Cara Membuat EFEK FOTO 90-an di Lightroom

Hallo sobat, selamat datang di tutorial lightroom infokuy. Jika sedang mencari cara membuat efek foto gaya 90-an, kamu sudah berada di tempat yang tepat. Sebelumnya, saya sudah membagikan cara edit langit biru menggunakan lightroom.

Pada tutorial lightroom kali ini, saya akan membuat efek retro atau gaya 90-an yang bisa kamu ikuti dengan mudah. Tenang, semua settingannya bisa kamu ikuti dengan menggunakan lightroom versi gratisnya.

Cara Membuat Efek Foto 90-an

Efek foto gaya 90-an memang menarik untuk dilihat, efek foto yang khas menjadi daya tarik tersendiri ketika meggunakan preset gaya 90-an. 

Banyak cara untuk membuat efek gaya 90-an, namun saya akan menunjukkan cara membuat efek foto gaya 90-an menggunakan aplikasi lightroom.

Warna yang dihasilkan oleh efek gaya 90-an biasanya perpaduan warna cokelat dan sedikit ke abu – abuan. Kamu juga bisa mengimprovisasi kembali warna presetnya sesuai keinginan kamu, namun tetap menjaga kesan retronya.

Gaya efek foto 90-an bisa dipadukan dengan dengan efek Grain atau bintik bintik pada foto, namun jangan berlebihan ketika menggunakan efek grain agar kesannya tidak alay. 

Selain efek foto gaya 90-an, infokuy juga sudah membuat beberapa rumus lightroom yang bisa kamu gunakan.

Pembuatan efek foto gaya 90-an ini saya menggunakan aplikasi lightroom versi modnya. Kamu bisa menggunakan versi gratis yang tersedia di playstore atau appstore.  


Cara Membuat Efek Foto 90-an 

Sebelum masuk ke pembuatan efek gaya 90-an nya, saya tekankan terlebih dahulu bahwa setiap bahan foto memilki warna bawaan yang berbeda – beda, tentu efek yang dihasilkan pun akan berbeda. Bisa jadi bagus atau jelek tergantung kesesuaian dengan bahan foto yang kamu gunakan.

Tapi tenang, jika efek yang dihasilkan kurang maksimal. Kamu bisa mengimprovisasi kembali preset lightroom gaya 90-an yang akan saya berikan nanti. 

Bisa jadi dari pencahayaan, mix, color atau detailnya kurang pas dengan bahan foto yang kamu gunakan.

Pertama masuk ke dalam aplikasi lightroomnya, pilih foto yang memiliki resolusi tinggi agar hasilnya lebih bagus lagi.

Masuk kedalam menu LIGHT, kalian bisa mengikuti seperti pada gambar. 

LIGHT - Cara Membuat  Efek Foto 90-an

Exposure : 0.00EV

Contrast : -50

Highlights : 45

Shadows : 30

Whites : -30

Blacks : 35

Lanjut kebagian menu CURVE, ikuti settingannya seperti gambar dibawah ini.

CURVE- Cara Membuat  Efek Foto 90-an
CURVE Lagi - Cara Membuat  Efek Foto 90-an

Masuk kedalam menu COLOR, kalian bisa mengikuti seperti pada gambar. Kemudian, masuk kedalam menu MIX.


Temp : 4

Tint : 0

Vibrance : -20

Saturation :  20

Masuk kedalam menu EFFECT, kalian bisa mengikuti seperti pada gambar. Lanjut ke bagian menu Split Tone.


Texture : 55

Clarity : 25

Dehaze : 30

Vignatte : -15

Midpoint : 17

Feather : 79

Roundness : -65

Penjelasan :

Cara membuat efek foto 90-an ini bisa kamu ikuti settingannya seperti diatas. Untuk pengaturan warna bisa kamu improvisasi kembali sesuai selera dan keadaan foto yang kamu gunakan. Saya sendiri lebih suka dengan warna cokelat tua untuk warna utamanya.

Sebelum cara membuat efek foto 90-an ini berakhir, saya tekankan kembali bahwa setiap foto yang kalian gunakan dalam pengeditan memiliki warna bawaan yang berbeda – beda. 

Untuk mengatasi hasil yang kurang memuaskan, kalian perlu menyetting kembali bagian – bagian yang menurut kalian kurang pas. Yang hobi berfoto di malam hari, saya sudah membuat rumus lightroom night tone yang pastinya keren untuk digunakan.

 

Penutup

Itulah ulasan mengenai cara membuat efek foto 90-an menggunakan lightroom yang bisa kalian ikuti. Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Jika kalian ingin mendapatkan preset lightroom yang keren lainnya bisa kunjungi infokuy.

Next Post Previous Post
2 Comments
  • Ramdhan rayna
    Ramdhan rayna 12 Desember 2020 pukul 15.56

    Weh gua tersesat suuu

    • Restu Kersana
      Restu Kersana 12 Desember 2020 pukul 19.17

      Terimakasih sudah membaca artikel saya. Ya iyalah artikelnya juga page one

Add Comment
comment url