Segera Lakukan Ini Jika Laptop Terkena Air !

Jangan panik ! ketika laptop terkena air, segera lakukan cara - cara ini. Laptop yang tekena air bisa menjadi masalah yang fatal bagi laptop. 

Karena sifat air yang mampu menghantarkan listrik, dapat mengakibatkan laptop kamu mati total. Penyebab laptop terkena air pun sangat beragam, yang sering ditemukan adalah terkena tumpahan air minuman.

Tentu hal ini harus menjadi perhatian lebih ketika hendak menggunakan laptop. Pastikan terlebih dahulu, area kerja kamu terhindar dari hal - hal yang mengandung air. Agar laptop tidak mengalami kerusakan yang fatal, sebaiknya lakukan beberapa cara dibawah ini.


Cara Mengatasi Laptop Terkena Air 

Ada beberapa langkah yang harus lakukan untuk mengatasi laptop yang terkena air. Cara ini harus dilakukan dengan hati - hati, jika kamu memiliki pengalaman membongkar laptop, silahkan ikuti caranya dibawah ini.

Jika tidak memiliki pengalaman sedikit pun, sebaiknya langsung berikan ke tukang service komputer/laptop.

Langsung Matikan Laptop

Ketika laptop terkena air, langsung matikan laptop tersebut. Karena air bisa masuk ke dalam sela - sela komponen laptop dan bisa menimbulkan konslet. Agar hal itu tidak terjadi, segera matikan laptop dan balikkan laptop dengan posisi 90 derajat.

Laptop Tidak Boleh Dicharge

Jangan coba - coba mencolokkan charger ketika laptop masih terkena air di dalamnya. Hal ini bisa mengakibatkan konslet apabila kabel charge masih terhubung.

Bongkar Casing Laptop

Langkah selanjutnya adalah membongkar casing laptop. Hal ini bertujuan agar air yang didalam laptop bisa lebih cepat kering.

Jemur Baterai Laptop

Silahkan jemur bateri laptop yang terkena air, namun pastikan saat menjemur baterai laptopnya tidak langsung terkena sinar matahari. Kamu bisa menggunakan lap kering untuk mengeringkan baterai laptopnya.

Lepas Keyboard Laptop

Jika air tersebut mengenai keyboard, segera lepas komponen keyboard dan jemur di tempat yang tidak terlalu panas. 

Pastikan saat menjemur komponen keyboardnya dalam posisi terbalik. Pastikan juga bagian sela - sela keyboard harus kering.

Bongkar Komponen Yang Terkena Air

Apabila laptop terendam air, kamu perlu membongkar seluruh komponen laptop. Bongkar komponen pada keyboard dan motherboardnya. 

Pastikan komponen penting seperti processor, RAM, Harddisk dan komponen lainnya harus kering agar terhindar dari korosi.

Diamkan Hingga Laptop Benar-Benar Kering

Jangan dinyalakan terlebih dahulu, pastikan laptop dan komponen lainnya dalam keadaan benar - benar kering.

Pasang Kembali Komponen Laptopnya

Jika dirasa sudah benar - benar kering, silahkan pasang kembali komponen laptopnya dengan benar. Jangan sampai ada komponen yang tertinggal agar laptop bisa dihidupkan kembali.

Silahkan charge laptopnya terlebih dahulu, jangan langsung dinyalakan.  Jika tercium bau hangus atau terbakar, segera lepas kembali chargenya.

Pergi ke Tukang Service Komputer

Opsi terbaik adalah memperbaiki laptop tersebut ke tukang service. Namun harus dilakukan secepat mungkin, jangan ditunda - tunda agar air yang ada pada laptop tidak mengalir ke komponen lain.


Kesimpulan

Berikut adalah cara mengatasi laptop terkena air yang bisa kamu lakukan. Jika kamu tidak memiliki pengalaman dalam membongkar laptop, sebaiknya langsung berikan laptop tersebut ke tukang service.

Jika memiliki pengalaman membongkar laptop, kamu bisa mengikuti cara diatas. Semoga laptop yang kamu miliki bisa digunakan kembali.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url