Cara Membuat Efek Bintik Pada Foto di Lightroom

Hallo sobat, selamat datang di tutorial lightroom infokuy. Jika sedang mencari cara untuk membuat efek bintik bintik / grain di foto, kamu sudah berada ditempat yang tepat. 

Kali ini, saya akan membagikan cara membuat efek bintik bintik di foto menggunakan lightroom. Tenang, tutorial lightroom ini bisa kamu ikuti dengan mudah di infokuy.

Cara Membuat Efek Bintik Bintik

Sebenarnya efek bintik bintik dalam foto bisa terjadi karena efek sensor kamera saat mengumpulkan cahaya kurang begitu baik, alhasil efek foto bintik bintik pun terjadi. Namun efek foto tersebut kurang bagus untuk dilihat. 

Contoh kecil ketika kamu sedang mengambil foto di malam hari dengan keadaan pencahayaan yang kurang memadai, maka hasil foto yang didapatkan kurang bagus. Berbeda dengan efek bintik bintik yang dihasilkan oleh Grain, efek grain sangat bagus untuk digunakan karena bukan kesalahan dari kamera.

Aplikasi edit foto yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan efek Grain ini salah satunya Lightroom Mobile. Kamu bisa mendapatkan aplikasi lightroom secara gratis di playstore, penggunaan aplikasi ini pun sangat mudah. Dengan menggunakan aplikasi lightroom, efek bintik bintik di foto bisa kamu dapatkan.

Daripada penasaran, langsung aja kuy ikuti cara membuat efek bintik  bintik di foto menggunakan lightroom. Untuk link download preset lightroomnya akan saya sediakan dibawah nanti, jadi pastikan kamu membaca artikel ini sampai selesai.


Cara Membuat Efek Bintik Bintik Pada Foto di Lightroom

Sebelum masuk ke cara membuat efek bintik bintik di foto, saya tekankan terlebih dahulu bahwa setiap bahan foto yang kamu gunakan memiliki warna bawaan yang berbeda – beda. Tentu efek yang dihasilkan pun akan berbeda, bisa jadi bagus atau jelek tergantung kesesuaian dengan bahan fotonya.

Namun jangan khawatir apabila efek foto yang dihasilkan kurang bagus, ini tugas kamu untuk menyesuaikan kembali efek fotonya agar cocok dengan keadaan fotonya.

Pertama masuk ke dalam aplikasi lightroomnya, pilih foto yang memiliki resolusi tinggi agar hasilnya lebih bagus lagi.

Masuk kedalam menu LIGHT, kalian bisa mengikuti seperti pada gambar. Lanjut kebagian menu CURVE.

LIGHT & CURVE - Cara Membuat Efek Bintik Bintik

Exposure : 0.00EV

Contrast : 50

Highlights : -100

Shadows : 45

Whites : 10

Blacks : 65

Masuk kedalam menu COLOR, kalian bisa mengikuti seperti pada gambar. Kemudian, masuk kedalam menu MIX.

COLOR & MIX - Cara Membuat Efek Bintik Bintik
MIX - Cara Membuat Efek Bintik Bintik
MIX Lagi - Cara Membuat Efek Bintik Bintik

Temp : 0

Tint : 5

Vibrance : -15

Saturation :  5

Masuk kedalam menu EFFECT, kalian bisa mengikuti seperti pada gambar. Lanjut ke bagian menu Split Tone.

EFFECT & Split Tone - Cara Membuat Efek Bintik Bintik

Texture : 10

Clarity : 10

Dehaze : 20

Vignatte : -20

Midpoint : 38

Feather : 98

Roundness : -41

Highlights : 23

Grain Amount : 50

Size : 20

Roughness : 70

Penjelasan :

Cara membuat efek bintik bintik di foto bisa kamu lakukan dengan mengatur menu Grain Amount pada settingannya. Untuk mengatur ukuran bintik bintiknya, atur pada bagian menu Size dibawah menu Grain Amount. 

Sebelum cara membuat efek bintik bintik di foto ini berakhir, saya tekankan kembali bahwa setiap foto yang kalian gunakan dalam pengeditan memiliki warna bawaan yang berbeda – beda. 

Untuk mengatasi hasil yang kurang memuaskan, kalian perlu menyetting kembali bagian – bagian yang menurut kalian kurang pas.

 



Penutup

Itulah ulasan mengenai cara membuat efek bintik bintik di foto menggunakan lightroom yang bisa kalian ikuti. Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Jika kalian ingin mendapatkan preset lightroom yang keren lainnya bisa kunjungi infokuy.net.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url