Cara Memperbaiki Vacuum Cleaner Sendiri di Rumah

Alat elektronik apapun pasti akan mengalami kerusakan jika digunakan secara terus menerus, dalam kasus ini adalah vacuum cleaner. Tapi tenang, setiap masalah pasti ada solusi untuk memperbaikinya. 

Cara memperbaiki vacuum cleaner sendiri bisa anda lakukan sebagai langkah awal sebelum memutuskan pergi ke tukang service. 

cara memperbaiki vacuum cleaner

Jika masalah yang dialami pada vacuum cleaner cuku ringan, anda bisa memperbaikinya sendiri dengan mengikuti langkah - langkah di bawah.

Jika sudah berkaitan dengan mesin vacuum cleaner, lebih baik anda langsung membawanya ke service center untuk diperbaiki langsung oleh teknisi yang berpengalaman. 

Namun, jika kerusakannya bukan pada mesin vacuum cleaner, beberapa cara di bawah mungkin bisa mengatasi permasalahan anda. Agar tidak terjadi hal seperti ini lagi, ketahui beberapa tips merawat vacuum cleaner.

Adapun masalah yang sering dikeluhkan oleh pengguna vacuum cleaner adalah daya sedot vacuum cleanernya kurang maksimal karena telah digunakan dalam waktu yang cukup lama. 

Nah, hal ini jangan dibiarkan terlalu berlarut - larut karena bisa mengakibatkan kerusakan pada vacuum cleanernya.

Jika sudah terjadi pada vacuum cleaner anda, jangan pergi ke tempat service dahulu. Karena masalah seperti ini bisa anda perbaiki sendiri di rumah. Silahkan cek cara meperbaiki vacuum cleaner di bawah ini.


Cara Memperbaiki Vacuum Cleaner

Sebelum memutuskan bahwa vacuum cleaner ini rusak total, sebaiknya cari tahu dulu jenis kerusakan yang dialami oleh vacuum cleaner anda. 

Apakah vacuum cleaner yang anda miliki ini sudah mati total, daya sedotnya kurang maksimal, suaranya berisik, atau jenis kerusakan lainnya. 

Silahkan ikuti cara memperbaiki vacuum cleaner di bawah ini sebelum anda pergi ke service center.

  • Cek terlebih dahulu semua bagian vacuum cleaner yang berkaitan dengan kelistrikan, mulai dari saklar, kabel, dan sekringnya
  • Gunakan tespen untuk mengecek apakah masih ada daya listrik pada bagian tersebut. Jika memang pada bagian tersebut megalami kerusakan, silahkan ganti bagian yang rusak dengan yang baru.
  • Jika kerusakan sudah berkaitan dengan mesin vacuum cleaner, sebaiknya anda langsung pergi ke service center agar bisa diperbaiki oleh teknisi yang lebih ahli
  • Cek juga selang, filter, dan tabungnya. Periksa kondisi fisik pada bagian tersebut, apakah mengalami kerusakan atau tidak. Jika mengalami kerusakan, tentu daya sedot vacuum cleanernya akan berkurang atau tidak maksimal
  • Oh iya, selalu biasakan membuang debu dan kotoran ketika kantong debu sudah mencapai setengahnya. Hal ini dilakukan agar daya hisap vacuum cleanernya tetap maksimal
  • Terakhir, jika kondisi vacuum cleanernya hanya kotor, anda bisa membersihkan dengan air. Namun tidak semua bagian bisa dibersihkan dengan air, hanya selang, filter (tergantung bahannya), dan tabung saja yang bisa dibersihkan dengan air. Cek disini cara membersihkan vacuum cleaner
  • Jika semua cara sudah anda ikuti dan vacuum cleaner masih saja ada kerusakan, sebaiknya anda langsung pergi ke service center agar bisa diperbaiki oleh teknisi yang berpengalaman

Kesimpulan

Berikut adalah cara memperbaiki vacuum cleaner sendiri yang bisa anda ketahui. Sebelum memutuskan pergi ke service center, ada baiknya anda cek sendiri terlebih dahulu. 

Bagi anda yang ingin membeli vacuum cleaner lagi, sebaiknya ketahui beberapa tips memilih vacuum cleaner yang sudah infokuy buat.

Apalagi jika kerusakannya vacuum cleanernya hanya kotor atau ada yang tersumbat, anda bisa membersihkannya sendiri. Terimakasih telah berkunjung, nantikan artikel menarik lainnya seputar vacuum cleaner di infokuy

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url