Ketahui 10 Manfaat Memiliki Laptop Bagi Siswa !

Saat ini, laptop sudah jadi barang primer bagi sebagian orang, terutama siswa. Beragam manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika memiliki laptop, diantaranya sebagai media pembelajaran. Materi pembelajaran bisa kamu akses melalui internet, dengan menggunakan laptop kamu bisa belajar lebih mudah.

Manfaat Memiliki Laptop Bagi Siswa

Selain itu, laptop juga sering dimanfaatkan sebagai media hiburan dan mengerjakan tugas - tugas sekolah. Kamu bisa mendengarkan musik, bermain game, menonton film kesukaan dan mempelajari hal baru yang hanya bisa dilakukan lewat laptop.

Kalau saya sendiri akan menginvestasikan sebagian uang untuk membeli sebuah laptop. Bukan tanpa alasan ya, laptop memiliki banyak kegunaan pada masa sekarang. 

Jika kamu hobi menggambar, kamu bisa mempelajari Adobe Photshop, Coreldraw, atau Adobe Ilustrator. Jika kamu senang mengedit video, kamu bisa mempelajari Adobe Premiere Pro, Filmora, atau Sony Vegas Pro.

Semua hal tersebut, tidak bisa kamu dapatkan di sekolah. Kamu bisa memanfaatkan laptop sebagai media untuk belajarnya. Nah selain beberapa manfaat diatas, masih ada manfaat lain yang harus kamu ketahui ketika memiliki laptop. Berikut 10 manfaat memiliki laptop bagi siswa.


10 Manfaat Memiliki Laptop Bagi Siswa 

Tentunya ada banyak sekali manfaat ketika kamu memiliki sebuah laptop. Kamu harus memanfaatkan laptop sebaik mungkin agar kamu bisa mendapatkan banyak manfaat, jangan hanya digunakan untuk bermain game dan menonton film saja. Masih banyak kok manfaat lain yang bisa kamu gunakan ketika menggunakan laptop, apalagi bagi seorang siswa.

Sebagai media pembelajaran

Pertama, manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika memiliki laptop adalah bisa kamu gunakan sebagai media pembelajaran. Saat ini, belajar tidak melulu harus di sekolah. Kamu bisa mengikuti pelajaran secara online. 

Sudah banyak materi pembelajaran yang bisa kamu akses secara gratis dan mudah. Cukup menuliskan kata kunci yang ingin pelajari di internet, nanti akan muncul materi yang kamu perlukan baik berupa tulisan maupun video.

Mengerjakan tugas lebih mudah

Saat ini, tugas yang diberikan oleh guru kebanyakan memerlukan laptop untuk mengerjakannya. Contohnya seperti membuat makalah di microsoft word, membuat presentasi di power point, dan mengerjakan tugas lainnya sesuai arahan guru masing - masing. Kemudian, kamu bisa mencari beragam referensi materi melalui mesin pencari Google.

Menyimpan data tugas

Tentu, laptop bisa kamu manfaatkan untuk menyimpan data tugas dan file - file penting yang kamu miliki. Pastikan kamu menyusun semua tugas dengan rapih. Agar ketika dibutuhkan kembali, file yang kamu cari akan dengan mudah ditemukan.

Sebagai sarana untuk presentasi

Saat ini, laptop sering digunakan sebagai media presentasi. Siswa bisa mempresentasikan tugas mereka melalui laptop yang disambungkan ke proyektor. Nantinya, semua siswa mampu melihat presentasi yang dilakukan oleh temannya. Selain itu, presentasi mampu meningkatkan kepercayaan diri dan siswa mampu menyampaikan materi dengan baik kepada peserta.

Bisa digunakan untuk meeting online

Beberapa laptop sudah dilengkapi dengan camera yang bisa kamu gunakan untuk berbagai hal, salah satunya bisa kamu gunakan untuk meeting online. Apalagi, di masa pandemi yang mengharuskan siswa belajar daring akan lebih banyak kegiatan secara online.

Bisa digunakan untuk simulasi ujian online

Saya sendiri sering menggunakan laptop untuk simulasi ujian online. Sudah banyak situs yang menyediakan simulasi online yang bisa kamu gunakan secara gratis. 

Simulasi ujian online ini bisa mengasah kemampuan kamu dan mengetahui seberapa jauh materi yang kamu kuasai. Setelah mengikuti simulasi ujian online, kamu bisa mengetahui berapa nilai yang di dapat dan soal mana yang belum kamu kuasai materinya.

Sebagai media hiburan

Kadang kala, belajar terus - menerus membuat siswa bisa menjadi stress dan tidak bersemangat ketika belajar. Nah, untuk mengatasi hal tersebut kamu perlu mencari hiburan yang bisa membuat kamu semangat kembali.

Menonton film, bermain game, atau mendengarkan musik bisa menjadi solusi yang tepat ketika semangat belajar kamu menurun. 

Mempelajari hal baru

Selain memperlajari materi sekolah, kamu bisa mempelajari hal yang baru seperti belajar design, coding, digital painting, dan hal yang menurut kamu positif untuk dipelajari.

Hal ini bisa menjadi bekal kemampuan yang bisa kamu dapatkan setelah lulus sekolah nantinya. Karena kemampuan - kemampuan tersebut tidak bisa kamu dapatkan di sekolah, kecuali di sekolah kejuruan.

Mencari uang tambahan

Tentunya, laptop bisa kamu gunakan untuk mencari uang tambahan. Jika kamu memiliki kemampuan seperti mendesign, coding, menulis, edit video, dan hal lainnya. Sudah banyak situs freelancer yang bisa kamu pilih untuk mencari pekerjaan secara online. Karena beberapa kemampuan yang saya sebutkan tadi sangat dibutuhkan saat ini.

Mencari informasi beasiswa

Memang, mencari informasi beasiswa bisa dilakukan hp maupun laptop. Namun menggunakan laptop menurut saya lebih leluasa dan nyaman. Terlebih jika harus ketika ingin memasukkan data ke dalam formulir beasiswa tersebut, akan lebih mudah jika menggunakan laptop.


Kesimpulan

Menurut saya memiliki laptop itu cukup penting, apalagi bagi siswa. Setidaknya, berusaha menginvetasikan uang terhadap barang yang berguna seperti laptop adalah hal yang sangat bagus. Apalagi, saat ini laptop bisa kamu gunakan untuk berbagai hal, tidak hanya dalam pembelajaran saja.

Terimakasih telah berkunjung ke infokuy, semoga artikel mengenai manfaat memiliki laptop bagi siswa bisa bermanfaat untuk kamu.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url