Tips Mengoptimasi Konten Blog Melalui Instagram

Saat ini ada banyak penawaran hosting murah dan terjangkau di internet. Meski begitu, blog atau website yang Anda bangun tetap membutuhkan optimasi. Salah satunya optimasi blog melalui Instagram untuk menjaring customer atau visitor.

Di sini kami akan coba bagikan bagaimana cara mengoptimasi blog Anda agar mudah dijangkau oleh pengguna Instagram atau IG. Jadi simak artikel ini hingga selesai.

Kelebihan IG untuk Optimasi Blog

Ada banyak alasan kenapa IG kini sangat cocok untuk membantu meningkatkan visitor blog. Bahkan IG mampu menjaring banyak konsumen bagi para pelaku bisnis online. Pasalnya IG memiliki berbagai kelebihan sebagai berikut:

1. Punya Banyak Pengguna

Perlu Anda ketahui, Indonesia adalah negara yang masuk 5 besar pengguna IG terbanyak di dunia. Dengan jumlah pengguna sekitar 63 juta user, menjadikan negara kita ini sebagai peringkat ke-4 terbanyak di dunia.

Dari data tersebut kita bisa menarik kesimpulan bahwa IG mampu menjaring banyak visitor blog. Terlebih jika Anda punya banyak follower.

2. Jumlah Pengikut Tagar yang Fantastis

Tagar atau hastag merupakan salah satu fitur yang tersedia di IG. Fitur ini memungkinkan suatu postingan dilihat oleh banyak pengguna, baik untuk postingan berupa video maupun gambar.

Dengan tagar, postingan Anda berpotensi dilihat oleh ratusan, ribuan, hingga puluhan ribu user tanpa mereka mengikuti Anda. Artinya, meskipun follower Anda kecil, tagar bisa membantu mempopulerkan postingan tersebut.

Selain itu, tagar-tagar di IG juga punya banyak pengikut. Kita ambil beberapa contoh seperti #bts dan #kpop yang punya pengikut berjumlah ratusan juta pengguna Instagram.

3. Memiliki Layanan Iklan yang Terarah

Saat ini beberapa media sosial seperti Facebook dan IG sudah menyediakan layanan iklan berbayar. Fitur ini bagus untuk pelaku bisnis online, bahkan untuk pemilik blog atau website sekalipun.

Baca Juga : Followers Gratis

Layanan iklan berbayarnya pun terarah. Maksud terarah di sini yaitu, iklan bisa dioptimasi secara tepat sasaran kepada orang yang membutuhkan produk, layanan, maupun informasi yang diiklankan.

4. Hemat Biaya dan Powerful

Anda bisa menggunakan IG untuk optimasi secara gratis. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan layanan iklan berbayar yang bisa disesuaikan dengan budget atau kemampuan finansial Anda.

Baik digunakan secara gratis maupun berbayar, semua fiturnya sangat powerful untuk digital marketing.

5. Mudah untuk Pemula

IG adalah platform yang cukup mudah digunakan untuk optimasi konten blog. Pemula yang baru terjun di dunia blogging juga bisa memanfaatkan dan mengaplikasikannya. Fitur-fiturnya pun tergolong mudah digunakan.

Meskipun mudah, IG tetap powerful untuk menjaring visitor blog hingga untuk menjaring customer tertarget.

Mengenal Fitur di IG untuk Optimasi Blog

Sebelum kami bahas cara optimasinya, pertama-tama kami akan jelaskan terlebih dahulu fitur-fitur di IG. Fitur yang kami bahas di sini khusus untuk membantu mengoptimasi konten blog Anda. Berikut fitur-fiturnya:

1. Insta Story

Fitur insta story merupakan salah satu fitur andalan yang ada di Instagram. Dengan memanfaatkan fitur ini, Anda bisa mempromosikan apapun maupun membagikan informasi apa saja ke para user IG.

2. Fitur Hashtag

Hastag atau tagar adalah fitur yang sering dimanfaatkan oleh para digital marketer. Fitur ini mampu membantu memudahkan postingan untuk dilihat oleh para pengguna IG.

3. Fitur Iklan Berbayar

Anda bisa memanfaatkan fitur ini agar bisa menjaring banyak visitor ke website atau blog. Selain itu, fitur ini akan membantu Anda untuk mendapatkan visitor yang sedang mencari informasi yang tersedia di blog Anda.

4. Fitur Postingan Instagram

Ini merupakan fitur standar yang dimiliki oleh IG. Fitur postingan yang dimaksud yaitu meliputi gambar, video , hingga fitur terbaru yaitu Reels. Semua bisa Anda manfaatkan untuk mengoptimasi blog secara gratis.

Baca Juga : Cara Download Video IGTV Tanpa Aplikasi

IG punya banyak fitur menarik. Dari sekian banyak fitur yang tersedia, 4 fitur di atas yang paling sering digunakan untuk mengoptimasi blog.

Tips Optimasi Blog Menggunakan Instagram

Anda punya hosting dan domain, serta tahu fungsi domain yang sudah dibuat menjadi blog? Kini saatnya Anda optimasi melalui IG melalui cara berikut:

1. Buat Postingan yang Menarik

Instagram merupakan platform media sosial berbasis visual. Itu artinya Anda harus mengoptimalkan konten visual terlebih dahulu, lalu kemudian caption di akhir.

Buatlah konten yang menarik baik itu berupa gambar maupun video. Jika perlu Anda membuat konten desain yang informatif dan menarik, sesuai dengan konten blog yang ingin dipromosikan.

2. Menggunakan Tagar Populer dan Relevan

Jangan lupa untuk menggunakan tagar. Pemilihan tagar tidak hanya sekedar harus yang populer saja, Anda juga harus menggunakan tagar yang relevan. Contohnya jika konten blog Anda bertemakan wisata, gunakanlah tagar yang sesuai dengan tema tersebut.

Gunakan beberapa tagar sekaligus, namun tetap perhatikan relevansinya. Tujuannya agar postingan Anda dilihat oleh banyak orang.

3. Mencantumkan Link Konten Blog di Postingan

Jangan lupa untuk mencantumkan link yang mengarah ke blog Anda di postingan. Tujuannya yaitu untuk menjaring visitor yang datang dari Instagram. Optimasi ini tergolong powerful dan mampu menjaring banyak pengunjung.

4. Menulis Caption yang Membuat Penasaran

Caption menjadi salah satu “senjata” ampuh untuk optimasi blog. Buatlah caption berupa deskripsi yang berkaitan dengan konten di blog Anda. Buat juga caption yang membuat orang penasaran.

Contoh caption yang bisa Anda buat seperti menjelaskan sebagian isi konten blog Anda. Nah, sebagian besar lagi biarkan visitor membacanya di blog Anda.

5. Menaruh Link Blog di Beranda IG

Taruh link blog atau situs Anda di beranda Instagram. Tujuannya yaitu untuk mengenalkan atau mempromosikan blog kepada para pengguna yang mengunjungi beranda IG Anda.

Cara ini juga bagus untuk mengoptimalkan optimasi blog Anda agar mendapatkan jumlah visitor lebih banyak.

Baca Juga : Cara Menambah Followers Instagram Aktif

Jika Anda sudah punya domain, silahkan langsung cantumkan saja di beranda. Domain sendiri yaitu sebagai nama alamat situs Anda yang bisa dicantumkan di IG.

Tips Memanfaatkan IG Ads untuk Optimasi Blog

Seperti yang kami jelaskan di atas, iklan berbayar juga merupakan salah satu fitur yang bisa dimanfaatkan untuk optimasi blog. Bahkan fitur ini terbilang sangat powerful untuk menjaring visitor yang lebih banyak.

Cara pasang IG Ads atau fitur iklan berbayar di Instagram cukup mudah. Silahkan Anda ikuti langkah-langkah berikut:

  • Masuk ke halaman Facebook Ads Manager
  • Pilih pembuatan iklan terpandu
  • Tentukan tujuan iklan yang akan Anda buat
  • Pilih jenis iklan yang ingin ditayangkan
  • Membuat nama iklan
  • Memilih tujuan trafik iklan
  • Tentukan tampilan promo
  • Tentukan target audience (lokasi, pemirsa khusus, bahasa, jenis kelamin, umur, penargetan terperinci)
  • Memilih penempatan iklan (pilih penempatan iklan di Instagram saja)
  • Pilih lama iklan ditampilkan
  • Hubungkan dengan akun IG milik Anda.

Selanjutnya, jangan lupa untuk menghubungkan iklan tersebut dengan blog Anda. Caranya adalah dengan mencantumkan link blog milik Anda agar mudah diakses oleh visitor.

Baca Juga : Cara Download Video Dari Instagram.

Demikian langkah-langkah mengoptimasi blog di IG. Anda sudah membeli hosting murah untuk blog? Yuk, ikuti langkah-langkah di atas untuk menjaring lebih banyak visitor blog Anda.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url