Rumus Lightroom Night Tone, Efeknya Beda !

Hallo sobat, selamat datang di tutorial lightroom infokuy. Pada pembahasan sebelumnya, saya sudah membagikan tutorial edit foto black tone, efek yang dihasilkan menurut saya sangat menarik untuk kalian coba. Kali ini saya akan membuat rumus lightroom night tone.

Pembuatan rumus lightroom night tone memang cukup sulit dibandingkan dengan rumus lightroom film tone yang saya buat sebelumnya. 

Pembuatan rumus lightroom ini perlu sedikit ketelitian saat memainkan curvenya. Tapi tenang jika kalian teliti saat membuat rumus lightroom night tone ini saya jamin hasilnya pasti akan memuaskan.

Penggunaan rumus lightroom night tone ini harus kalian aplikasikan untuk foto dengan background malam hari. 

Jika ingin efek yang dihasilkan maksimal gunakan preset night tone untuk foto dengan background perkotaan di malam hari. Berikut adalah penggunaan rumus lightroom film tone, bisa kalian lihat perbedaanya berikut ini.

Rumus Lightroom Night Tone

Pembuatan rumus lightroom night tone ini saya menggunakan warna biru muda sebagai komponen utamanya. Foto dibuat lebih cerah agar efek yang dihasilkan bisa maksimal. 

Jika bahan foto yang kalian gunakan sudah memiliki tingkat kecerahaan yang cukup tinggi, pada bagian exposure tidak usah diubah.

Oh iya, bagi kalian yang suka berfoto ala - ala retro, saya sudah membagikan cara edit foto 90-an menggunakan aplikasi lightroom lho.

Rumus lightroom night tone ini bisa kalian improvisasi kembali sesuai dengan keadaan bahan foto yang kalian gunakan. Selain itu, kalian bisa mendapatkan rumus lightroom yang keren lainnya buatan infokuy.

Jika kalian memiliki stok foto yang belum sempat kalian edit, saya sarankan gunakan preset lightroom night tone untuk memperindah fotonya. 

Apabila malas mengikuti tutorial edit foto night tone lightroom ini, kalian bisa menggunakan jasa edit foto lightroom murah yang infokuy sediakan.

Oh iya, tutorial edit foto night tone lightroom ini saya menggunakan aplikasi lightroom versi mod. Namun lebih baik kalian menggunakan versi gratisnya saja, karena pembuatan preset night tone ini saya menggunakan settingan yang tersedia dalam versi gratisnya.


Rumus Lightroom Night Tone

Sebelum masuk ke pembuatan rumus night tone, saya informasikan terlebih dahulu bahwa setiap bahan foto yang kalian gunakan memiliki warna bawaaan yang berbeda – beda. 

Tentu efek yang dihasilkan pun akan berbeda, tergatung apakah preset tersebut sesuai dengan bahan foto ataukan tidak.

Namun jangan khawatir apabila efek yang dihasilkan kurang memuaskan, kalian hanya perlu menyesuaikan kembali settingan yang menurut kalian kurang pas. Bisa saja dibagian warna, pencahayaan atau settingan lainnya.

Pertama masuk ke dalam aplikasi lightroomnya, pilih foto yang memiliki resolusi tinggi agar hasilnya lebih bagus lagi.

Masuk kedalam menu LIGHT, kalian bisa mengikuti seperti pada gambar.

LIGHT - Rumus Lightroom Night Tone

Exposure : 0.30EV

Contrast : 45

Highlights : 45

Shadows : 25

Whites : 10

Blacks : 100

Lanjut kebagian menu CURVE, ikuti settingannya seperti pada gambar dibawah ini.

CURVE - Rumus Lightroom Night Tone
CURVE Lagi - Rumus Lightroom Night Tone

Masuk kedalam menu COLOR, kalian bisa mengikuti seperti pada gambar. Kemudian, masuk kedalam menu MIX.

COLOR & MIX - Rumus Lightroom Night Tone
MIX - Rumus Lightroom Night Tone
MIX Lagi - Rumus Lightroom Night Tone

Temp : -4

Tint : 0

Vibrance : 35

Saturation :  5

Masuk kedalam menu EFFECT, kalian bisa mengikuti seperti pada gambar. Lanjut ke bagian menu Split Tone.

EFFECT & Split Tone - Rumus Lightroom Night Tone

Texture : 30

Clarity : -10

Dehaze : -10

Vignatte : -35

Midpoint : 20

Feather : 85

Roundness : -55

Highlights : 45

Penjelasan :

Perhatikan, bahwa pembuatan rumus night tone ini saya berikan sebagai gambaran  dalam membuat preset lightroom. 

Kalian bisa mengimprovisasi kembali preset lightroom ini menjadi versi kalian agar efek yang bisa sesuai keinginan.

Sebelum tutorial edit foto night tone lightroom ini berakhir, saya tekankan kembali bahwa setiap foto yang kalian gunakan dalam pengeditan memiliki warna bawaan yang berbeda – beda. 

Untuk mengatasi hasil yang kurang memuaskan, kalian perlu menyetting kembali bagian – bagian yang menurut kalian kurang pas.

Jasa Edit Foto Lightroom Murah

Penutup

Itulah ulasan mengenai pembuatan rumus lightroom night tone yang bisa kalian ikuti. Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Jika kalian ingin mendapatkan preset lightroom yang keren lainnya bisa kunjungi infokuy.net.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url