Rumus Lightroom Film Tone, Preset Keren !

Hallo sobat, selamat datang di tutorial lightroom infokuy. Pada pembahasan sebelumnya, saya sudah membagikan tutorial edit bubblegum lightroom yang memiliki efek kekinian. Kali ini saya akan membuat rumus lightroom film tone yang pastinya akan keren saat dilihat.

Pembuatan rumus lightroom film tone pastinya sangat mudah untuk diikuti. Infokuy akan menjelaskan secara detail untuk pembuatan rumus lightroomnya dibawah. Untuk efek yang dihasilkan tentu akan sangat menarik untuk kalian coba.

Rumus lightroom film tone bisa kalian aplikasikan ke berbagai jenis objek foto. Tapi saya sarankna gunakan rumus lightroom ini untuk foto dengan background outdoor agar efek yang dihasilkan bisa maksimal.

Selain itu, kalian bisa download preset lightroom film tone nanti akan saya sediakan linknya. Berikut adalah penggunaan rumus lightroom film tone, bisa kalian lihat perbedaanya dibawah ini.

Rumus Lightroom Film Tone

Pembuatan rumus film tone ini saya menggunakan warna cokelat dan hitam sebagai komponen utamanya. Karena perpaduan warna tersebut sangat cocok dengan tema kali ini. Namun kalian bisa mengimprovisasi kembali preset film tone ini agar sesuai dengan keadaan fotonya.

Berbeda dengan preset kodak film yang saya buat sebelumnya, warna yang dihasilkan lebih cerah dibandingkan dengan preset film tone. 

Namun keduanya memiliki keunggulan masing – masing, tentu setiap orang memiliki selera yang berbeda dan juga penyesuaian dengan bahan foto perlu diperhatikan. Selain kedua preset ini, infokuy juga sudah menyediakan berbagai rumus lightroom yang bisa kalian coba.

Jika kalian memiliki stok foto yang belum sempat kalian edit, saya sarankan gunakan preset lightroom film tone untuk memperindah fotonya. Apabila malas mengikuti rumus lightroom film tone ini, kalian bisa menggunakan jasa edit foto lightroom murah yang infokuy sediakan.

Oh iya, tutorial edit foto film tone lightroom ini saya menggunakan aplikasi lightroom versi mod. Namun lebih baik kalian menggunakan versi gratisnya saja, karena pembuatan preset deep blue ini saya menggunakan settingan yang tersedia dalam versi gratisnya.


Rumus Lightroom Film Tone

Sebelum masuk ke pembuatan rumus lihgtroom film tone, saya informasikan terlebih dahulu bahwa setiap bahan foto yang kalian gunakan memiliki warna bawaaan yang berbeda – beda. Tentu efek yang dihasilkan pun akan berbeda, tergatung apakah preset tersebut sesuai dengan bahan foto ataukan tidak.

Namun jangan khawatir apabila efek yang dihasilkan kurang memuaskan, kalian hanya perlu menyesuaikan kembali settingan yang menurut kalian kurang pas. Bisa saja dibagian warna, pencahayaan atau settingan lainnya.

Pertama masuk ke dalam aplikasi lightroomnya, pilih foto yang memiliki resolusi tinggi agar hasilnya lebih bagus lagi.

Masuk kedalam menu LIGHT, kalian bisa mengikuti seperti pada gambar. Lanjut kebagian menu CURVE.

LIGHT & CURVE - Rumus Lightroom Film Tone

Exposure : 0.00EV

Contrast : -90

Highlights : 35

Shadows : 15

Whites : -50

Blacks : 30


Masuk kedalam menu COLOR, kalian bisa mengikuti seperti pada gambar. Kemudian, masuk kedalam menu MIX.

COLOR & MIX - Rumus Lightroom Film Tone
MIX - Rumus Lightroom Film Tone
MIX Lagi - Rumus Lightroom Film Tone

Temp : 5

Tint : 0

Vibrance : 20

Saturation :  -10


Masuk kedalam menu EFFECT, kalian bisa mengikuti seperti pada gambar. Lanjut ke bagian menu Split Tone.

EFFECT & Split Tone - Rumus Lightroom Film Tone

Texture : 15

Clarity : 6

Dehaze : 30

Vignatte : -30

Midpoint : 30

Feather : 80

Roundness : -55

Highlights : 55

Penjelasan :

Perhatikan disini saya hanya memberikan gambaran kepada kalian untuk membuat preset film tone. Sebenarnya banyak cara yang bisa kalian gunakan dalam membuat preset film tone, bisasaja menggunakan fitur curve secara maksimal.

Namun dalam pembuatan rumus film tone ini saya hanya menggunakan curve putihnya saja, jika ingin lebih bagus kalian bisa memanfaatkan semua warna curve yang tersedia.

Sebelum tutorial edit foto film tone lightroom ini berakhir, saya tekankan kembali bahwa setiap foto yang kalian gunakan dalam pengeditan memiliki warna bawaan yang berbeda – beda. Untuk mengatasi hasil yang kurang memuaskan, kalian perlu menyetting kembali bagian – bagian yang menurut kalian kurang pas.

-- Download Preset Film Tone Lightroom -- 



Penutup

Itulah ulasan mengenai pembuatan rumus lightroom film tone yang bisa kalian ikuti. Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Jika kalian ingin mendapatkan preset lightroom yang keren lainnya bisa kunjungi infokuy.net

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url