Cara Menjadi HRD, Apa Saja yang Harus Disiapkan?

Sebelum memutuskan untuk menjadi seorang HRD, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut ini adalah cara menjadi HRD yang baik dan benar versi Infokuy melansir dari beberapa tulisan di internet.

Berkarir menjadi seorang HRD bukanlah perkara yang mudah. Ada beberapa kemampuan dasar yang harus dimiliki, semua akan saya kupas di bawah ini ya.

Perusahaan manapun pasti ingin memiliki HRD yang kompeten dari berbagai aspek agar bisa mengembangkan kualitas karyawannya.

Namun dalam praktiknya, masih banyak divisi HRD perusahaan yang belum melakukan pekerjaannya secara maksimal, karena kurangnya kemampuan yang dimiliki.

Untuk itu, artikel kali ini akan menjelaskan bagaimana cara menjadi HRD professional dan bisa diterapkan di perusahaan anda nantinya. Silahkan simak beberapa cara-cara di bawah ini ya.

Cara Menjadi HRD yang Baik dan Benar

Sebelum memutuskan untuk menjadi seorang HR di salah satu perusahaan, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan nantinya. Silahkan simak artikel ini sampai akhir biar gak ketinggalan informasinya.

Mempunyai Latar Bekalang Pendidikan yang Selaras

Hal ini cukup penting ketika anda ingin menjadi seorang HRD yang profesional.

Dengan memiliki latar belakang pendidikan yang selaras akan memudahkan anda saat melakukan praktek kerja di lapangan nantinya.

Biasanya untuk menjadi seorang HRD, pendidikan yang relavan adalah psikologi dan manajemen.

Karena disana akan dijelaskan beberapa materi yang bisa menjadi pegangan anda untuk menjadi seorang HRD.

Sertifikasi

Dengan adanya sertifikasi dapat menyakinkan perusahaan bahwa anda mampu atau profesional dalam bidang yang sedang dikerjakan.

Dalam kasus kali ini adalah sertifikasi HR. Ketika anda sudah memiliki sertifikasi, perusahaan bisa menaruh kepercayaan lebih kepada anda untuk melakukan tugas dan tanggung jawab sebagai HRD.

Perluas Koneksi di Sosial Media

Menjadi seorang HRD harus mampu menciptakan banyak koneksi dengan kandidat-kandidat yang potensial bagi perusahaan.

Beberapa sosial media yang bisa dimanfaatkan untuk mencari hal tersebut adalah LinkedIn atau Facebook.

Dengan memanfaatkan kedua platform ini bisa mempermudah seorang HR mencari kandidat yang dibutuhkan dan jangkuan koneksi yang didapat pun akan lebih luas.

Mempunyai Pandangan futuristik

Dengan menjadi seorang HRD, anda harus mengetahui apa yang ingin dicapai dan mengapa harus melakukan hal tersebut.

Jangan sampai menunggu perusahaan menyuruh atau memberi tahu anda apa yang harus dilakukan sebagai seorang HRD.

Sudah banyak contoh yang tersedia dan dengan sedikit riset akan membantu anda menentukan pilihan nantinya.

Diskusikan ide-ide cemerlang dengan atas dan tim HR agar bisa memenuhi syarat menjadi seorang HRD yang baik dan benar.

Lakukan Pendeketan yang Positif Dengan Karyawan Lain

Menjaga komunikasi dengan karyawan lain juga perlu anda lakukan sebagai seorang HRD.

Tidak hanya saat ada dalam masalah saja ketika melakukan komunikasi, namun juga pada saat biasa agar bisa menumbuhkan rasa keakraban satu sama lain.

Ketika hubungan ini terjalin dengan baik, maka keduanya bisa saling terbuka satu sama lain dalam urusan pekerjaan.

Seorang HRD pun akan semakin mudah mengetahui masalah apa yang sedang terjadi pada karyawan dan solusi apa yang harus dilakukan untuk mengatasi hal tersebut.

Pahami Bisnis Perusahaan Anda

Ketika ingin mengelola sumber daya manusia dalam suatu perusahaan,maka kita harus memahami bisnis perusahan tersebut.

Tanpa hal itu, anda akan sulit menentukan pilihan apa yang harus diambil agar hasilnya bisa efisien untuk perusahaan.

Dengan mempelajari alur bisnis perusahaan, anda bisa mengidentifikasi cara terbaik untuk memajukan perusahaan nantinya.

Jika lebih jauh lagi, anda bisa merencanakan program yang bisa mendukung kemajuan karyawan dan bisa meningkatkan kinerja seluruh karyawan dar masing-masing departemen.

Jangan Pernah Berherti Mengeksplor Diri

Jangan selalu merasa puas diri dengan ilmu yang kita miliiki.

Begitu pula dengan menjadi seorang HRD, anda harus terus mengembangkan diri untuk kebaikan diri sendiri dan perusahaan.

Dengan cara mengikuti seminar atau kursus online yang telah tersedia dimana-mana.

Nah salah satu kursus online untuk menunjang kemampuan HR adalah kelas dari Skill Academy.

Pada kelas ini, anda akan dijelaskan bagaimana cara menyusun strategi manajemen talenta dan teknik wawancara bagi seorang HR nantinya.

Setelah mengikuti kursus ini, anda diharapkan bisa menjadi seorang HR yang profesional dan bisa meningkatkan potensi karyawan.

Tidak hanya itu, anda juga akan mendapatkan kemampuan lain seperti manajemen talenta dan tentunya teknik wawancara yang baik agar bisa diterapkan di lapangan.

Sudah siap menjadi seorang HR yang baik dan benar? Pastikan anda mengikuti kelas Menyusun Strategi Manajemen Talenta dan Teknik Wawancara bagi Asisten Sumber Daya (HR) dari Skill Academy.

Oh iya, info tambahan nih bagi temen-temen, diprakerja kali ini kelas yang ditawarkan bisa habis (ada kuotanya). Jadi perlu cepat untuk dibeli jika ingin mengikuti pelatihannya.

Setiap harinya juga ada 1 kelas pilihan yang bakalan kasih bonus pulsa 50 ribu untuk 100 orang pertama yang beli kelas pilihan tersebut di hari tersebut. 

Pantau social media Skill Academy atau event.skillacademy.com/giveaway-harian untuk tahu kelas apa aja yang dipromosikan setiap harinya.

Kesimpulan

Berikut adalah penjelasan terkait cara menjadi HRD yang baik dan benar versi Infokuy melansir dari beberapa tulisan yang ada di internet.

Kemapuan menjadi seorang HRD tidak hanya sebatas melakukan wawancara. Anda juga harus mengatur kemampuan karyawan, tindakan apa yang harus dilakukan untuk kemajuan perusahaan, dan lain sebagainya.

Bagi anda yang ingin meningkatkan kemampuan lain, aplikasi pelatihan prakerja mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat untuk digunakan.

Disana terdapat beragam pilihan kelas yang menarik untuk diikuti dan bisa menunjang kemampuan untuk terjun ke masyarakat juga.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url