8 Kesalahan Umum Dalam Menggunakan Vacuum Cleaner

Ternyata, dalam penggunaan vacuum cleaner pun tidak boleh asal - asalan. Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika ingin menggunakan vacuum cleaner, hal ini dilakukan agar vacuum cleaner yang anda miliki bisa tetap awet dalam jangka waktu yang lama.

Vacuum cleaner sudah menjadi barang wajib yang harus dimiliki setiap orang. Anda tidak perlu repot - repot membersihkan rumah dengan sapu, cukup menggunakan vacuum cleaner dan hasilnya pun akan lebih bersih.

Namun beberapa orang tidak memperhatikan cara penggunaan vacuum cleaner yang benar sehingga akan membuat vacuum cleaner cepat rusak. 

Padahal, jika anda mengetahui cara penggunaan vacuum cleaner yang tepat, umur penggunaannya akan bertahan lebih lama.

Untuk itu, anda perlu mengetahui kesalahan umum dalam menggunakan vacuum cleaner. Berikut pembahasan lebih lengkapnya di bawah ini. 


Kesalahan yang Membuat Vacuum Cleaner Rusak

Ada beberapa kesalahan yang perlu anda perhatikan ketika menggunakan vacuum cleaner. Demi menjaga kualitas vacuum cleaner tetap bagus, tentu dalam penggunaannya pun tidak asal - asalan. Bebarapa kesalahan ini mungkin pernah atau sering anda lakukan sebelumnya :

1. Digunakan untuk menyedot benda keras

Perlu anda perhatikan, ketika menggunakan vacuum cleaner jangan menyedot benda - benda keras seperti kerikil, uang logam, dan benda keras lainnya. 

Meskipun ukurannya kecil namun bisa mengakibatkan kerusakan pada bagian dalam vacuum cleaner karena tersedot dengan kecepatan yang sangat kuat.

2. Menunggu hingga kantong debu penuh

Jangan dibiasakan menunggu hingga kantong debu terisi penuh. Karena hal ini dapat mengakibatkan menurunnya kinerja vacuum cleaner. 

Alangkah baiknya, kosongkan vacuum cleaner jika debu sudah mencapai setengah dari kapasitasnya. Untuk cara membersihkan vacuum cleaner bisa anda ikuti disini.

3. Digunakan untuk menyedot air

Mungkin beberapa vacuum cleaner sudah memiliki fitur wet and dry. Namun pastikan terlebih dahulu apakah vacuum cleaner yang anda miliki sudah memiliki fitur tersebut ? 

Menyedot air menggunakan vacuum cleaner dapat menyebabkan konsleting pada vacuum cleanernya. Sebaiknya anda cari tahu dulu apakah sudah didukung fitur wet and dry atau tidak.

4. Menyedot karpet hanya satu arah

Beberapa pengguna vacuum cleaner hanay menyedot karpet hanya satu arah saja, baik dari atas ke bawah ataupun sebaliknya. Meskipun tidak salah juga, namun cara seperti ini kurang efektif menurut saya. 

Secara, debu yang tersedot kurang maksimal meski anda menggunakan vacuum cleaner terbaik sekalipun. Cara yang paling tepat dengan melakukan gerakan dua arah, yakni dari atas ke bawah dan bawah ke atas.

5. Tidak memanfaatkan alat penunjang

Biasanya, vacuum cleaner sudah dilengkapi dengan alat penunjangnya. Creative tool atau alat penunjang digunakan untuk membantu menjangkau tempat yang sulit untuk dijangkau seperti pojok ruangan.

6. Terlalu memaksa kerja vacuum cleaner

Jangan gunakan vacuum cleaner secara berlebihan, jika terlalu keras akan berakibat fatal. Bila sudah terdengar suara aneh atau mesin tiba - tiba panas, segera hentikan.

Jika sudah terjadi, matikan mesin vacuum cleaner dan coba cek pada bagian dalamnya. Apakah ada sesuatu yang menyumbat pada pipa vacuum cleaner atau tidak.

Sebaiknya, lakukan pembersihkan pada bagian dalam vacuum cleaner secara berkala untuk meminimalisir kejadian seperti ini lagi.

7. Mulai membersihkan karpet ketika terlihat kotor

Mungkin ini menjadi salah satu kesalahan yang sering anda lakukan. Padahal, jangan menunggu karpet atau lantai kotor terlebih dahulu, anda bisa rutin membersihkan ruangan atau karpet secara berkala. 

Bagi sebagian orang mungkin tidak ada waktu untuk membersihkan rumah setiap harinya, minimal lakukan 3x dalam seminggu agar kebersihkan rumah tetap terjaga.

8. Tidak menjaga kebersihan vacuum cleaner

Menjaga kebersihan vacuum cleaner pun harus anda lakukan secara rutin. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar tidak ada benda yang menyumbat pada ujung penyedot. Jika ujung penyedot debu kotor dan banyak yang menyumbat, otomatis debu dan kotoran tidak akan terhisap dengan sempurna.


Kesimpulan

Berikut adalah 8 kesalahan umum dalam menggunakan vacuum cleaner yang wajib anda ketahui. Mulai saat ini, tinggalkan kebiasan buruk ketika menggunakan vacuum cleaner agar tetap awet dan bisa bertahan lebih lama umurnya.

Jika anda memiliki keinginan untuk memiliki vacuum cleaner lagi, sebaiknya ikuti beberapa tips memilih vacuum cleaner terbaik versi infokuy.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda, nantikan artikel menarik lainnya seputar vacuum cleaner hanya di infokuy.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url