9 Cara Ampuh Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Install Ulang

Tentu kamu akan sangat kesal ketika menggunakan laptop/pc yang tiba - tiba lemot. 

Kali ini saya akan membahas cara mengatasi laptop lemot tanpa install ulang. Tentunya cara ini bisa kamu ikuti dengan mudah di infokuy.

Bagi kamu yang aktif menggunakan laptop, tentu akan kesal jika laptop yang digunakan tiba - tiba lemot. 

Yang biasanya laptop bisa booting cukup 1 menit, tapi kali ini bisa lebih dari 5 menit.

Masalah laptop lemot pasti ada penyebabnya, Bisa saja laptop yang kamu miliki sudah tidak mumpuni untuk digunakan, mungkin karena termakan usia atau ada kerusakan pada komponen laptopnya.

Laptop lemot tentu sangat menghambat pekerjaan atau tugas yang sedang kamu kerjakan. 

Bahkan ada yang lebih parah, karena kondisi laptop yang sudah lemot parah efeknya akan sering not responding bahkan hang. Nasib laptop kentang ini mah, mirip punya saya.

Untuk itu, kamu perlu mengetahui beberapa cara mengatasi laptop lemot tanpa install ulang. 

Tentunya, cara ini bisa kamu ikuti untuk pengguna windows 7, window 8, 8,1 dan window 10. 

9 Cara Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Install Ulang

Laptop yang lambat dan lemot tentunya sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Namun, banyak orang yang enggan menginstall ulang sistem operasi pada laptop mereka karena dianggap ribet dan memakan waktu. 

Oleh karena itu, cara mengatasi laptop lemot tanpa install ulang menjadi pilihan yang tepat untuk mengembalikan performa laptop yang telah menurun.

Berikut pembahasan lengkap mengenai cara mengatasi laptop lemot.

Gunakan mode performa untuk mengatasi lemot

Menggunakan fitur mode performa bisa menjadi pilihan yang tepat bagi laptop lemot. Namun kekurangannya adalah mode performa ini cukup menguras baterai. 

 Pastinya kamu pernah mengalami laptop lemot, namun ketika laptop di charger, tiba - tiba langsung cepat kembali. 

Nah mode performa biasanya akan aktif ketika laptop sedang di charger. Tapi kamu bisa mengaktifkan secara manual kok, caranya pun cukup mudah. Kamu bisa mengikuti langkah - langkahnya dibawah ini.

  • Pilih icon battery di pojok kanan bawah, lalu pilih menu more power options. Nah ada beberapa pilihan menu pada power plans, pilih menu High Performance.
  • Cara lainnya, kamu bisa masuk ke control panel. Lalu pilih hardware and sound, pilih Power options , lalu pilih high performance

Baca Juga : 4 Cara Mengatasi Flashdisk Minta Format (TERLENGKAP)

Atur startup program dan service yang berjalan

Jika kamu belum tahu, ternyata ada lho aplikasi yang berjalan dibelakang layar secara otomatis. Tentu hal ini bisa menjadi penyebab laptop menjadi laptop. 

Terlebih, ketika kamu sedang menjalankan aplikasi yang cukup berat membuat laptop kamu semakin lola. 

Dengan mengatur beberapa aplikasi yang ingin dijalankan secara otomatis, tentu membuat performa laptop semakin cepat. Kamu bisa mengaturnya lewat msconfig, berikut langkah - langkahnya.

  • Silahkan tekan tombol window + r bersamaan, lalu ketikkan msconfig dan tekan tombol ok.
  • Nanti kamu akan melihat beberapa tab menu, pilih Startup untuk menghetingkan program yang dijalankan secara otomatis. Kamu cukup meng uncheck / mendisabled aplikasi yang dirasa kurang penting.

Baca Juga : 4 Cara Mengatasi Flashdisk Minta Format (TERLENGKAP)

Install anti virus

Laptop lemot pun bisa disebabkan oleh virus. Biasanya laptop yang terkena virus biasanya ketika kamu sedang browsing di internet dan tidak sengaja mengklik halaman yang tidak jelas. 

Atau mungkin saja kamu sedang mendownload file dari situs yang tidak jelas asal usulnya. Secara tidak sadar, kamu sudah memindahkan virus tersebut ke laptop yang sedang digunakan.

Jika kamu pengguna windows 10, rasa rasanya tidak perlu menginstall anti virus tambahan. Karena anti virus bawaan sistem operasinya pun sudah sangat bagus menurut saya. 

Tapi bagi pengguna window 7 atau 8, sebaiknya menginstall anti virus tambahan agar bisa terhindar dari virus yang berbahaya.

Baca Juga : Segera Lakukan Ini Jika Laptop Terkena Air

Laptop lambat karena program anti virus

Dalam kasus lain, program anti virus pun bisa membuat laptop kamu lemot lho. Menggunakan program anti virus sendiri cukup mengambil sebagian besar rource RAM. 

Bahkan anti virus bawaan windows nya pun sering kali menganggap program anti virus yang kamu install sebagai virusnya.

Hapus file sampah

Menghapus file - file sampah bisa menjadi solusi untuk mengatasi penyebab laptop lemot. File ini berfungsi untuk menyimpan log aktivitas yang dilakukan oleh user untuk sementara waktu agar bisa digunakan kembali ketika komputer / laptop tiba - tiba mati. Namun, jika file tersebut tidak akan digunakan lagi, lebih baik menghapusnya.

Ada beberapa software utilitiess yang memiliki kemapuan untuk menghapus file sampah diantaranya Cccleaner, wise cleaner dan masih banyak lagi.

Tab browser yang dibuka terlalu banyak

Meski terdengar sepele, namun penggunaan tab browser yang terlalu banyak bisa membuat laptop kamu lemot lho. Apalagi jika laptop yang kamu gunakan memiliki RAM yang cukup kecil. 

Jika kamu memperhatikan di task manager, ketika menggunakan browser Chrome, lonjakan pemakaian RAMnya cukup besar.

Saya tidak menyarankan menggunakan banyak tab jika spesisifikasi laptop kamu rendah. Jika laptop yang kamu berspesifikasi tinggi, sah - sah saja menurut saya.

Baca Juga : 8 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Terkunci Dengan Mudah

Upgrade RAM laptop

Jika laptop yang kamu gunakan sering lemot atau crash tiba - tiba, sebaiknya kamu perlu meningkatkan kapasitas RAM pada laptop tersebut.

Dengan meningkatkan kapasitas RAM nya, multitasking pun akan terasa lebih ringan dan cepat dari biasanya. Apalagi jika harddisk yang kamu gunakan dirubah menjadi SSD, pastinya akan sangat lebih cepat.

Lakukan disk defragment

Selanjutnya, kamu bisa mengecek kondisi kesehatan harddisknya. Apakah harddisk laptop kamu masih dalam kondisi yang bagus atau cukup banyak bad sectornya. 

Disk defragment perlu dilakukan secara berkala untuk memonitoring kondisi harddisk. 

Disk Defragment merupakan program bawaan dari Windows, cara penggunaanya pun cukup mudah. Kamu bisa mengikuti langkah - langkah dibawah ini.

  • Silahkan masuk ke search app dengan menekan tombol window + s
  • Lalu ketikan disk defragment
  • Lakukan scanning pada disk yang kamu gunakan, misalnya disk D. Lakukan analyze disk untuk mendapatkan hasil scanning pada disk tersebut.
  • Setelah proses mencapai 100%, langkah selanjutnya adalahm melakukan defragment disk.
  • Langkah ini berfungsi untuk mengatur cluster, sector dan lainnya pada harddisk kamu akan teratur kembali dan bisa membuat harddisk menjadi lebih cepat.

Baca Juga : 5 Cara Cek Spesifikasi PC dan Laptop Windows Termudah [+GAMBAR]

File sistem rusak

File sistem disini adalah sistem operasi yang kamu gunakan meliputi windows 7, windows 8, 8.1 dan windows 10 atau sistem operasi lain diluar windows.

Kerusakan file pun bisa disebabkan oleh banyak hal, mungkin saja adalah kegagalan dalam penginstallan karena tidak sesuai dengan prosedur atau rusak karena virus.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa cara mengatasi laptop lemot tanpa harus install ulang

Jangan sampai aktivitas kamu terganggu oleh laptop yang lemot ya, guys! 

Yuk, ikuti tutorial ini sampai akhir agar kamu bisa mengembalikan performa laptopmu seperti semula tanpa harus install ulang sistem operasinya. 

Ingat, jangan lupa membersihkan file yang tidak perlu, mengatur program yang berjalan otomatis, menonaktifkan efek visual, dan meningkatkan kapasitas RAM. 

Semua cara tersebut akan membantu mengoptimalkan performa laptopmu agar lebih cepat dan lancar. 

Nah, tunggu apalagi? Ikuti tutorial ini sampai akhir dan nikmati pengalaman menggunakan laptop dengan performa terbaik!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url