Pengin Beli Sepeda Listrik? Ini Dia Kelebihan dan Kekurangannya

Bersepeda memang salah satu aktivitas yang asik dan termasuk dalam ketegori olah raga yang menyehatkan fisik. 

Cara menaiki sepeda tentu saja dengan mengayuh atau menggenjot pedalnya, tapi ternyata saat ini sudah cukup banyak berseliweran sepeda listrik di jalanan.

Yang mana sepeda ini bisa dinaiki tanpa harus menggenjotnya karena bisa dijalankan dengan hanya menarik gasnya seperti selayaknya ketika mengendarai sepeda motor.

Tapi meskipun itu sepeda listrik, tetap saja dilengkapi dengan pedal yang sewaktu-sewaktu tetap bisa dikayuh dan digunakan seperti selayaknya sepeda ontel biasa. 

Dan hal ini tentu saja akan sangat berguna ketika sepeda sedang dibawa dan di perjalanan baterainya habis.

Dan dengan tetap dilengkapinya pedal atau ontelan pada sepeda elektrik ini tentu akan sangat membantu pada kondisi-kondisi darurat yang bisa saja terjadi tanpa kita sangka-sangka.

Sebenarnya Harga Sepeda Listrik Itu Berapa Ya?

Sebelum membahas mengenai kelebihan dan kekurangannya, terlebih dahulu perlu kamu tahu bahwa harga sepeda listrik ternyata cukup murah dan terjangkau. 

Seperti dilansir dari situs rekomendasi terbaik BestList bahwa saat ini sudah cukup banyak sepeda listrik yang dapat di beli di Indonesia dengan harga paling murah mulai 2 jutaan.

Tapi memang untuk yang tinggal di daerah yang di pedesaan, sepeda elektrik masih cukup jarang bisa ditemukan, karena hampir semua toko-toko sepeda hanya menjual sepeda kayuh biasa seperti sepeda gunung, sepeda anak-anak, sepeda berkeranjang, dan lain-lain.

Dan sebagai solusinya, pembelian sepeda listrik dapat kamu lakukan secara online dan tersedia di hampir semua toko-toko online atau marketplace besar seperti Shopee. 

Sudah tahu Shopee kan? pasti sudah tahu lah, Shopee kan salah satu marketplace yang paling sering iklannya nongol, terutama di YouTube, mengalahkan marketplace lainnya seperti Lazada, Tokopedia, Blibli, Bukalapak, dan lain-lain.

3 Kelebihan Sepeda Listrik

Dapat dipergunakan meski tubuh sedang merasa lelah atau sedang dalam kondisi tidak fit karena tidak perlu dikayuh seperti sepeda ontel biasa.

Bisa dipakai tanpa mengeluarkan keringat banyak yang membasahi baju, dan ini diperlukan pada kondisi-kondisi tertentu seperti misalnya ketika akan menghadiri acara tertentu yang masih dalam satu komplek perumahan.

Ramah lingkungan dan tidak menimbulkan polusi udara karena tidak mengeluarkan asap seperti motor yang menggunakan bahan bakar bensin.

3 Kekurangan Sepeda Listrik

Harga yang paling murah tetap saja lebih mahal dari harga sepeda ontel kelas menengah keatas.

Boros pemakaian listrik karena membutuhkan daya listrik besar pada setiap proses charging atau pengisian daya baterainya.

Tidak bisa digunakan ketika baterai sudah habis dan harus dikayuh seperti sepeda biasa, dan ini bisa saja menjadi sesuai yang sangat menjengkelnya ketika baterai habis dalam jarak yang jauh dari rumah sedang sepeda listrik tidak bisa dikayuh dan berlari dengan cepat secepat sepada gunung.

Setelah kamu tahu beberapa kelebihan dan kekurangannya tersebut, apakah sekarang kamu semakin tertarik dan ingin membelinya? atau malah menjadi sama sekali tidak ingin untuk membelinya? Hehe, pilihan ada di tangan kamu sendiri.

Sepeda listrik memang tidak bisa menggantikan fungsi transportasi jarak jauh seperti sepeda motor dan dapat dipakai untuk menempuh jarak ratusan kilometer dengan cepat, akan tetapi beberapa fungsi dan kegunaan dari sepeda listrik ini adalah dapat digunakan untuk jalan-jalan santai bersama teman, saudara, atau keluarga, berbelanja ke tempat-tempat yang dekat dari rumah, dan lain-lain.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url