6 Tips Merawat Vacuum Cleaner, Bikin Awet dan Tahan Lama !

Vacuum cleaner bisa menjadi solusi untuk kebersihan rumah anda. Bagi anda yang memiliki vacuum cleaner di rumah, ketahui beberapa tips merawat vacuum cleaner ini kuy.

Tips Merawat Vacuum Cleaner

Berkat kemampuan vacuum cleaner, anda bisa lebih cepat membersihkan seluruh ruangan di rumah. Bahkan hasilnya pun akan sangat jauh berbeda ketika anda hanya menggunakan sapu. Debu dan kotoran yang menempel pada lantai atau karpet, bisa teratasi dengan mudah.

Meski vacuum cleaner digunakan sebagai alat pembersih, namun tetap anda juga harus merawat vacuum cleaner itu sendiri agar tetap awet dan bisa digunakan lebih lama.

Jika vacuum cleaner yang anda miliki di rumah terlanjur mengalami kerusakan, coba ikuti cara memperbaiki vacuum cleaner ini.

Vacuum cleaner bukanlah alat yang murah, ketika anda merawatnya dengan baik tentu umur vacuum cleanernya pun bisa lebih panjang. 

Nah agar vacuum cleaner yang anda miliki di rumah bisa tetap awet, tentu perlu perawatan khusus agar bisa bertahan lebih lama. Infokuy sudah merangkum beberapa tips merawat vacuum cleaner yang bisa anda ikuti. Silahkan cek tipsnya di bawah ini.


6 Tips Merawat Vacuum Cleaner

Terdapat 6 tips merawat vacuum cleaner yang bisa anda ketahui. Semua tips yang saya berikan bisa anda pratekkan nantinya. Kuy cek aja satu per satu tipsnya.

Tidak Menyedot Partikel yang Ukurannya Besar

Ini penting, ketika anda menggunakan vacuum cleaner, jangan menyedot partikel yang ukurannya besar. Gunakan vacuum cleaner untuk menghisap debu atau kotoran berukuran kecil. Karena partikel yang berukuran besar bisa menyumbat penghisap debunya.

Pastikan Membuang Debu Sebelum Kantong Terisi Penuh

Ketika akan menggunakan vacuum cleaner, silahkan cek terlebih dahulu kantong debunya apakah sudah penuh atau masih kosong. 

Jika sudah terlihat penuh, silahkan buang terlebih dahulu sebelum menggunakan vacuum cleanernya. Jangan dibiasakan menggunakan vacuum cleaner dalam keadaan kantong terisi penuh dengan debu.

Gunakan Untuk Menghisap Debu

Memang ada 2 tipe vacuum cleaner yang perlu anda ketahui yakni tipe Dry dan Wet & Dry. Jika vacuum cleaner yang anda miliki bertipe Dry, hanya boleh digunakan untuk membersihkan debu pada tempat kering saja. Berbeda dengan tipe Wet & Dry, anda bisa membersihkan debu di tempat kering maupun basah.

Hentikan Penggunaan Vacuum Cleaner Jika Sudah Panas

Jangan terlalu memaksakan kerja vacuum cleaner, jika dirasa sudah panas segera hentikan penggunaan vacuum cleanernya. 

Jika anda mendengar suara aneh pada vacuum cleanernya, mungkin mesin sudah panas atau ada partikel yang menyubat. 

Segera matikan dan cek bagian dalamnya, apakah anda partikel yang menyumbat ataukah tidak. Jika ada yang menyumbat, segera bersihkan pada bagian yang menyumbatnya. Jangan terlalu memaksakan kerja vacuum cleaner, jika dirasa sudah panas

Bersihkan Vacuum Cleaner Secara Berkala

Selain menggunakan vacuum cleaner, anda juga harus menjaga kebersihan vacuum cleanernya. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas dan keawetan vacuum cleanernya. 

Ada beberapa bagian yang perlu anda bersihkan secara khusus yakni bagian filter, sikat kuas, kantong debu, dan selang mesin. Untuk cara membersihkan vacuum cleaner bisa anda ikuti pada artikel ini.

Simpan Vacuum Cleaner di Tempat yang Kering

Setelah vacuum cleaner digunakan, biasakan untuk membersihkannya terlebih dahulu. Selanjutnya, anda bisa menyimpan vacuum cleanernya di tempat yang kering.


Kesimpulan

Berikut adalah tips merawat vacuum cleaner yang bisa anda ketahui. Bagaimana beberapa tips diatas mengenai vacuum cleaner, apakah cukup membantu anda ? 

Silahkan berikan tanggapannya di kolom komentar. Terimakasih telah berkunjung ke infokuy, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url