7 Persiapan Membangun Rumah yang Harus Anda Perhatikan

Memasuki masa keemasan, kebutuhan manusia ikut mengalami peningkatan. Jika sebelumnya sudah puas dengan gadget baru atau jam tangan brand ternama maka kini rumah adalah ambisi terbesarnya.

Berbagai hal dipelajari termasuk persiapan membangun rumah dari nol. Terlebih ketika Anda tidak menggunakan jasa bangun rumah, persiapan menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk kita lakukan.

Macam-macam Persiapan Membangun Rumah dari Nol

Ada dua pilihan yang harus Anda pertimbangkan ketika berencana memiliki rumah. 

Pilihan pertama adalah membangun rumah dari nol dan kedua yakni membeli rumah jadi yang cukup isi perabotan dan siap pakai. 

Saat keputusan Anda lebih condong pada membangun rumah, persiapkanlah hal berikut sebelum memulai proyeknya.

1. Mempersiapkan Anggaran

Sewaktu kecil Anda sering bermain rumah-rumahan bersama teman sebaya menggunakan rumah Barbie yang dibeli di toko mainan. 

Semuanya terasa mudah dan menyenangkan karena rumah Barbie selalu ada saat dibutuhkan. Membuat rumah dalam kehidupan nyata tidak semudah memainkan rumah Barbie. 

Anggaran merupakan salah satu titik lemah yang membuat banyak orang terpaksa mengurungkan niat mereka membangun rumah. 

Terlebih, tidak mustahil tiap tahunnya harga tanah dan kebutuhan pokok bahan bangunan mengalami perubahan. 

Penting bagi mereka yang ingin membangun rumah mempersiapkan anggaran lebih besar daripada budget semula. 

2. Survei Lokasi

Memiliki banyak uang memungkinkan Anda membangun rumah di berbagai lokasi yang menguntungkan. 

Demi mendukung kenyamanan dan mobilitas, pilihlah lokasi terbaik. Hindari membangun rumah di pinggir jalan terlebih jika Anda ingin lingkungan yang sunyi dan tenang. 

Penelitian mengenai lokasi cukup rumit karena tidak sekedar menilai kondisi lingkungannya saja. Anda harus terjun langsung untuk mengenal kualitas tetangga, mobilitas dan aspek pendukung lainnya. 

3. Membuat atau Memiliki Gambar Rancangan Rumah

Melakukan persiapan membangun rumah merupakan hal yang menyenangkan apalagi jika Anda memiliki bakat dalam merancang bangunan. 

Membuat gambar rancangan bangunan seyogyanya merupakan profesi dari seorang arsitek. 

Mereka memiliki keahlian, bakat serta keterampilan dalam menciptakan sketsa gedung yang cantik, estetik dan juga aman untuk ditempati.

Rancanglah bangunan rumah dengan memperhatikan setiap aspeknya mulai dari kebutuhan ruang kamar tidur, kamar mandi, jumlah dapur dan sebagainya. 

Contohnya Anda membangun rumah lantai dua maka jangan hanya menambahkan banyak ruangan pada lantai satu sementara lantai atas tidak difungsikan secara maksimal.

4. Memilih Tenaga Profesional yang Tepat

Persiapan membangun rumah tidak sebatas memiliki anggaran atau membuat sketsa gambar bangunannya saja. Ada banyak hal yang harus Anda pikirkan dan eksekusi secara langsung. 

Pilih jasa arsitek, tukang bangunan, desainer interior dan sebagainya. Semua tenaga profesional tersebut memang memiliki tugas yang berbeda namun tujuan mereka sama yakni menciptakan rumah yang sesuai pesanan Anda.

5. Perhatikan Kualitas Material Bangunan

Setiap orang ingin hunian yang mereka bangun dapat bertahan lama jikalau bisa hingga anak cucu lahir bahkan keturunan ketujuh sekali pun. 

Demi menyongsong harapan tersebut diperlukan bahan baku bangunan terbaik yang tidak akan rusak di lekang waktu.

Anda yang kurang kompeten dalam memilih bahan baku material dapat meminta rekomendasi dari ahlinya. Tenaga ahli akan memilihkan bahan baku terbaik versi mereka. 

6. Buat Tenggat Waktu

Apakah Anda bermaksud menggunakan rumah tersebut dalam waktu dekat? Cepat atau lambat, rumah yang tengah dibangun akan diisi oleh penghuninya. 

Alangkah baiknya, Anda membuat tenggat waktu pembangunan rumah. 

Dengan demikian, tenaga kerja yang bertanggung jawab membangun rumah dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik dan rapi. 

Memiliki tenggat waktu juga akan membantu Anda dari over budgeting karena pembayaran tenaga kerja yang molor dari waktu seharusnya. 

7. Dengarkan Saran dari Anggota Keluarga Lainnya

Tips yang satu ini khusus kami bagikan bagi Anda yang membangun rumah untuk keluarga bukan diperuntungkan sendiri. 

Anda dapat meminta saran atau rekomendasi tertentu dari anggota keluarga lainnya terutama terkait kamar tidur dan kebutuhan mereka.

Persiapan membangun rumah ternyata cukup kompleks namun itu sebanding dengan hasil akhirnya. Buatlah rumah yang mampu membuat semua anggota keluarga hangat dan nyaman ketika berada di dalamnya.

Kesimpulan

Berikut adalah pembahasan terkait persiapan membangun rumah yang harus anda perhatikan. Setelah membaca artikel ini, apakah kamu semakin paham apa-apa saja yang harus dipersiapkan nantinya? Nantikan artikel menarik lainnya hanya di infokuy.net.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url