Cara Edit Foto Hitam Putih di Lightroom, Gampang !

Hallo sobat, akhirnya saya bisa membagikan rumus lightroom kembali. Pada pembahasan sebelumnya, saya sudah membagikan rumus lightroom green and black cocok untuk foto dengan tema alam. Kali ini, saya akan membagikan cara edit foto hitam putih di lightroom

Cara edit foto hitam putih di lightroom in bisa kalian lakukan dengan mudah. Hanya menggunakan beberapa settingan untuk mendapatkan efek hitam putih yang keren, aplikasi lightroom bisa kalian download secara gratis di playstore atau appstore.

Penggunaan preset hitam putih ini bisa kalian aplikasikan ke berbagai jenis foto karena efek yang hitam putih akan sangat cocok. 

Pembuatan efek hitam putih dalam lightroom ini saya tidak menggunakan fitur bawaan dari lightroomnya dan sedikit tricky. Berikut adalah penggunaan rumus lightroom hitam putih, bisa kalian lihat perbedaannya dibawah ini.

Cara Edit Foto Hitam Putih di Lightroom

Berbeda dengan preset green and black, dimana warna hitam digunakan sebagai warna pendukung. Dalam preset hitam putih, warna hitam digunakan sebagai warna utamanya. 

Efek dari preset hitam putih memiliki kesan yang cukup menarik saat dilihat. Selain itu, infokuy sudah merangkum berbagai rumus lightroom dalam blog ini.

Bagi yang sering berfoto tentu memiliki stok foto yang belum sempat diedit. Daripada terbuang percuma, mending coba gunakan preset hitam putih ini sebagai efek fotonya. Siapa tau efek yang dihasilkan akan cocok dengan foto tersebut. 

Namun bagi yang malas mengikuti cara edit foto hitam putih, kalian bisa menggunakan jasa edit foto lightroom murah yang telah saya sediakan di infokuy.

Oh iya, cara edit foto hitam putih di lightroom ini saya menggunakan lightroom versi mod. Namun lebih baik kalian menggunakan versi gratisnya saja, karena pembuatan rumus lightroom hitam putih ini hanya menggunakan settingan yang tersedia dalam versi gratisnya.



Cara Edit Foto Hitam Putih di Lightroom

Sebelum masuk ke cara edit foto hitam putih di lightroomnya, saya tekankan terlebih dahulu bahwa setiap bahan foto yang kalian gunakan dalam pengeditan memiliki warna bawaan yang berbeda – beda. 

Pasti efek yang dihasilkan pun akan berbeda bisa saja bagus atau jelek, namun untuk preset hitam putih saya rasa tidak akan berpengaruh.

Namun jangan khawatir apabila efek yang dihasilkan kurang memuaskan, kalian hanya perlu menyesuaikan kembali settingan yang menurut kalian kurang pas. Bisa saja dibagian warna, pencahayaan atau settingan lainnya.

Rumus Lightroom Hitam Putih

Pertama masuk ke dalam aplikasi lightroomnya, pilih foto yang memiliki resolusi tinggi agar hasilnya lebih bagus lagi.

Masuk kedalam menu LIGHT, kalian bisa mengikuti seperti pada gambar. Lanjut kebagian menu CURVE.

LIGHT & CURVE - Cara Edit Foto Hitam Putih di Lightroom

Exposure : 0.00EV

Contrast : 50

Highlights : 32

Shadows : 50

Whites : -45

Blacks : 60

Masuk kedalam menu COLOR, kalian bisa mengikuti seperti pada gambar.

COLOR - Cara Edit Foto Hitam Putih di Lightroom

Temp : -10

Tint : 32

Vibrance : -100

Saturation :  -70

Masuk kedalam menu EFFECT, kalian bisa mengikuti seperti pada gambar. Lanjut ke bagian menu Split Tone.

EFFECT & Split Tone  - Cara Edit Foto Hitam Putih di Lightroom

Texture : 45

Clarity : 15

Dehaze : 5

Vignatte : -15

Midpoint :22

Feather : 95

Roundness : -61

Highlights : 25

Grain Amount : 70

Penjelasan :

Sebenarnya ada yang lebih mudah untuk membuat preset hitam putih, dengan menggunakan fitur B & W dalam lightroom pun kalian bisa mendapatkan efek hitam putih.

Namun, saya ingin lebih leluasa dalam membuat efeknya. Jadi saya mengcustom sendiri pembuatan preset hitam putihnya dengan memanfaatkan fitur COLOR dalam lightroomnya.

Sebelum cara edit foto hitam putih di lightroom ini berakhir, saya tekankan kembali bahwa setiap foto yang kalian gunakan dalam pengeditan memiliki warna bawaan yang berbeda – beda. 

Untuk mengatasi hasil yang kurang memuaskan, kalian perlu menyetting kembali bagian – bagian yang menurut kalian kurang pas.



Penutup

Itulah ulasan mengenai cara edit foto hitam putih di lightroom yang bisa kalian ikuti. Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Jika kalian ingin mendapatkan preset lightroom yang keren lainnya bisa kunjungi infokuy.net

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url