Ini dia Kelebihan dan Kekurangan Printer Infus, Cek Kuy !

Sebelum membeli printer infus, pastikan kamu mengetahui kelebihan dan kekurangan dari printer infus sendiri. Untuk itu, pastikan kamu membaca artikel mengenai printer infus ini sampai akhir ya. Oh iya, sebelumnya saya sudah menjelaskan cara menggunakan printer infus agar tetap awet.

Kelebihan dan Kekurangan Printer Infus

Saat ini sudah banyak jenis printer yang beredar di pasaran atau toko elektronik. Dilihat dari cara pengisian tinta nya, printer terbagi menjadi 2 yakni printer infus dan printer inkjet. Nah kali ini saya tidak akan membahas printer ink jet, fokus membahas printer infus dari segi kelebihan dan kekurangannya.

Yang menarik dari tinta infus adalah penyimpanan tintanya berada diluar printer, biasanya tabung tinta printer disimpan bersebalahan dengan printernya. Terdapat selang penghubung antara tabung printer dengan cartridge agar printer bisa melakukan pencetakan.

Saat ini terdapat printer infus hasil modifikasi dan printer infus yang sudah dari pabrikannya. Printer infus sendiri memang disukai oleh orang - orang dengan anggapan bahwa lebih mudah mengecek sisa tinta dan mempermudah untuk melakukan isi ulang tinta.

Meski begitu, ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang mesti kamu ketahui sebelum membeli printer infus. Penasaran apa saja kelebihan dan kekurangan printer infus ini ? Kuy ikuti artikel ini sampai akhir ya.


Kelebihan Printer Infus

Ada beberapa kelebihan yang perlu kamu ketahui dari printer infus, telah disinggung sebelumnya bahwa printer infus sangat mudah dalam penggatian tinta printernya. 

Namun masih ada beberapa kelebihan lain yang dimiliki oleh printer infus yang perlu kamu ketahui. Berikut penjelasan detailnya mengenai kelebihan printer infus.

1. Mudah Dalam Pengisian Tinta

Kelebihan pertama dari printer infus adalah sistem pengisian tintanya. Jika dibandingkan mengisi tinta dengan cara disuntik, sistem tinta infus lebih mudah untuk dilakukan karena wadah atau tabung tinta nya berada di luar printer. Bahkan penampung tinta infus dengan yang disuntik pun lebih besar 10x lipat.

2. Mudah Mengetahui Kondisi Tinta

Selanjutnya kelebihan menggunakan printer infus adalah mudah untuk mengetahui kondisi tinta pada printer yang kamu miliki. Berbeda jika kamu masih menggunakan cara manual atau menggunakan tinta suntik. 

Kamu tidak akan tahu tinta pada cartridge apakah sudah menipis atau belum, terlebih jika sebelumnya kamu telah melakukan reset cartridge. Cartride yang telah di reset biasanya tidak bisa melihat indicator pada monitor komputer / laptop kamu. Nah pada kondisi ini, kamu akan susah melihat 

3. Harga Tinta Infus Lebih Murah

Memang kelebihan printer infus sendiri adalah dari segi harga untuk tinta lebih murah dibandingkan dengan printer ink jet. Sudah dijelaskan sebelumnya, dari segi isi ulang tinta, printer infus lebih mudah.

Meski harganya lebih murah dibandingkan ink jet, tapi tetap harus memperhatikan kualitas tintanya agar hasil cetakan bisa lebih maksimal.

4. Cartridge Lebih Awet

Selanjutnya kelebihan dari printer infus adalah komponen cartridge printer kamu akan lebih awet dibandingkan dengan printer ink jet. Karena pada saat pengisian tinta, kita tidak akan menyentuh bagian cartridge. Biasanya kerusakan pada cartridge disebabkan karena kesalahan pada saat pengisian tinta atau tinta mengenai chip pada cartridge.

5. Volume Tabung Printer Infus Lebih Besar

Volume tabung printer infus lebih besar dibandingkan dengan printer ink jet. Ukuran volume tabung printer infus sendiri mencapai 100ml dan bisa kamu gunakan dalam jangka waktu yang lama. 


Kekurangan Printer Infus

Setelah mengetahui beberapa kelebihan dari printer infus, tentu beberapa kekurangan yang dimiliki printer infus sendiri. Berikut pembahasan mengenai kekurangan printer infus yang perlu kamu ketahui.

1. Kehilangan Garansi

Perlu diperhatikan, jika printer yang kamu miliki pada awalnya printer ink jet kemudian dimodifikasi menjadi printer infus, pastinya printer akan kehilangan garansi secara total. Tentu kamu harus memikirkan terlebih dahulu jika ingin merubah printer ink jet kamu menjadi printer infus. 

Berbeda dengan printer infus yang sudah di design dari pabrikannya, tentu tidak akan kehilangan garansi karena sudah di design seperti itu.

2. Frekuensi Kendala Lebih Tinggi

Ketika kamu baru memasang printer infus, selalu aja kendala yang muncul. Misalnya tinta putus - putus, ada rongga udara di selang, tinta membeku, dan beragam kendala lain yang muncul. Pastikan kamu tidak lupa untuk kembali tabung setelah melakukan pencetakan karena bisa mengakibatkan masuknya udara pada selang cartridge.

3. Harus Digunakan Setiap Saat

Jika kamu ingin menggunakan printer infus, pastikan printer tersebut harus digunakan setiap saat. Karena jika jarang digunakan, maka beberapa masalah akan muncul. 

Salah satunya adalah tabung tinta sendiri di dalamnya terdapat udara, jika printer kamu jarang digunakan tinta pada tabung tersebut akan menguap bahkan bisa merusak  bagian cartridge.


Penutup

Berikut pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan printer infus versi infokuy. Bagaimana menurut kamu mengenai pembahasan printer infus diatas, apakah bisa menjadi patokan untuk membeli sebuah printer infus ? 

Menurut saya printer infus memang memiliki banyak kelebihan, namun harus diperhatikan pula kekurangannya pula agar tidak menyesal ketika membeli printer infus.

Silahkan berikan tanggapan di kolom komentar mengenai kelebihan dan kekurangan printer infus jika dirasa artikel ini bermanfaat untuk kamu.

Terimakasih telah berkunjung ke infokuy, nantikan artikel menarik lainnya seputar printer hanya di infokuy.

Restu Kersana Calon Jenazah, pengen hidup enak tapi gini - gini aja.

Belum ada Komentar untuk "Ini dia Kelebihan dan Kekurangan Printer Infus, Cek Kuy !"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close