Cara Membuat Preset Lightroom Sendiri di HP

Membuat preset lightroom di HP bukan perkara yang sulit lho. Kali ini, saya akan membagikan cara membuat preset lightroom yang bisa kamu ikuti dengan mudah. Tenang, aplikasi lightroom sendiri sangat ringan untuk digunakan kok.

cara membuat preset lightroom sendiri

Berkat adanya aplikasi lightroom ini, beragam foto yang kamu miliki bisa diedit agar lebih bagus ketika dilihat orang lain. Beberapa contoh preset lightroom yang pernah saya buat yakni preset dark and orange, preset selfie, preset aqua and brown, dan masih banyak lagi.

Selain membuat preset lightroom sendiri, kamu juga bisa menggunakan preset lightroom yang sudah ada dengan cara mengimport preset lightroomnya. 

Oh iya, dalam blog ini saya juga sudah membagikan beragam preset lightroom gratis yang bisa kamu dapatkan dan terdapat ratusan tutorial rumus lightroom yang bisa kamu pilih.

Sudah siap membuat preset lightroom sendiri ? Berikut cara membuat preset lightroom sendiri versi infokuy.


Cara Membuat Preset Lightroom

Sebelum membuat preset lightroom sendiri, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui. Apalagi bagi kamu yang baru pertama kali menggunakan aplikasi lightroom mobile, saya rasa perlu mengetahui beberapa fundamentalnya. Untuk itu, salah satu artikel ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu baca tutorial lightroom mobile untuk pemula.

Siapkan Bahan Foto

Setelah kamu membaca artikel tutorial lightroom mobile untuk pemula, langkah selanjutnya membuat preset lightroom sendiri. Hal pertama yang perlu kamu siapkan adalah bahan foto yang ingin kamu edit. Pastikan bahan foto tersebut memiliki tingkat resolusi yang tinggi, agar efek yang dihasilkan bisa maksimal.

Tentukan Tema Presetnya

Selanjutnya, kamu harus menentukan tema presetnya ingin terlihat seperti apa. Apakah foto tersebut ingin terlihat hangat dan ceria atau dingin dan misterius ? 

Itu bisa disesuaikan dengan keadaan foto tersebut. Bahkan kamu bebas membuat sesuatu yang baru dan unik agar bisa menarik perhatian. Jika tema presetnya sudah ditentukan, mari kita buat preset lightroom sendiri.

Ketahui 5 Menu Penting di Lightroom Mobile

Terdapat 5 menu penting yang perlu kamu ketahui ketika menggunakan lightroom mobile. Meski semua menu dalam aplikasil lightroom penting, 6 menu ini paling sering saya gunakan untuk kebutuhan edit foto di lightroom mobile.

Light

Pertama, menu yang sering saya gunakan adalah Light. Pada menu ini, kamu bisa mengatur pencahayaan dengan leluasa. Apakah foto tersebut ingin telihat lebih cerah, gelap dan lain sebagainya. Mari kita praktekkan cara penggunaan menu Light dengan tema presetnya adalah soft orange tone.

Pertama kita atur settingan Light terlebih dahulu, kamu bisa melihat settingannya di bawah ini :

Exposure : 0.00EV

Contrast : -35

Highlights : 60

Shadow : 30

Whites: -55

Blacks : 55

Selanjutnya masuk ke dalam menu CURVE. Untuk settingannya bisa kamu lihat gambar di bawah ini :

curve lightroom

Color

Selanjutnya, masuk ke dalam menu Color. Pada menu ini, kamu bisa mengatur warna pada foto tersebut ingin terlihat seperti apa, apakah ingin terlihat berwarna atau hitam putih. Selain itu, terdapat juga menu MIX untuk mengatur warna foto lebih detail. Langsung saja kita praktekkan, berikut settingannya.

Temp : 8

Tint: 0

Vibrance : 25

Saturation : 4

Selanjutnya masuk ke dalam menu MIX. Untuk settingannya bisa kamu lihat tabel di bawah ini :

Color Hue Saturation Luminance
Red -2 11 0
Orange 0 5 23
Yellow -65 15 15
Green -60 95 6
Aqua 0 0 0
Blue 0 20 3
Purple 0 0 0
Magenta 0 0 0

Effects

Pada menu Effects, kamu bisa mengatur tingkat ketajaman foto, efek grain, dan mengatur tone fotonya agar lebih sesuai dengan yang ingin kita buat yakni soft orange tone. Berikut settingannya.

Texture : 45

Clarity : -35

Dehaze : -10

Vignette : 10

Midpoint : 17

Feather : 85

Roundness : -68

Selanjutnya masuk ke dalam menu Split Tone. Untuk settingannya bisa kamu lihat tabel di bawah ini :

HS
Highlights2713
Shadows2823


Crop

Penggunaan menu Crop dilakukan jika ingin memotong, memutar, dan mengatur ukuran foto yang diinginkan. Tentu ini sangat bermanfaat dan perlu kamu ketahui juga. Untuk penggunaannya bisa kamu ikuti tutorial di bawah ini.

crop lightroom mobile

  • Cari menu seperti yang ada pada gambar paling kiri
  • Kemudian klik menu Unlocked agar bisa dengan bebas menentukan ukuran foro yang ingin kamu potong
  • Atur ukuran foto sesuai dengan yang saya contohkan atau kamu bisa mengatur ukurannya sendiri
  • Jika sudah pas, kamu bisa menekan tombol ceklis dibagian kanan atas
  • Selesai

Preset

Agar preset yang kamu buat tidak hilang atau mudah untuk menggunakannya, kamu perlu menyimpan preset tersebut pada menu Preset. Jadi ketika kamu ingin menggunakan preset yang telah dibuat, cukup masuk ke menu Preset dan pilih preset yang ingin kamu gunakan.

Cara menyimpan preset di lightroom sangat mudah untuk dilakukan kok, kamu cukup mengikuti langkah - langkah di bawah ini.

buat preset di lightroom

  • Klik menu titik 3 dibagian kanan atas
  • Kemudian pilih menu Create Preset
  • Tentukan nama preset sesuai keinginan
  • Jika preset ingin tersimpan denga rapih, buat preset group atau masukkan ke dalam preset group yang telah kamu buat sebelumnya
  • Tekan tombol ceklis dibagikan kanan atas agar preset bisa tersimpan

Setelah preset tersimpan, kamu bisa dengan mudah menggunakan preset tersebut berulang kali. Untuk penggunaannya pun sangat mudah, kamu cukup mengikuti langkah - langkah di bawah ini :

Cara menggunakan preset lightroom di hp
  • Cari menu Presets atau untuk lebih jelasnya kamu bisa melihat gambar yang paling kiri
  • Selanjutnya, cari preset tersebut pada preset group yang telah kamu simpan sebelumnya
  • Untuk kasus ini, saya menyimpan preset tersebut pada preset group yellow tone
  • Pilih preset yang telah kamu buat sebelumnya
  • Selesai, preset yang telah kamu buat sebelumnya bisa digunakan berulang - ulang


Kesimpulan

Berikut adalah cara membuat preset lightroom di hp yang bisa kamu ikuti. Menurut saya, langkah - langkah membuat preset lightroom sendiri sangat mudah kok. 

Yang terpenting bagaimana cara memanfaatkan menu pada aplikasi lightroom agar bisa menghasilkan efek yang bagus dan keren ketika dilihat. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu, nantikan artikel menarik lainnya seputar lightroom hanya di infokuy.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url