11 Tips Memilih Vacuum Cleaner Terbaik, Wajib Anda Ketahui !

Vacuum Cleaner menjadi salah satu peralatan rumah tangga yang wajib anda miliki. Ketika menggunakan vacuum cleaner, anda akan lebih cepat ketika membersihkan debu atau kotoran yang ada di rumah. 

Tips Memilih Vacuum Cleaner

Hasilnya pun akan sangat jauh berbeda ketika anda menggunakan vacuum cleaner dibandingkan dengan menggunakan sapu. Debu atau kotoran yang menempel disetiap sudut akan terhisap tanpa ada sisa sedikit pun.

Jangan salah, dalam memilih vacuum cleaner pun tidak asal - asalan lho. Agar vacuum cleaner yang anda pilih bisa digunakan secara maksimal, tentu perlu memerhatikan beberapa tips memilih vacuum cleaner terbaik yang akan infokuy bagikan.

Ada beberapa kesalahan dalam menggunakan vacuum cleaner yang harus anda perhatikan. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kerusakan pada alatnya.

Nah saya juga sudah membuat rekomendasi vacuum cleaner terbaik yang bisa anda pilih. Harga dan spesifikasinya pun cukup beragam, anda bisa menyesuaikan berdasarkan kebutuhan.

Jika sudah yakin ingin membeli vacuum cleaner, jangan lewatkan sederet tips penting ketika ingin memilih vacuum cleaner terbaik untuk anda gunakan. Berikut pembahasan lebih lengkapnya di bawah ini !


11 Tips Memilih Vacuum Cleaner Terbaik

Terdapat 11 tips memilih vacuum cleaner yang wajib anda perhatikan. Setiap tips yang saya berikan, bisa anda gunakan sebagai acuan dalam memilih vacuum cleaner terbaik. 

Jadi pastikan anda membaca artikel ini sampai akhir agar bisa mengetahui produk vacuum cleaner mana yang sangat cocok dengan kebutuhan anda saat ini.

Perhatikan Jenis Vacuum Cleaner

jenis vacuum cleaner

Sebelum memilih vacuum cleaner, pastikan anda mengetahui dulu jenis - jenis vacuum cleaner. Hal ini dilakukan agar anda bisa menentukan vacuum cleaner mana yang sesuai dengan kebutuhan anda saat ini.

  • Upright Vacuum

Upright Vacuuum Cleaner sangat cocok digunakan pada jenis karpet apapun karena bisa mengangkat semua debu, kotoran dan bulu yang menempel karpet. 

Selain itu, model upright ini sangat cocok digunakan bagi anda yang mengalami masalah punggung, karena model upright bisa digunakan tanpa harus membungkuk.

  • Barrel Vacuum

Selanjutnya ada Barrel Vacuum Cleaner, alat ini memiliki bentuk yang lebih ringan dan kecil dibandingkan model upright. 

Barrel Vacuum Cleaner sangat cocok digunakan bagi anda yang memiliki tempat penyimpanan yang terbatas. Jenis penyedot debut ini bisa anda gunakan di berbagai macam lantai, mulai dari lantai keras, karpet, area tangga dan area lainnya.

  • Hendheld Vacuum

Nah, Hendhenld Vacuum Cleaner sangat cocok digunakan untuk membersihkan debu atau kotoran pada kursi atau karpet kmobil anda. Penyedot debu yang satu ini sangat kecil, ringan, tanpa kabel dan sangat mudah untuk digunakan.

  • Steam Vacuum

Berbeda dengan yang sebelumnya, Steam Vacuum Cleaner adalah penyedot debu yang mengadalkan uap air yang ada pada tabung untuk membersihkan debu. Alat ini biasa digunakan untuk membersihkan permukaan yang kasar, seperti keramik atau kayu.

  • Robot Vacuum

Ingin yang lebih canggih ? Anda bisa memilih Robot Vacuum Cleaner untuk digunakan sebagai pembersih rumah. 

Semua aktivitas penyedot debu ini bisa anda kontrol secara digital atau dengan remote control. Yang menariknya, robot vacuum cleaner bisa mendeteksi lantai yang kotor, alat rumah tangga, dan hal lainnya.

  • Central Vacuum

Memang dari segi efisiensi, Central Vacuum Cleaner bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena vacuum cleaner ini cukup membawa powerhead dan selangnya saja, anda tidak perlu repot - repot membawa tabungnya ketika berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Namun, Central Vacuum Cleaner memiliki harga yang relatif lebih mahal. Selain itu, instalasi alatnya pun tidaklah mudah.

Cek Kemampuan Vacuum Cleaner

Tentunya ketika anda ingin membeli sebuah vacuum cleaner pasti harus mengetahui fitur yang dimiliki oleh vacuum cleaner tersebut. 

Apakah vacuum cleaner tersebut sudah memiliki kemampuan yang ganda, misalnya bisa membersihkan karpet yang basah akibat tertumpah air. 

Oh iya, perhatikan fitur - fitur lain yang dimiliki vacuum cleaner tersebut seperti terdapat beberapa mode kontrol hisap dari yang halus hingga paling tinggi.

Perhatikan Ukuran Ruangan

Jangan salah lho, perhatikan pula luas ruangan rumah anda sebelum memilih vacuum cleaner. Jika anda memiliki rumah dengan ruangan yang besar dan luas, saya rekomendasikan vacuum cleaner dengan jenis upright atau canister. Jika tidak terlalu luas bisa memilih jenis barrel vacuum.

Pastikan Vacuum Cleaner yang Tidak Bising

Tentu hal ini pun perlu anda perhatikan ketika ingin membeli sebuah vacuum cleaner. Usahakan memilih produk vacuum cleaner yang tidak terlalu bising. Hal ini dilakukan untuk menjaga kenyamanan dan tidak mengganggu anggota keluarga lain yang sedang beraktivitas di dalam rumah.

Membersihkan Debu dengan Sekali Pencet

robot vacuum cleaner

Bagi anda yang tidak mau ribet membersihkan rumah, saat ini sudah ada robot vacuum cleaner yang mampu membersihkan kotoran atau debu di dalam rumah. Cukup sekali pencet, robot akan bergerak dengan sendirinya.

Pilih Desain yang Nyaman Untuk Digunakan

pilih desain yang nyaman

Meski terdengar sepele, namun hal ini perlu anda perhatikan juga lho. Memilih vacuum cleaner harus menyesuaikan dengan tubuh anda. 

Jika anda memilih vacuum cleaner yang terlalu pendek, tentu akan menyebabkan nyeri pada tulang belakang dan tidak baik untuk kesehatan. Jadi, pastikan anda memiliki vacuum cleaner yang sesuai dengan tinggi tubuh anda.

Perhatikan Daya Tampung Debunya

Daya tampung debu pada vacuum cleaner pun perlu anda perhatikan. Jika ingin memiliki mobilitas tinggi, saya rekomendasi jenis barrel vacuum. 

Karena daya tampung debunya lebih kecil dibandingkan Upright. Namun, jika ingin lebih besar kapasitasnya, Upright bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anda gunakan.

Gunakan Spesialis Mikropartikel

Jika ingin hasilnya lebih maksimal ketika membersihkan sofa, kasur, karpet dan lainnya, anda wajib memiliki vacuum cleaner spesialis mikropartikel. 

Apalagi bagi anggota keluarga yang memiliki alergi debu atau mudah mengalami gatal - gatal akibat serangga tak terlihat, vacuum cleaner spesialis mikropartikel bisa menjadi pilihan yang tepat.

Perhatikan Konsumsi Listriknya

Ketika anda membeli vacuum cleaner, perhatikan juga konsumsi listriknya apakah sesuai dengan daya listrik di rumah anda atau tidak. 

Takutnya daya listrik di rumah anda kurang mendukung, alhasil penggunaan vacuum cleanernya kurang maksimal. 

Untuk mengatasi hal tersebut paling tidak anda bisa mematikan beberapa peralatan rumah tangga lain agar bisa menggunakan vacuum cleaner secara maksimal.

Pastikan Tidak Mengeluarkan Debu Kembali

Pastikan ketika anda memilih vacuum cleaner sudah memiliki ssitem filter saringan HEPA (High Efficiency Particulate Arrestance). Berkat adanya sistem fiter ini mampu menahan debu agar tidak keluar kembali.

Pilih Merk Terpercaya

Terakhir, ketika anda ingin membeli sebuah vacuum cleaner, pastikan membeli produk vacuum cleaner dari brand yang sudah terpecaya dan dikenal oleh orang banyak. Memang dari segi harga akan sedikit lebih mahal, namun dari segi kualitas sudah tidak diragukan lagi.


Kesimpulan

Berikut adalah 11 tips memilih vacuum cleaner terbaik yang perlu anda ketahui. Tips memilih vacuum cleaner ini bisa dijadikan acuan ketika anda ingin membeli vacuum cleaner. 

Ada baiknya memperhatikan 11 tips diatas agar anda tidak menyesal ketika membeli vacuum cleaner nantinya. Semoga tips memilih vacuum cleaner ini bisa membantu anda menemukan produk vacuum cleaner terbaik.

Oh iya, jika anda memiliki vacuum cleaner yang rusak, sebaiknya ikuti cara memperbaiki vacuum cleaner ini. Mungkin saja vacuum cleanernya bisa anda perbaiki sendiri di rumah. Jika tidak memungkinkan, silahkan pergi ke service center terdekat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url