Mau Beli Pulsa di Marketplace? Ikuti Tips Amannya Ini

Kebutuhan masyarakat akan pulsa kini semakin meningkat, apalagi dengan hadirnya internet. Demi memudahkan membeli kuota, akan lebih baik untuk menukarkannya dengan pulsa. 

Pembelian pulsa pun bisa dilakukan kini melalui marketplace. Bahkan kamu juga bisa beli pulsa bayar via cicilan dengan memanfaatkan fitur paylater. Hanya saja untuk pembelian pulsa ini kamu harus tetap berhati-hati. 

Tips Aman saat Beli Pulsa di Marketplace

Meskipun membeli pulsa atau kuota dari marketplace sangat mudah, tapi ada juga beberapa kasus penipuan yang kerap terjadi. Ada beberapa toko yang menjual pulsa atau kuota bahkan lebih mahal. 

Menghindari kerugian saat membeli pulsa ini, tentu kamu harus lebih berhati-hati. Beberapa tips berikut ini bisa diikuti agar lebih aman dalam pembelian pulsa. 

1. Pilih Toko dengan Rating Bagus 

Layaknya ketika kamu sedang berbelanja barang di marketplace, sebaiknya pilih toko yang bonafit. Hal ini bisa dilihat dari rating toko apakah bagus atau tidak. Jangan lupa cek review dari para konsumen yang pernah berbelanja di toko tersebut. 

Kamu juga wajib membaca keterangan proses pembelian pulsa serta rate harga yang disediakan. Toko dengan rating bagus biasanya memiliki deskripsi yang lengkap dan sudah pasti lebih aman. 

2. Pastikan Harga Pulsa Standar

Banyak sekali toko yang menawarkan harga pulsa murah bahkan jauh di bawah dari konter pulsa offline. Kamu patut curiga dengan penawaran harga yang terlalu murah, karena bisa saja hal tersebut adalah trik saja untuk menarik pembeli. 

Padahal pulsa yang kamu beli mungkin tidak akan masuk. Kecuali jika marketplace tersebut sedang mengadakan promo tertentu. Biasanya promo seperti flash sale atau promo bulanan tersedia. 

Hanya saja harga setelah promo pun tidak akan turun terlalu jauh. Jadi kamu bisa memperkirakan berapa harga standar yang wajar untuk pembelian pulsa. 

3. Jangan Konfirmasi Pembayaran Sebelum Pulsa Masuk

Trik agar kamu tidak tertipu dengan penjual nakal adalah dengan memastikan bahwa pulsa sudah benar-benar masuk sebelum membayar. Enaknya menggunakan marketplace adalah adanya penggunaan rekening bersama. 

Rekening inilah yang akan menampung uang kamu sementara sebelum akhirnya marketplace tersebut mengirimnya ke penjual. Selama kamu tidak klik menu Pembayaran sebelum mengecek apakah benar sudah masuk. 

Apabila pulsa tidak kunjung masuk juga, kamu bisa membatalkan pesanan dan memberikan rating buruk pada penjual tersebut. Tujuannya agar tidak ada pembeli lain yang tertipu. 

4. Manfaatkan Layanan Pembelian Pulsa dari Marketplace Langsung

Selain membeli dari toko, biasanya beberapa Marketplace juga menyediakan fitur pembelian pulsa secara langsung. Fitur ini biasanya menjadi satu dengan layanan pembayaran tagihan. 

Jadi kamu akan membeli langsung melalui fitur yang sudah disediakan marketplace tanpa harus memilih dan mengunjungi toko tertentu. Beberapa marketplace bahkan menawarkan harga lebih murah meskipun tidak sedang promo. 

Proses pembelian akan berlangsung otomatis, kamu bisa memanfaatkan saldo yang tersimpan atau dengan fitur paylater. Tinggal pilih jumlah pulsa dan nomor kemudian dilakukan pembelian. 

5. Jika Membeli di Toko Online, Pastikan Nomor Sudah Benar

Kelebihan dari membeli di toko online marketplace adalah kamu bisa mengirim secara langsung pulsa ke banyak nomor. Hanya saja biasanya toko akan membuat peraturan agar pembeli mengecek kembali nomor yang diberikan. 

Sebelum membeli, kamu harus memastikan bahwa nomor yang dikirimi pulsa ini sudah benar. Jika salah, pemilik toko tidak akan mengirimkan pulsa ulang kecuali kamu membeli pulsa kembali. 

6. Pilih Marketplace yang Terpercaya

Saat ini sudah mulai banyak bermunculan aneka jenis marketplace yang tersedia. Tapi tidak semua marketplace menjamin keamanan terbaik pada semua toko yang ada di dalamnya. 

Oleh karena itu kamu harus lebih berhati-hati dalam memilih mana marketplace terpercaya yang dapat digunakan. Kamu bisa pilih marketplace yang sudah memiliki nama besar dan terpercaya. 

Contohnya saja Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Elevenia, atau bahkan Traveloka. Marketplace ini bisa dibilang lebih aman karena terbukti sudah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. 

Membeli pulsa di marketplace jadi solusi ketika kamu berada di lokasi yang jauh dari konter pulsa. Tinggal siapakan saja saldo di marketplace agar sewaktu-waktu bisa membeli. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url