Apa itu Vacuum Cleaner ? Cek Pembahasannya Disini

Vacuum Cleaner atau Mesin Penghisap Debu adalah sebuah mesin yang menggunakan pompa udara untuk menyaring debu dan kotoran yang menempel di lantai atau karpet.

Memang, Vacuum Cleaner memberikan banyak sekali manfaat untuk penggunanya, salah satunya mempermudah seseorang untuk membersihkan rumah dari debu dan kotoran. Hasilnya pun akan sangat bersih jika dibandingkan dengan hanya menggunakan sapu saja.

Namun ada beberapa hal yang tidak bisa dilakukan oleh vacuum cleaner, contohnya menyedot partikel yang berukuran besar. 

Karena vacuum cleaner sendiri dikhususkan untuk menyedot debu atau kotoran yang berukuran kecil saja. Jika anda memaksakan untuk menyedot partikel yang berukuran besar, kemungkinan akan menyumbat sikat vacuum cleanernya.

Vacuum Cleaner diperkenalkan pertama kali oleh James Murray Spangler pada tahun 1907. Meskipun ada beberapa penemuan mengenai mesin penyedot debu sebelumnya, namun karya James Murray Spangler merupakan mesin penyedot debu yang paling efisien untuk digunakan.

Saat ini sudah banyak beredar berbagai merk vacuum cleaner yang bisa anda pilih. Penjelasan lebih lengkapnya mengenai vacuum cleaner bisa anda baca di bawah ini ya.

Pengertian Vacuum Cleaner

Jika mengutip dari Wikipedia, Vacuum Cleaner adalah alat yang menggunakna pompa udara untuk menciptakan keadaan kosong untuk menghisap debu dan kotoran yang menempel pada lantai atau karpet. 

Saat ini, sudah banyak orang yang menggunakan vacuum cleaner untuk mempermudah dalam membersihkan lantai atau karpet di rumah.

Oh iya, selain digunakan untuk membersihkan lantai atau karpet, beberapa brand vacuum cleaner sudah mengeluarkan produk vacuum cleaner yang dirancang untuk membersihkan bagian interior mobil, seperti jok, karpet, dashboard, dan sela - selat part di dalam mobil.

Bukan hanya itu saja, beberapa vacuum cleaner sudah didukung dengan fitur wet & dry. Berkat adanya fitur ini anda bisa menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu dipermukaan basah sekalipun.

Manfaat Vacuum Cleaner

Vacuum Cleaner mampu memberikan beragam manfaat untuk penggunanya. Salah satu manfaat yang bisa kita lihat ketika menggunakan vacuum cleaner adalah hasilnya akan lebih bersih dibandingkan hanya menggunakan sapu. 

Selain itu, masih banyak lagi manfaat dari vacuum cleaner yang perlu anda ketahui. Penasaran apa saja manfaatnya ? Cek manfaat vacuum cleaner lainnya disini.

Ruangan Tampak Lebih Bersih

Berkat adanya vacuum cleaner, anda bisa lebih mudah membersihkan seluruh ruangan rumah. Bahkan debu dan kotoran terkecil sekalipun bisa anda bersihkan dengan mudah. 

Oh iya, sikat pada vacuum cleaner pun memiliki berbagai jenis dan bisa mempermudah anda menjangkau tempat yang sulit dijangkau.

Berbeda ketika anda menggunakan sapu, hasilnya pun kurang maksimal. Tanpa anda sadari, masih anda debu atau kotoran yang menempel dilantai dan sulit untuk dibersihkan. Maka dari itu, memiliki vacuum cleaner bisa menjadi solusi yang tepat untuk kebersihan rumah anda.

Bersihkan Berbagai Jenis Kotoran

Berkat teknologi yang ada pada vacuum cleaner, anda bisa lebih mudah membersihkan kotoran pada kantai, sofat, karpet, gorden dan lainnya. 

Anda tidak perlu mencucinya setiap saat, cukup gunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu dan kotoran yang menempel, bahkan hasilnya pun akan sangat bersih.

Debu dan Kotoran Hilang Tanpa Sisa

Ketika anda menggunakan sapu untuk membersihkan rumah, pasti selalu ada debu atau kotoran yang tertinggal. 

Terlebih, ketika menggunakan sapu, kotoran bisa saja terbawa angin dan terhirup oleh anggota keluarga anda. 

Untuk menghindari hal tersebut, anda bisa menggunakan vacuum cleaner agar debu dan kotoran bisa hilang tanpa sisa.

Mampu Mencegah Gangguan Pernapasan dan Alergi Kulit

Jika anda tidak menggunakan vacuum cleaner, sisa debu dan kotoran yang tak terlihat bisa menyebabkan gangguan pernafasan dan dapat memicu gatal - gatal pada kulit. 

Tujuan menggunakan vacuum cleaner sendiri untuk menghindari muncul penyakit yang diakibatkan oleh debu dan kotoran yang tertinggal sebelumnya.

Mampu Membersihkan Bulu Hewan Peliharaan

Bagi anda yang memiliki hewan peliharaan di rumah, sering kali bulu hewan tersebut menempel di karpet atau sofa rumah anda. 

Agar karpet dan sofa anda bisa terhindar dari bulu hewan yang menempel, vacuum cleaner bisa menjadi solusi untuk mengatasi hal tersebut. jika hanya menggunakan sapu atau sapu lidi, bulu yang menempel kadang sulit untuk dibersihkan.

Bagian - Bagian Vacuum Cleaner

Ketika ingin membersihkan vacuum cleaner, anda harus mengetahui bagian - bagian vacuum cleanernya. Hal ini dilakukan agar anda tidak salah ketika ingin membersihkan vacuum cleaner. 

Agar lebih mudah, anda bisa membaca cara membersihkan vacuum cleaner yang sudah saya tulis sebelumnya. Terdapat beberapa bagian pada vacuum cleaner yang wajib anda ketahui, berikut penjelasannya :

Kabel

Sebelum anda membersihkan vacuum cleanernya, pastikan aliran listrik ke vacuum cleaner sudah anda matikan. 

Oh iya, jangan biarkan kabel vacuum cleaner berbelit - belit karena bisa menyebabkan kerusakan pada kabelnya. Beberapa vacuum cleaner sudah menyediakan tombol otomatis untuk memasukkan kabelnya.

Sikat

Sikat atau corong penyedot digunakan untuk menghisap kotoran atau debu. Pada bagian ini, anda perlu membersihkannya secara berkala jika anda partikel besar yang menyangkut di sikat tersebut. Jika tidak dibersihkan, saluran hisap vacuum cleanernya tidak akan bekerja secara maksimal.

Kantong Penampung Debu

Pada bagian ini digunakan untuk menyimpan debu atau kotoran yang tersedot sebelumnya. Ketika isi kantong debu sudah mencapai setengahnya, silahkan buang terlebih dahulu agar kinerja vacuum cleaner bisa tetap maksimal. 

Selang dan Filter

Bagian ini juga perlu anda perhatikan kebersihannya. Jika filter pada vacuum cleaner terbuat dari plastik, busa, atau kain, anda bisa mencucinya terlebih dahulu. 

Namun, jika filter terbuat dari kertas, anda cukup membersihkannya dengan tangan hingga kotoran yang menempel pada filter hilang.

Mesin Utama

Jika vacuum cleaner sudah terasa panas, hentikan penggunaan vacuum cleaner saat itu juga. Diamkan 10 - 15 menit agar mesin bisa beristirahat, setelah itu anda bisa menggunakannya kembali.

Tangki Air

Ketika anda menggunakan vacuum cleaner dengan tipe wet  & dry memang perlu perhatian lebih. Selalu awasi tangki air di dalamnya jangan sampai terisi penuh ketika anda sedang menggunakannya. Jika tidak segera dibuang airnya, mesin pada vacuum cleaner wet & dry bisa terbakar.

Bagian Lainnya

Untuk lebih jelasnya, bisa anda lihat gambar di bawah ini untuk bagian - bagian vacuum cleaner.

Jenis - Jenis Vacuum Cleaner

Terdapa 11 jenis vacuum cleaner yang wajib anda ketahui. Setiap jenis vacuum cleaner memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda. Penasaran apa saja jenis - jenis vacuum cleanernya ? Cek selengkapnya di bawah ini.

Vacuum Cleaner Upright

Vacuum cleaner upright memang sering digunakan untuk membersihkan lantai yang memiliki lapiran karpet. Upright akan lebih pas digunakan untuk membersihkan ruangan tanpa perabot karena memiliki corong penghisap yang lebar di bagian bawah.

Vacuum Cleaner Backpack

Bagi anda yang ingin memiliki fleksibilitas yang tinggi ketika membersihkan rumah, vacuum cleaner backpack bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena vacuum cleaner jenis ini tidak menggunakan kabel, anda harus mengisi dayanya terlebih dahulu secara maksimal sebelum digunakan.

Vacuum Cleaner Canister

Berbeda dengan upright, corong vacuum cleaner canister lebih fleksibel. Anda akan lebih mudah membersihkan tempat - tempat yang sulit untuk dijangkau.

Vacuum Cleaner Constellation

Vacuum cleaner jenis ini tidak jauh berbeda dengan jenis canister dari segi fungsinya. Namun hal yang membedakan antara constellation dengan canister adalah tabungnya yang berbentuk bundar.

Vacuum Cleaner Wet & dry

Dari segi bentuk memang sangat mirip seperti vacuum cleaner canister, namun ada kemampuan lain yang dimiliki vacuum cleaner wet & dry. Kemapuan menghisapnya lebih kuat dan anda bisa mengoprasikannya di keadaan kering maupun basah.

Vacuum Cleaner Pneumatic

Tidak jauh berbeda dengan vacuum cleaner wet & dry, vacuum cleaner jenis ini juga memiliki kemampuan untuk menyedot debu dan kotoran di tempat kering atau basah sekalipun.

Vacuum Cleaner Drum

Dari segi fungsi memang tidak jauh berbeda dengan vacuum cleaner canister. Namun yang membedakannya adalah tempat penampungan debunya berbentuk drum.

Vacuum Cleaner Cyclonic

Vacuum cleaner cyclonic memang lebih canggih dibandingkan vacuum cleaner lainnya. Pasalnya, vacuum cleaner ini memiliki teknologi penghisap yang mampu mereduksi partikel debu menjadi lebih sedikit kotoran yang tersaring. 

Namun untuk harganya sendiri memang lebih mahal dibandingkan dengan jenis vacuum cleaner lainnya.

Vacuum Cleaner Hand-held

Ingin yang lebih praktis ? Vacuum cleaner hand-held bisa menjadi pilihan yang tepat. Vacuum cleaner hand-held memiliki ukuran yang sangat kecil dan mudah untuk dibawa kemana - mana. 

Selain itu, alat ini juga mampu menjangkau tempat - tempat yang sulit untuk dijangkau. Hanya saja untuk daya hisapnya tidak begitu kuat jika dibandingkan dengan jenis lain seperti canister, drum maupun upright.

Vacuum Cleaner Robotic

Bagi anda yang super sibuk dan tidak ada waktu membersihkan rumah, mungkin vacuum cleaner robotic bisa menjadi solusi yang paling tepat. 

Cukup sekali tekan, vacuum cleaner robotic akan bekerja dengan sendirinya. Anda bisa mengontrol aktivitas vacuum cleanernya lewat remote control.

Vacuum Cleaner Central Built-In

Untuk jenis ini memang belum banyak digunakan di Indonesia. Memang dari segi fungsi tidak jauh berbeda dengan vacuum cleaner lainnya, namun vacuum cleaner ini dipasang berbarengan saat instalasi rumah. 

Karena tipenya built-in, anda cukup menghubungkan ke panel listrik yang terhubung dengan pipa instalasi di setiap sudut ruangan.

Cara Kerja Vacuum Cleaner

Mari kita lihat mekanisme dasar pada mesin vacuum cleaner, meskpun pada kenyataan akan terlihat sangat rumit. Terdapat 6 komponen penting dibalik kerjanya vacuum cleaner, yakni :

  • Intake port
  • Exhaust port 
  • Motor listrik
  • Kipas 
  • Kantong debu 
  • Casing yang menyimpan semua komponen

Jika kita sederhanakan, maka cara kerja vacuum cleaner kurang lebih seperti ini :

  • Ketika anda menghubungkan vacuum cleaner ke aliran listrik, maka arus listrik tersebut akan menjalankan motor listirk. Kipas yang berada satu poros dengan motor listrik akan ikut berputar
  • Selanjutnya, kipas yang berputar ini akan memaksa udara dan partikel debu tersedot ke exhaust port melalui intake port karena baling - balingnya di design untuk menghisap
  • Kemudian, udara dan debu yang terhisap, maka kepadatan partikel akan meningkat di depan kipas dan perlahan akan menurut di belakang kipas akibat tekanan udara
  • Penurunan tekanan udara pada exhaust port ini menyebabkan tekanan udara luar dengan exhaust port
  • Udara dan debu yang masuk tadi akan masuk ke kanton debu (dust bag)

Kesimpulan

Berikut adalah pembahasan mengenai vacuum cleaner mulai dari pengertian hingga cara kerja vacuum cleanernya. Bagaimana menurut anda pembahasan diatas, apakah sangat cukup membantu ? 

Bagi anda yang tertarik memiliki vacuum cleaner di rumah, saya sudah menyiapkan rekomendasi vacuum cleaner terbaik untuk anda miliki.

Silahkan berikan tanggapnya di kolom komentar. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda, nantikan artikel menarik lainnya seputar vacuum cleaner hanya di infokuy.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url