Kilas Balik Suzuki RGR 150, Motor Canggih Galak Dari Suzuki Era 90an

Sejak pertama kali dirilis, Suzuki RGR langsung menjadi motor keluaran Suzuki yang paling menyita perhatian masyarakat Indonesia kala itu.

Dengan tampilan yang ganteng dan gagah membuat banyak orang menjadi kepincut untuk meminangnya. 

Hal ini karena desain dari Suzuki RGR 150 yang menggunakan desain half fairing, dimana konsep motor ini menjadi yang paling unik dan berbeda saat itu.

Bahkan motor ini menjadi motor Half Fairing pertama yang menggunakan mesin 150cc.

Hal ini yang membuat Suzuki RGR 150 menjadi yang paling menarik dan menjadi raja jalanan sejati kala itu. Romansa dari RGR150 ini dimulai bulan Februari 1990.

Dimana saat itu PT SIS atau Suzuki Indomobil Sales memutuskan untuk mengimpor sepeda motor dari Thailand dengan status CBU atau COmpletely built up. 

Unit dari motor ini sendiri merupakan basis dari RGV150SS, yang merupakan generasi kedua dari Suzuki. Namun orang awam lebih akrab menyebutnya sebagai Suzuki RGR.

Kilas Balik Kisah Kesuksesan Suzuki RGR 150 Di Indonesia

Dimasa peredarannya, Suzuki RGR 150 sendiri dipasarkan menjadi tiga model yakni Sprinter, Tornado dan juga Crystal.

Untuk masalah penampilan tentu saja Suzuki Sprinter adalah yang paling identik dibandingkan dengan varian lainnya.

Dimana penggunaan half fairing dengan undercowl atau pelindung mesin kala itu menjadi ciri khas dari sepeda motor ini. 

Banyak orang yang juga menyebut sepeda motor ini sebagai RGR Sprinter, hal ini karena penggunaan lampu belakang sepeda motor yang sama seperti RC Sprinter.

Selanjutnya PT SIS langsung melanjutkan kiprah dari RGR dengan merilis varian terbaru yakni RGR 150 Crystal.

Perbedaan dari varian ini berada pada lampu belakang dan lampu rem yang langsung terintegrasi dengan lampu sein. pada tahun 1993 itu juga, Suzuki langsung memberikan sentuhan baru dimana RGR Crystal dibuat dengan menggunakan full fairing.

Hal inilah yang menjadi pembeda jika dibandingkan dengan edisi dari buatan negara asalnya. Selain itu motor ini juga ditawarkan dengan opsi pilihan warna baru selain hitam seperti Ungu dan juga HIjau. Untuk model RGR Crystal ini sendiri dipasarkan sampai tahun 1995.

Di tahun yang sama juga, Suzuki merilis RGR generasi ketiga. Dimana secara konsep memang masih kembar dengan generasi kedua.

Namun walaupun begitu terdapat juga nuansa terbaru dari mobil, dimana lagi-lagi pihak Suzuki memberikan sentuhan baru pada sektor buritan. 

Kali ini Suzuki membuat motor ini dengan model lampu yang diambil dari Suzuki Tornado.

Dengan menggunakan model lampu yang lebih lebar, bagian bokong dari Suzuki RGR Tornado menjadi semakin terlihat semok. 

Kabar lainnya juga menyebutkan jika terdapat perbaikan terhadap sistem pelumasan dan juga pengapian motor. 

Namun sayangnya generasi ketiga ini sekaligus menjadi generasi terakhir yang diproduksi oleh Suzuki.

Bisa dibilang Suzuki membuat terobosan baru terhadap produksi RGR 150. Dimana saat itu para kompetitor lebih fokus terhadap pembuatan motor dengan mesin 135cc, namun Suzuki justru dengan berani menawarkan motor dengan mesin 150 cc.

Hal inilah yang membuat dulunya Suzuki RGR 150 dilirik oleh banyak orang dan menjadi salah satu motor balap terbaik saat itu.

Dengan sistem transmisi 6 percepatan dan juga jantung mekanis yang menawarkan tenaga maksimal tersebut membuat sepeda motor ini menjadi pilihan terbaik kala itu. 

Kemampuan handal dari Suzuki RGR 150 ini juga didapatkan karena penerapan dua teknologi canggih yakni SIPC atau Suzuki Intake Pulse Control dan juga teknologi karburator yang bertugas untuk mengontrol alur masuknya bahan bakar yang disesuaikan dengan kebutuhan mesin.

Selanjutnya ada juga teknologi SSS atau Suzuki Super Scavenging System yang wujudnya dapat kita lihat melingkar sebagai media penghubung dari lubang pada blok mesin dan juga tempat penyimpanan udara. 

Sistem ini berguna untuk memberikan asupan udara yang jauh lebih besar saat mesin digunakan pada rpm yang tinggi.

Nah itulah postingan tentang kilas balik dari Suzuki RGR 150 di Indonesia. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url