Rumus Lightroom Blue Sky | Free Preset

Hallo sobat, selamat datang di tutorial lightroom infokuy. Pada artikel sebelumnya, saya sudah membagikan tutorial edit grey tone cocok untuk foto yang ingin terlihat misterius dan menarik perhatian. Kali ini, saya akan membuat rumus lightroom blue sky.

Rumus lightroom blue sky memilki efek foto yang unik, background foto akan semakin keren setelah menggunakan preset blue sky. 

Pembuatan rumus lightroom blue sky menurut saya terbilang mudah dibandingkan dengan rumus lightroom yang pernah saya buat sebelumnya. 

Penggunaan warna biru paling dominan dalam preset ini, meski ada beberapa warna tambahan seperti orange dan sedikit warna kuning untuk mempercantik fotonya.

Rumus lightroom blue sky tentu bisa diaplikasikan ke berbagai jenis foto. Saya sarankan gunakan preset blue sky untuk foto dengan background outdoor agar efek yang dihasilkan bisa maksimal. Berikut penggunaan rumus lightroom blue sky, bisa kalian lihat perbedaan dibawah ini.

Rumus Lightroom Blue Sky

Berbeda dengan rumus lightroom gelap, dimana preset ini terlihat lebih gelap dibandingkan dengan preset blue sky yang akan saya buat nanti. Rumus lightroom blue sky ini harus terlihat cerah agar efek yang dihasilkan semakin menonjol. 

Bahan foto yang kalian gunakan memiliki tingkat kecerahaan yang rendah, bisa kalian atur dibagian exposurenya nanti agar lebih terang.

Jika kalian memiliki stok foto yang belum sempat diedit, saya sarankan gunakan preset blue sky yang saya buat ini. Apalagi bahan fotonya memiliki tema foto outdoor, pasti efek yang dihasilkan akan sangat keren. 

Namun, jika malas mengikuti pembuatan rumus lightroom blue sky, kalian bisa menggunakan jasa edit foto lightroom murah yang saya sediakan di blog ini.

Oh iya, tutorial edit foto blue sky lightroom ini saya menggunakan lightroom versi mod. Namun lebih baik kalian menggunakan versi gratisnya saja, karena pembuatan rumus lightroom blue sky  ini hanya menggunakan settingan yang tersedia dalam versi gratisnya.


Rumus Lightroom Blue Sky

Sebelum masuk ke pembuatan rumus blue sky, saya tekankan terlebih dahulu bahwa bahan foto yang kalian gunakan pastinya memiliki warna bawaaan yang berbeda – beda. Tentu efek yang dihasilkan pun akan berbeda, bisa saja terlihat bagus bahkan jelek.

Namun jangan khawatir apabila efek yang dihasilkan kurang memuaskan, kalian hanya perlu menyesuaikan kembali settingan yang menurut kalian kurang pas. Bisa saja dibagian warna, pencahayaan atau settingan lainnya.

Pertama masuk ke dalam aplikasi lightroomnya, pilih foto yang memiliki resolusi tinggi agar hasilnya lebih bagus lagi.

Masuk kedalam menu LIGHT, kalian bisa mengikuti seperti pada gambar. Lanjut kebagian menu CURVE.

LIGHT & CURVE - Rumus Lightroom Blue Sky

Exposure : 0.00EV

Contrast : -50

Highlights : 100

Shadows : 20

Whites :-55

Blacks : 45


Masuk kedalam menu COLOR, kalian bisa mengikuti seperti pada gambar. Kemudian, masuk kedalam menu MIX.

COLOR & MIX - Rumus Lightroom Blue Sky
MIX - Rumus Lightroom Blue Sky
MIX Lagi - Rumus Lightroom Blue Sky

Temp : -4

Tint : 0

Vibrance : 40

Saturation :  10


Masuk kedalam menu EFFECT, kalian bisa mengikuti seperti pada gambar. Lanjut ke bagian menu Split Tone.

EFFECT & Split Tone - Rumus Lightroom Blue Sky

Texture : -15

Clarity : 10

Dehaze : -13

Vignatte : 15

Midpoint : 75

Feather : 26

Roundness : 55

Penjelasan :

Hal yang harus diketahui saat mengikuti tutorial lightroom ini sebenarnya kalian tidak perlu mengikuti semua settingan secara mentah – mentah karena setiap bahan foto yang digunakan pastinya berbeda. Hal ini menjadi pengaruh dan efek yang dihasilkan pasti kurang memuaskan.

Untuk mengindari kekecewaan tersebut, kalian perlu mengimprovisasi kembali preset lightroom yang saya berikan agar sesuai dengan keadaan bahan foto yang kalian gunakan.

Sebelum tutorial edit foto blue sky lightroom ini berakhir, saya tekankan kembali bahwa setiap foto yang kalian gunakan dalam pengeditan memiliki warna bawaan yang berbeda – beda. 

Untuk mengatasi hasil yang kurang memuaskan, kalian perlu menyetting kembali bagian – bagian yang menurut kalian kurang pas.





Penutup

Itulah ulasan mengenai pembuatan rumus lightroom blue sky yang bisa kalian ikuti. Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Jika kalian ingin mendapatkan preset lightroom yang keren lainnya bisa kunjungi infokuy.net

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url