Mau Website Makin Profesional? Coba Cara Hosting File HTML, CSS, dan Javascript ini!

Cara menghosting web HTML, CSS dan Javascript bisa kamu dapatkan secara gratis. Pemanfaatan hosting web statis bernama Netlify akan saya jelaskan pada artikel kali ini. 

Penggunaan hosting Netlify sangat mudah untuk dilakukan, jadi ikuti terus artikel ini sampai akhir.

Bagi yang senang membuat website statis menggunakan HTML, CSS dan Javascript agar bisa di akses secara online, bisa gunakan hosting Netlify sebagai solusinya.

Yang menarik dari Hosting Netlify, kamu akan mendapatkan hosting web statis gratis beserta SSL nya. 

Memang masih banyak situs yang menyediakan hosting secara gratis terutama untuk menjalankan website statis.

Salah satu situs populer lain yang menyediakan hosting web statis secara gratis adalah Github. Untuk cara penggunaannya sedikit berbeda dengan Netlify.

Kamu juga bisa menggunakan Netlify sebagai tempat hosting javascript secara gratis. Saya sudah menguji Netlify untuk menjalan project ReactJS dan berhasil, silahkan cek sendiri disini.

Langsung saja masuk ke cara hosting web gratis html,css, dan js versi infokuy. Berikut pembahasan lengkapnya dibawah ini.

Cara Menghosting Web HTML, CSS, dan Javascript

Sebelum menggunakan Netlify sebagai tempat hosting html,css dan javascript, siapkan dahulu project yang ingin kamu upload ke Netlify. 

Jika sudah disiapkan silahkan kunjungi website netlify dan registrasi akun terlebih dahulu, klik disini untuk masuk ke websitenya

Cara Register Akun Netlify

Silahkan buka website Netlify, link situsnya sudah saya berikan sebelumnya. 

Jika sudah masuk ke landing page Netlify, pilih menu Sign Up di pojok kanan atas. Nanti akan muncul halaman seperti di bawah ini.

Ada beberapa opsi untuk mendaftarkan akun ke Netlify, bisa menggunakan akun Github, Gitlab, Bitbucket, atau Email

Pada tutorial cara hosting website gratis ini, saya akan menggunakan akun email. Klik pada bagian tersebut untuk melanjutkan proses pembuatan akun netlify nya.

Masukkan email yang kamu miliki, pastikan email tersebut aktif karena akan digunakan untuk verifikasi email nantinya. 

Kemudian masukkan Password yang sekiranya sulit untuk orang lain ketahui. Tekan tombol Sign Up untuk melanjutkan prose pembuatannya.

Jika sudah diregistrasi akunnya, cek email yang kamu gunakan untuk mendaftar ke netlify. 

Nanti akan email untuk verifikasi akun Netlify agar bisa digunakan. Tekan tombol Go to login screen untuk login ke Netlify.

Login Ke Netlify

Jika akun netlify kamu sudah diverifikasi, silahkan login terlebih dahulu untuk menggunakan situs Netlify nya. Masukkan email dan password yang sudah kamu sebelumnya.

Deploy Project ke Netlify

Jika sudah login ke situs Netlify, dibawah ini merupakan dashboard situs Netlify. Ada beberapa menu yang bisa kamu gunakan, namun saat ini saya akan fokus di menu Sites saja.

Klik pada menu Sites untuk mendeploy project HTML, CSS, dan Javascript kamu agar bisa diakses secara online.

Jika sudah masuk ke menu Sites, scroll kebawah sampai menemukan tulisan Want to deploy a new site without connetic to Git ? Drag and drop your site folde here

Silahkan drag and drop folder project HTML, CSS dan Javascript yang kamu miliki pada menu tersebut, secara otomatis project kamu bsia diakses secara online.

Jika proses deploy telah selesai, nama domain situs kamu masih acak. Untuk menyetting nama domain sesuai keinginan, pilih menu Domain Settings. Jika sudah ditekan, scroll kebawah sampai  muncul menu seperti dibawah ini

Nah pilih menu Options, nanti akan muncul Pop Up untuk mengganti nama domain sesuai keinginan kita. Jika sudah Save Changes.

Akses Website Kamu

Jika nama domain sudah dirubah sesuai keinginan, nanti dibagian menu Sites, nama domain defaultnya akan digantikan dengan nama domain yang baru.

Penutup

Berikut pembahasan mengenai cara hosting web HTML, CSS dan Javascript secara gratis di situs Netlify. Tutorial hosting web ini bisa kamu ikuti dengan mudah di infokuy . 

Bagaimana menurut kamu mengenai cara hosting web gratis ini cukup membantu kamu ? Silahkan berikan tanggapan di kolom komentar ya.

Terimakasih telah berkunjung ke infokuy, nantikan artikel menarik lainnya seputar hosting hanya di infokuy.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url