Cara Mengetahui PK AC Dari Modelnya, Mudah Lho !

Sebenarnya mudah saja untuk mengetahui PK pada AC, salah satunya bisa anda lihat dari nama model AC tersebut.

Pada model AC tersebut terselip kode pembeda setiap produk AC untuk menentukan seberapa besar PK.

Dalam membeli sebuah AC pun anda tidak boleh sembarangan. Anda harus menyesuaikan antara luas ruangan dan PK yang dimiliki oleh AC tersebut.

Jadi, sebelum memutuskan untuk membeli sebuah AC, anda harus mengetahui dahulu luas ruangan yang ingin dipasangkan sebuah AC di dalamnya.

Lantas, bagaimana cara menghitung luas ruangan agar bisa  sesuai dengan kapasitas AC yang dibutuhkan ? Tenang, infokuy akan menjelaskan cara menghitungnya di bawah ini

Hal ini dilakukan agar bisa menemukan ac terbaik untuk anda miliki di rumah. Karena PK AC sangat memengaruhi seberapa cepat proses pendinginan di suatu ruangan.

Namun sebelum itu, ada satu hal penting yang perlu anda ketahui sebelum masuk ke dalam perhitungan PK AC, yakni mengetahui besaran PK dari model AC. 

Cara Mengetahui PK AC dari Model

Untuk melihat seberapa besar kapasitas PK yang dimiliki sebuah AC bisa dilihat dari kode yang terselip pada model AC tersebut.

Misalkan saya membeli sebuah AC Sharp dengan tipe atau kode AC SHARP AH-A5UCY. Pada kode tersebut terselip sebuah angka 5, nah angka inilah yang bisa kita gunakan untuk menentukan sebuah PK pada AC.

Baca Juga : Cara Setting Remote AC Universal.

Angka 5 disini menandakan bahwa AC tersebut memiliki BTU sebesar 5000 BTU/hr. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat  tabel di bawah ini :

# Kapasitas AC Setara Dengan Untuk Ruangan
1 1/2 PK 5.000 BTU/hr Ukuran 3 x 3 m
2 3/4 PK 7.000 BTU/hr Ukuran 3 x 4 m
3 1 PK 9.000 BTU/hr Ukuran 4 x 4 m
4 1,5 PK 12.000 BTU/hr Ukuran 4 x 6 m
5 2 PK 18.000 BTU/hr Ukuran 6 x 8 m
6 2,5 PK 24.000 BTU/hr Ukuran 8 x 8 m
7 3 PK 27.000 BTU/hr Ukuran 10 x 8 m
8 5 PK 45.000 BTU/hr Ukuran 10 x 10 m

Selain memperhatikan ukuran PK, anda juga harus memperhatikan tipe AC yang ingin anda miliki. Salah satu contohnya adalah AC Low Watt ukuran 1/2 PK tidak akan sama dengan AC Standard 1/2 PK. 

Meski memiliki ukuran PK yang sama, namun proses pendingin kedua AC tersebut jauh berbeda. Jadi, selain memperhatikan PK pada AC, anda juga harus memperhatikan tipe AC tersebut.

Baca Juga : Simak Perbedaan AC Standard, AC Inverter, dan AC Low Watt !.

Cara Menghitung Kebutuhan PK AC Sesuai Ruangan

Setelah mengetahui PK pada model AC yang ingin anda beli, langkah selanjunya adalah menghitung kebutuhan PK AC yang sesuai untuk ruangan anda di rumah.

Karena kapasitas PK pada AC akan sangat menentukan seberapa kuat udara dingin yang dihasilkan pada luas ruangan tertentu. 

Jika ukuran PK dengan luas ruangan sesuai, udara dingin yang dihasilkan pun akan terasa lebih maksimal dan proses pendinginnya lebih cepat.

Rumus PK : panjang ruangan x lebar ruangan x 500

 Dari perhitungan tersebut akan menghasilkan total BTU yang dibutuhkan.

Contoh Perhitungan PK AC Pada Sebuah Ruangan

Agar anda tidak salah dalam memilih sebuah AC, pastikan terlebih dahulu ukuran ruangan yang ingin dipasangkan sebuah AC. 

Rumus PK = panjang ruangan x lebar ruangan x 500

Misalkan anda memiliki sebuah ruangan dengan ukuran 4 x  6 m, maka untuk mengetahui kapasitas PK AC yang dibutuhkan adalah :

4 x 6 x 500 = 12.000 BTU/hr, jika dikonversikan kedalam PK akan menghasilkan ukuran 1,5 PK. 


Kesimpulan

Berikut adalah cara mengetahui PK AC dari model serta cara menghitung PK AC pada sebuah ruangan. Setelah membaca artikel ini diharapkan anda bisa menentukan produk AC mana yang sesuai dengan keadaan ruangan di rumah anda.

Jika anda sudah memiliki AC di rumah, pastikan selalu menjaga kebersihannya minimal 1 bulan sekali. Nah cara membersihkan AC sendiri di rumah sebenarnya mudah saja lho. 

Daripada harus mengeluarkan biaya untuk memanggil teknisi AC, lebih baik anda pelajari sendiri bagaimana cara membersihkan AC yang benar.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url