Rumus Lightroom White Tone, Mempercantik Foto !

Hallo sobat , selamat datang kembali di tutorial lightroom infokuy. Pada pembahasan sebelumnya, saya sudah membagikan cara edit foto hitam putih di lightroom yang bisa kalian ikuti dengan mudah. Kali ini, saya akan membuat rumus lightroom white tone.

Pembuatan rumus lightroom white tone ini sangat mudah dibandingkan dengan rumus lightroom yang pernah saya buat sebelumnya di blog ini. 

Penggunaan warna putih sangat dominan dalam preset white tone, karena tujuan awal pembuatan rumus white tone agar foto terlihat lebih terang namun masih enak untuk dilihat.

Penggunaan rumus lightroom hitam putih bisa kalian gunakan ke berbagai jenis foto. Apalagi jika bahan foto yang kalian edit kekurangan cahaya, efek dari preset white tone akan sangat berguna sekali. Berikut adalah penggunaan rumus lightroom white tone, bisa kalian lihat perbedaannya dibawah ini.

Rumus Lightroom White Tone

Berbeda dengan preset hitam putih dengan kesan foto yang terlihat mati, preset white tone digunakan agar foto lebih terang dan hidup. Penggunaan preset white tone ini sedikit tricky, jika bahan foto yang kalian gunakan terlihat gelap, harus mengatur bagian exposurenya nanti.

Bagi yang sering berfoto tentu memiliki banyak stok yang belum diedit, daripada tidak terbengkalai mending coba gunakan rumus lightroom white tone untuk mempercantik fotonya. 

Namun jika malas mengikuti pembuatan rumus lightroom white tone, kalian bisa menggunakan jasa edit foto lightroom murah yang saya gunakan di blog ini.

Oh iya, tutorial edit foto white tone di lightroom ini saya menggunakan lightroom versi mod. Namun lebih baik kalian menggunakan versi gratisnya saja, karena pembuatan rumus lightroom white tone ini hanya menggunakan settingan yang tersedia dalam versi gratisnya.


Rumus Lightroom White Tone

Sebelum masuk ke pembuatan rumus lightroom white tone, saya tekankan terlebih dahulu bahwa setiap bahan foto yang kalian gunakan dalam pengeditan memiliki warna bawaan yang berbeda – beda. Efek yang dihasilkan akan berbeda nantinya, bisa saja bagus atau jelek tergantung kesesuaiannya dengan bahan foto.

Namun jangan khawatir apabila efek yang dihasilkan kurang memuaskan, kalian hanya perlu menyesuaikan kembali settingan yang menurut kalian kurang pas. Bisa saja dibagian warna, pencahayaan atau settingan lainnya.

Pertama masuk ke dalam aplikasi lightroomnya, pilih foto yang memiliki resolusi tinggi agar hasilnya lebih bagus lagi.

Masuk kedalam menu LIGHT, kalian bisa mengikuti seperti pada gambar. Lanjut kebagian menu CURVE.

LIGHT & CURVE - Rumus Lightroom White Tone

Exposure : 0.20EV

Contrast : -5

Highlights : -15

Shadows : 55

Whites : 15

Blacks : -45

Masuk kedalam menu COLOR, kalian bisa mengikuti seperti pada gambar. Kemudian, masuk kedalam menu MIX.

COLOR & MIX - Rumus Lightroom White Tone
MIX - Rumus Lightroom White Tone
MIX Lagi - Rumus Lightroom White Tone

Temp : 5

Tint : 3

Vibrance : 10

Saturation :  -10

Masuk kedalam menu EFFECT, kalian bisa mengikuti seperti pada gambar. Lanjut ke bagian menu Split Tone.

EFFECT & Split Tone - Rumus Lightroom White Tone

Texture : 20

Clarity : 5

Dehaze : -5

Vignatte : 4

Midpoint : 34

Feather : 94

Roundness : -5

Penjelasan :

Pembuatan rumus lightroom white tone sedikit tricy  karena setiap foto memiliki pencahayaan yang berbeda – beda. Pastikan terlebih dahulu apakah bahan foto yang kalian gunakan memiliki tingkat pencahayaan yang cukup ataukah tidak ? Jika pencahayaan fotonya kurang, naikkan pada menu exposure sedikit demi sedikit.

Sebelum tutorial edit foto white tone di lightroom ini berakhir, saya tekankan kembali bahwa setiap foto yang kalian gunakan dalam pengeditan memiliki warna bawaan yang berbeda – beda. Untuk mengatasi hasil yang kurang memuaskan, kalian perlu menyetting kembali bagian – bagian yang menurut kalian kurang pas.



Penutup

Itulah ulasan mengenai pembuatan rumus lightroom white tone yang bisa kalian ikuti. Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Jika kalian ingin mendapatkan preset lightroom yang keren lainnya bisa kunjungi infokuy.net.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url