6 Antivirus Portable Terbaik Untuk Flashdisk, Cobain Kuy !

Antivirus portable untuk flashdisk biasanya bermanfaat buat kita yang sering melakukan transfer data di komputer umum. 

Antivirus ini tidak hanya membuat data di fd aman, tapi juga akan mengidentifikasi virus yang ada di fd sebelum kita memasukkannya ke laptop pribadi.

Antivirus Portable

Tidak bisa dipungkiri bahwa kebanyakan komputer umum di Indonesia masih kurang peduli dengan yang namanya antivirus. Jangankan komputer umum, laptop pribadipun juga kadang banyak yang cuek dengan masalah antivirus.

Oleh karena itu pada artikel ini saya akan memberikan beberapa rekomendasi antivirus portable terbaik yang bisa digunakan di flashdisk. 

Dikutip dari tedieka.com bahwa syarat untuk antivirus flashdisk adalah minimal harus portable. Sehingga semua antivirus yang masuk ke daftar artikel ini adalah antivirus portable, sehingga bisa dijalankan di komputer manapun tanpa perlu install.

Berikut daftar lengkap antivirus portable terbaik untuk flashdisk menurut versi kami.


1. Comodo Cleaning Essentials (CCE)

Antivirus portable pertama yang cukup lengkap fiturnya adalah comodo cleaning essential. Antivirus ini mampu menghapus malware, rootkit, file tersembunyi, maupun registri key berbahaya yang tersembunyi jauh di dalam system.

Cara menggunakan Comodo Cleaning Essentials (CCE) Portable:

Untuk menggunakan antivirus ini, Anda hanya perlu mengekstrak file Comodo Cleaning Essentials (CCE) ke dalam flashdisk. Kemudian klik CCE.exe dan akan muncul pilihan seperti gambar berikut:

Comodo Cleaning Essentials

Kemudian klik Custom Scan untuk melakukan scan pada memori flashdisk saja. Kemudian pilih memori penyimpanan flashdisknya, dalam contoh ini saya menggunakan partisi hardisk (G:\). Untuk pilihan lainnya biarkan default, kurang lebih seperti ini:

Custom Scan Comodo Cleaning Essential

Setelah Anda klik Scan maka ada pilihan untuk update database virus. Silahkan pilih Skip saja apabila tidak tersambung dengan jaringan dan ingin melakukan scan dengan database yang ada secara offline.

Note: Saya sangat menyarankan Anda untuk melakukan update database terlebih dahulu, agar antivirus mampu mendeteksi virus jenis terbaru.


2. ClamWin Portable

ClamWin adalah antivirus opensource yang bisa digunakan untuk menghapus virus, spyware, adware atau ancaman lainnya. 

Antivirus ini juga bisa otomatis mengupdate database saat tersambung dengan internet. Sehingga kemampuan untuk mendeteksi virus sudah pasti up to date dan tidak diragukan lagi.

Cara menggunakan ClamWin Portable Antivirus:

  • Setelah terdownload silahkan install dan arahkan ke folder flashdisk. Ini sebenarnya bukan install aplikasi ke file system, tetapi hanya mengekstrak file aplikasinya saja ke flashdisk. Akan ada folder baru yang bernama “ClamWinPortable”.
  • Buka folder tersebut dan buka aplikasi ClamWinPortable.exe untuk melakukan scanning virus. Awalnya anda akan diminta untuk update database, klik Yes jika Anda tersambung dengan internet.
  • Setelah selesai update database, akan muncul tampilan ClamWin Free Antivirus. Tampilannya juga sangat simple, Anda langsung disediakan pilihan drive mana yang ingin dilakukan scan. Silahkan pilih drive USB Anda dan klik Scan.

Setelah selesai scan akan tampil ringkasan hasilnya seperti ini:

Report ClamWin

Anda juga bisa melihat report hasil scan maupun update database virus melalui menu Tools > Display Report.


3. Norton Power Eraser (NPE)

Antivirus portable ketiga yaitu Norton Power Eraser. Banyak review yang mengatakan bahwa aplikasi ini “Agak Agresif”. Karena terkadang bisa salah mendeteksi program aau file berbahaya yang ada pada flashdisk.

Setelah saya uji scan file activator memang langsung terdeteksi virus dan Norton merekomendasikan kita untuk menghapusnya. Untung saja Norton masih memberikan kita pilihan untuk menghapusnya atau tidak.

Cara menggunakan NPE portable untuk scan virus di flashdisk:

  • Buka aplikasinya.
  • Pilih Scan Folder untuk melakukan scan pada folder dan pilih Scan File untuk melakukan scan hanya pada file tertentu.
  • Klik Run Now.

Apabila ada program atau file berbahaya yang terdeteksi, pada hasil scan akan tampil seperti ini:

Report Norton Power Eraser

Pilih aplikasi atau file yang ingin dihapus kemudian klik Fix Now. Maka file yang diduga virus tersebut akan langsung dihapus dari flashdisk.

Kekurangan yang paling terasa dari antivirus ini adalah kita tidak bisa melakukan scan langsung pada keseluruhan flashdisk. Hanya ada pilihan untuk scan satu folder atau satu file saja.

4. McAfee Stinger

Seperti aplikasi antivirus portable lainnya, McAfee Stinger juga bisa digunakan untuk mendeteksi dan menghapus virus di fd. Pendeteksian virus pada aplikasi ini juga tergolong tidak agresif. 

Terbukti dengan lolosnya aplikasi activator yang saya uji. Untuk melihat daftar lengkap virus yang bisa dideteksi oleh McAfee Stinger, silahkan buka menu Advanced > Threat list.

Cara menggunakan McAfee Stinger portable:

  • Buka aplikasinya dan pilih Customize my scan.
  • Centang pada memori fd yang ingin discan, terakhir pilih Scan.
  • Tunggu hingga proses selesai.
Report Mcafee Stringer


5. Spybot Search and Destroy

Spybot - Search & Destroy mampu mendeteksi dan menghapus virus khususnya spyware secara otomatis. 

Namun pada versi gratisnya Anda hanya bisa menghapus spyware saja. Sedangkan untuk menghapus virus sepertinya harus membeli lisensi minimal personal edition. 

Cara menggunakan antivirus Spybot Search and Destroy portable:

  • Ekstrak aplikasinya di flashdisk.
  • Jalankan SpybotPortable.exe> pilih Show details di pojok kanan bawah.
Show details
  • Pilih File Scan.
  • Pilih Add Folder(s)... klik USBnya dan terakhir klik OK.

Kekurangan dari aplikasi ini adalah versi gratisnya tidak bisa digunakan untuk menghapus virus di flashdisk. 

Berdasarkan pengujian yang kami lakukan, memang kita bisa melakukan deteksi virus pada flashdisk dan status menunjukkan file sudah terhapus. 

Tapi Ketika dicek file tersebut masih ada. Setelah kami cek lebih lanjut ternyata file yang terdeteksi virus hanya bisa terhapus di versi berbayarnya.

6. Eset USB Driver security 

Rekomendasi terakhir buat Anda yang sedang mencari antivirus untuk flashdisk terbaik yaitu USB Drive Security dari Eset. 

Ini merupakan antivirus berbayar dan tentu kualitasnya sudah tidak diragukan lagi. Karena antivirus ini adalah produk keluaran dari eset.

DriveSecurity menggunakan mesin antivirus ESET NOD32,yakni pemenang penghargaan untuk mendeteksi dan menghilangkan virus, spyware, Trojan, worm, rootkit, adware, maupun ancaman internet lainnya. 

Buat Anda yang tertarik silahkan kunjungi halamannya di (https://www.eset.com/us/home/usb-drive-security/).


Kesimpulan

Sebagai kesimpulan antivirus portable terbaik menurut kami adalah Comodo Cleaning Essential dengan catatan terlebih dahulu dilakukan update database. 

Sebenarnya hampir semua daftar antivirus portable yang dituliskan diatas mempunyai kemampuan yang mirip asal dilakukan update database virusnya.

Apabila Anda mempunyai uang lebih, saya sarankan untuk menggunakan USB Drive Security dari Eset. Karena biasanya antivirus dari eset mempunyai sisem deteksi virus yang ampuh dan juga cepat.

Alternatif lainnya apabila Anda takut tertular virus dari flashdisk, silahkan gunakan tips ringan pada artikel cara membuat flashdisk kebal terhadap virus

Cara ini memang tidak menjamin 100% aman dari virus, tapi setidaknya akan mencegah flashdisk dari virus-virus yang suka menyembunyikan file (virus shortcut).

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url