basis OOP (Object Oriented Programming) karena visualisasi dari class diagram sangat mudah untuk digunakan kedalam projek yang menggunakan konsep OOP.

Pengertian lain mengenai Class Diagram adalah cara penggambaran kelas serta hubungannya satu terhadap yang lain.

Fungsi Class Diagram

Adapun fungsi class diagram yang perlu kamu ketahui diantara :
  • Menggambarkan suatu model data untuk sistem informasi, tidak peduli apakah model data tersebut sederhana maupun kompleks
  • Dengan mempelajari class diagram maka akan meningkatkan pemahaman mengenai gambaran umum skema dari suatu aplikasi.
  • Mampu menyatakan secara visual akan kebutuhan spesifik suatu informasi serta dapat menyebarkan informasi tersebut ke seluruh bisnis.
  • Dengan Class Diagram dapat dibuat bagan secara jelas dan terperinci dengan cara memperhatikan kode spesifik apa saja yang dibutuhkan suatu program sehingga mampu mengimplementasikannya ke struktur yang digambarkan.
  • Class Diagram mampu memberikan penggambaran implementasi-independen dari suatu jenis sistem yang digunakan, kemudian dilewatkan diatara berbagai komponen-komponennya.

Notasi Umum Penulisan Class 

Bentuk / notasi umum penulisan class :

Nama Class
Nama_Attribut_1 : Tipe_Data_1 = Nilai_Default_1
Nama_Attribut_2 : Tipe_Data_2 = Nilai_Default_2
Nama_Attribut_N : Tipe_Data_N = Nilai_Default_N
Nama_Metode_1 (Daftar_Argumen_1) : Tipe_Hasil_1
Nama_Metode_2 (Daftar_Argumen_2) : Tipe_Hasil_2
Nama_Metode_N (Daftar_Argumen_N) : Tipe_Hasil_N


Contoh kasus pembuatan class pegawai terdiri dari :

- Attribut : Id Pegawai, nama, alamat
-Metode : tambahPegawai(), ubahDataPegawai(), hapusDataPegawai(), cariDataPegawai().

Maka penggamabaran class diagramnya seperti berikut ini :

Pegawai
+IdPegawai : int
+nama : String
+alamat : String
+tambahPegawai()
+ubahDataPegawai()
+hapusDataPegawai()
+cariDataPegawai()

Simbol Class Diagram

Ada bermacam - macam simbol class diagram yang perlu kamu ketahui baik blok pembangunnya class diagram dan relasi yang terdapat pada class diagram, berikut penjelas lengkapnya mengenai simbol class diagram :

1. Class

Class

Class adalah blok - blok pembangun pada pemrograman berorientasi obyek. Sebuah class digambarkan sebagai sebuah kotak yang terbagi atas 3 bagian. Bagian atas adalah bagian nama dari class. Bagian tengah mendefinisikan property/atribut  class. Bagian akhir mendefinisikan methodmethod dari sebuah class. 

2. Asosiasi (Association)

Asosiasi (Association)

Sebuah asosiasi merupakan sebuah  relationship paling umum antara 2 class dan dilambangkan oleh sebuah garis yang menghubungkan antara 2 class.  Garis ini bisa melambangkan tipe-tipe relationship dan juga dapat menampilkan hukum-hukum multiplisitas pada sebuah relationship. (Contoh: One-to-one, one-to-many, many-to-many).

3. Komposisi (Composition)

Komposisi (Composition)

Jika sebuah class tidak bisa berdiri sendiri dan harus merupakan bagian dari class yang lain, maka class tersebut memiliki relasi Composition terhadap class tempat dia bergantung tersebut.  Sebuah relationship composition  digambarkan sebagai garis dengan ujung berbentuk jajaran genjang berisi/solid.

4. Depedensi (Depedency)

Depedensi (Depedency)

Kadangkala sebuah class menggunakan class yang lain. Hal ini disebut dependency. Umumnya penggunaan dependency digunakan untuk menunjukkan operasi pada suatu class yang menggunakan class yang lain.  Sebuah dependency dilambangkan sebagai sebuah panah bertitik-titik.   

5. Agregasi (Agregation)

Agregasi (Agregation)

Aggregation mengindikasikan keseluruhan bagian relationship dan biasanya disebut sebagai relasi.

Visibilitas Class Diagram

Dalam Object Oriented Programming (OOP) tentu mengenal yang namanya Enkapsulasi. Nah pada class diagram pula megimplementasikan hal tersebut. Terdapat 4 operasi visibilitas yang perlu kamu ketahui :

  1. Public (+), Boleh diakses oleh semua kelas
  2. Private(-), Hanya boleh diakses oleh kelas itu sendiri
  3. Protected (#), Bisa diakses oleh kelas itu sendiri dan turunannya.
  4. Package (~), Bisa diakses oleh object lain  pada paket yang sama.

Contoh Class Diagram

Contoh class diagram pembuatan aplikasi web ekstrakurikuler, bisa kamu lihat dibawah ini.

Class Diagram Admin

Class Diagram Anggota

Class Diagram Pembina

Penutup

Berikut ulasan mengenai pengertian class diagram, fungsi, simbol, visibilitas dan contoh pembuatan class diagram. Bagaimana menurut kamu apakah artikel ini bermanfaat ? Terimakasih telah berkunjung ke infokuy, nantikan artikel menarik lainnya yang bisa kamu dapatkan di blog ini. Silahkan apabila ada yang ingin ditanyakan seputar class diagram, saya akan membantu sebisa mungkin.

Referensi Artikel :

http://www.webstudi.site/2019/02/Class-Diagram.html
Share this Article
< Previous Article
Next Article >

0 komentar :

Copyright © 2020 Infokuy - All Rights Reserved