8 Ciri Ciri Cartridge Printer Rusak, Waspadai !

Sunday, November 15, 2020 : November 15, 2020

0 komentar

Pastikan kamu mengetahui ciri - ciri cartridge printer rusak, memang permasalah mengenai cartridge pada printer sering terjadi.

Ciri Ciri Cartridge Printer Rusak

Memang untuk masalah rusaknya cartridge tidak asing lagi, sudah selayaknya cartridge rusak jika digunakan secara terus menerus dalam jangka waktu yang cukup lama.

Sebelum mengalami kerusakan pada cartridge, biasanya akan menunjukkan ciri - ciri khusus ketika cartridge pada printer akan mengalami kerusakan. Pastikan sebelum mengganti cartridge, ketahui dahulu ciri - ciri cartridge printer rusak.



Cartridge pada printer merupakan komponen yang sangat penting. Jika cartridge pada printer mengalami kerusakan, hasil cetak akan kurang maksimal bahkan printer bisa rusak total. 

Untuk itu, jika printer mengalami kerusakan terutama dibagian cartridge, segera perbaiki. Pastikan dalam merawat printer harus kamu lakukan dengan baik dan benar agar terjadi kerusakan kembali,

Sejauh yang saya ketahui, ada beberapa ciri cartridge printer akan mengalami kerusakan. Ciri - ciri cartridge printer rusak ini berlaku untuk semua jenis printer, berikut pembahasan lengkapnya dibawah ini.


8 Ciri - Ciri Catridge Printer Rusak

Cartridge pada printer harus mendapatkan perawatan yang lebih agar umur printer bisa lebih lama. Jika cartridge pada printer mengalami kerusakan, beberapa permasalahan pada printer akan muncul. Untuk itu, kamu harus mengetahui ciri catridge printer bisa mengalami kerusakan.

1. Cartridge Tidak Terdeteksi

Ciri - ciri cartridge akan mengalami kerusakan adalah tidak terdeteksinya cartridge oleh printer. Berbeda dengan cartridge yang masih baru dan belum pernah melakukan refill, biasanya cartridge tersebut tidak mengalami kerusakan hanya perlu melakukan reset manual cartridgenya.

Namun jika cartridge yang kamu miliki sudah lama digunakan dan pernah direset sebelumnya, kemungkinan cartridge tersebut sudah benar - benar rusak. Solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah mengganti cartridge printer dengan yang baru.

2. Hasil Print Warna Tidak Sempurna

Hasil cetak warna tidak sempurna bisa terjadi karena Head mampet, kondisi ini bisa terjadi pada cartridge warna. 

Perlu kamu ketahui bahwa pada cartridge terdapat 3 warna yakni Cyan, Yellow, dan Magenta. Ketiga warna tersebut memiliki peran yang sangat penting ketika mencetak, apalagi ketika mencetak berwarna.

3. Hasil Print Bergaris

Penyebab hasil print bergaris karena faktor tinta atau lebih detailnya karena tinta tidak mengalir dengan sempurna melewati lubang nozzle yang kemudian hasil print tidak sempurna.

Jangan terburu - buru menyimpulkan bahwa cartridge printer kamu mengalami kerusakan, silahkan gunakan fitur Head Cleaning terlebih dahulu. Jika hasilnya nihil, kamu bisa mengganti cartridge printer dengan yang baru.

4. Head Cartridge Rusak

Ciri - ciri cartridge printer mengalami kerusakan bisa kamu lihat dari fisik head cartridgenya (pada bagian yang mengeluarkan tinta) terlihat cacat, ada goresan, terbakar, berlubang yang menyebabkan tinta menjadi bocor.

5. Konektor Cartridge Rusak

Ciri cartridge printer rusak bisa kamu lihat dari konektor cartridgenya. Silahkan cek pada bagian tersebut, apakah mengalami kerusakan seperti terbakar, putus atau lepas.

6. Hasil Print Tidak Penuh

Hasil print tidak penuh atau sempurna menjadi ciri - ciri bahwa cartridge printer kamu mengalami kerusakan. Biasanya hasil print hanya akan terlihat setengah atau sepertiga halaman saja.

Permasalahan ini muncul karena cartridge pada printer sudah mencapai batas cetak maksimal. Jadi ketika melakukan print hanya akan menampilkan setengah saja, untuk mengatasi hal tersebut silahkan ganti cartridge printer dengan yang baru.

7. Gunakan Fitur Nozzle Check

Menggunakan fitur Nozzle Check bisa mengetahui kondisi kualitas cetak pada printer. Setiap jenis printer memiliki fitur ini dan kamu bisa gunakan untuk mengecek kualitas cetak bahkan mengecek kerusakan pada printer.

8. Test Print Warna Tidak Normal

Pada printer dengan merk Canon, cartridge terbagi menjadi 2 buah yakni cartridge dengan warna tinta hitam dan cartridge dengan tinta berwarna. 

Permasalah terjadi jika tinta berwarna jarang digunakan yang mengakibatkan cartridge berwarna dapat mengering. Solusi untuk mengetasi hal ini, biasakan 1 minggu sekali lakukan print berwarna.

Penutup

Berikut pembahasan mengenai 8 ciri - ciri cartridge printer rusak yang bisa infokuy bagikan. Bagaimana menurut kamu mengenai artikel diatas, apakah cukup membantu mengatasi permasalahan kamu ? Silahkan beri tanggapan di kolom komentar.

Terimakasih telah berkunjung ke infokuy, nantikan artikel menarik lainnya seputar printer hanya di infokuy.
Share this Article
< Previous Article
Next Article >

0 komentar :

Copyright © 2020 Infokuy - All Rights Reserved