Simak Perbedaan AC Standard, AC Inverter, dan AC Low Watt !

Sebenarnya ada beberapa tipe AC yang beredar di pasaran, namun yang cukup terkenal adalah AC Standard, AC Inverter, dan AC Low Watt. Semua tipe ini hadir berkat besarnya kebutuhan akan mesin pendingin di pasaran. 

perbedaan ac standard, ac inverter dan ac low watt

Tentu ini akan sangat membingungkan bagi anda yang baru pertama kali membeli sebuah AC. Sebelum memutuskan untuk membeli AC, ada baiknya mengetahui beberapa tipe AC ini. Hal ini dilakukan agar anda tidak salah dalam memilih AC nantinya.

Lalu, apa perbedaan antara AC Standard, AC Inverter, dan AC Low Watt ? Ketiga tipe ini memiliki perbedaan yang cukup mencolok dari segi harga, dan teknologi yang digunakan.

Untuk itu, anda harus mengetahui perbedaan dari ketiga tipe AC ini. Silahkan ikuti artikel ini sampai akhir agar anda bisa menentukan tipe AC mana yang sesuai dengan kebutuhan di rumah.

Perbedaan AC Standard, AC Inverter dan AC Low Watt

Utamanya, terdapat 3 tipe AC yang cukup terkenal, yakni AC Standard, AC Inverter, dan AC Low Watt. Ketiga tipe ini sudah banyak beredar di pasaran, anda bisa menemukannya dengan mudah di online shop atau toko offline sekalipun.

Setelah mengetahui ketiga perbedaan ini, saya harap anda bisa menentukan produk AC mana yang sesuai dengan kebutuhan anda saat ini. 

Karena ketiga tipe ini memiliki perbedaan yang cukup mencolok dari kinejanya. Untuk itu, simak artikel ini sampai akhir ya.

AC Standard

Jika dibandingkan dengan semua tipe, AC Standard memang yang paling murah dari keduanya. Biasanya, AC Standard menggunakan jenis freon R-32, AC dengan tipe ini akan bekerja sesuai dengan suhu yang telah anda tentukan sebelumnya. 

Misalnya jika anda mengatur suhu pada AC sebesar 20°C dan suhu diruangan sudah mencapai suhu tersebut, otomatis mesin kompresor akan mati. Kemudian AC akan nyala kembali jika suhu di ruangan mulai naik kembali.

Memang untuk proses pendinginannya sendiri terbilang sangat cepat. Namun konsumsi daya pada AC Standard terbilang sangat boros. 

Apalagi jika anda sering menyalakan dan mematikan AC, tentu penggunaan daya listrik di rumah akan sangat boros. Rata - rata AC Standard ukuran 1 PK membutuhkan daya listrik 800 - 900 Watt ketika pertama kali dinyalakan.

Kelebihan AC Standard

  • Proses mendinginkan ruangan cukup cepat
  • Harga cukup terjangkau
  • Perawatan mudah

Kekurangan AC Standard

  • Konsumsi daya listrik cukup boros
  • Fitur yang dimiliki standard
  • Resiko kerusakan lebih besar

AC Inverter

Selanjutnya ada AC Inverter. AC dengan tipe ini sudah menggunakan teknologi yang lebih canggih jika dibandingkan dengan AC Standard atau AC Low Watt. 

Bisa dibilang AC Inverter hasil penggabungan AC Standard dengan AC Low Watt, karena AC Inverter mampu membuat suhu ruangan terasa lebih cepat dingin dan penggunaan daya listriknya pun terbilang sangat hemat lho.

Setelah menggunakan teknologi inverter, kompressor pada AC bisa bekerja sesuai dengan kebutuhan. Dalam artian, kebutuhan penggunaan daya listrik pada AC akan sesuai dengan kinerja AC. Memang, pada saat pertama kali AC dengan tipe inverter dinyalakan, memerlukan daya listrik yang cukup besar.

Namun, jika suhu di ruangan telah mencapai titik yang anda atur sebelumnya, perlahan mesin kompressor akan bekerja menjadi lebih lambat. Bisa dibilang penggunaan daya listrik pada AC nya bisa berubah sesuai dengan kebutuhan.

Kelebihan AC Inverter

  • Proses pendinginan ruangan sangat cepat dan stabil
  • Penggunaan listrik lebih hemat
  • Bisa digunakan untuk jangka panjang

Kekurangan AC Inverter

  • Perawatan cukup mahal
  • Harga lebih mahal jika dibandingkan dengan AC Standard atau AC Low Watt

AC Low Watt

Terakhir ada AC Low Watt. AC dengan tipe Low Watt memang lebi irit konsumsi daya listriknya jika dibandingkan dengan AC Standard. 

Namun, untuk proses pendinginannya sendiri sangat lambat jika dibandingkan dengan AC Stardard atau AC Inverter. 

Mengapa demikian ? Karena AC Low Watt menggunakan mesin kompresor yang lebih kecil, alhasil proses pendinginnya pun cukup lambat.

AC Low Watt memang di desain bagi anda yang ingin menggunakan AC dengan konsumsi daya listrik yang rendah. 

AC dengan tipe low watt sangat cocok digunakan di tempat yang ukurannya tidak terlalu besar agar suhu dinginnya bisa terasa lebih maksimal.

Kelebihan AC Low Watt

  • Penggunaan daya listrik lebih hemat
  • Perawat cukup mudah dan murah
  • Harga jauh lebih murah jika dibandingkan dengan AC Inverter
  • Tetap aman jika sering On/Off AC sekalipun

Kekurangan AC Low Watt

  • Proses pendinginan cukup lama
  • Tidak disarankan untuk ruangan yang besar

Kesimpulan

Berikut adalah penjelasan mengenai perbedaan AC Standard, AC Inverter, dan AC Low Watt. Dari ketiga tipe AC diatas, apakah ada yang cocok dengan keinginan anda ? 

Menurut saya, setiap tipe memiliki keunggulannya masing - masing. Anda bisa pilih tipe AC mana yang sesuai dengan kebutuhan saat ini.

Semoga pembahasan ini bisa bermanfaat untuk anda, nantikan artikel menarik lainnya seputar AC hanya di infokuy.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url