Apa itu Freon AC ? Ketahui Selengkapnya Disini !

Bagi sebagian orang, freon AC mungkin tidak begitu familiar di telinga. Namun, freon AC memiliki peran yang cukup penting pada kinerja AC.

Freon AC adalah senyawa yang digunakan sebagai bahan bakar agar AC mampu menghasilkan udara yang lebih dingin dan sejuk. 

Berkat freon lah AC yang sedang anda gunakan saat ini bisa terasa lebih dingin. Tapi saat ini, sudah banyak AC dengan teknologi lain agar udara yang dihasilkan bisa terasa dingin. 

Tenang, untuk teknologi yang satu ini tidak menggunakan freon. Karena bahan bakarnya adalah air dan es batu, Air Cooler bisa menjadi alternatif lain untuk anda gunakan.

Memang, ada jenis freon AC yang sudah dilarang penggunaannya karena bisa merusakan lingkungan. Oleh karena itu, pastikan ketika anda ingin membeli AC, pilih AC yang sudah menggunakan freon ramah lingkungan.

Kenali lebih jauh mengenai Freon AC mulai dari pengertian, fungsi, bahaya, jenis dan masih banyak lagi. Silahkan baca artikel ini sampai akhir agar anda semakin paham mengenai Freon AC, kuy lanjut.

Pengertian Freon AC

Dilansir dari Wikipedia, Freon adalah senyawa alfatik sederhana yang digunakan dalam perdagangan dan industri. Didalam freon terkandung senyawa hidrogen, klorin, atau biromin.

Pengertian lain menyebutkan bahwa freon adalah campuran zat berbentuk ciaran yang dimasukkan ke dalam sebuah pompa yang kemudian membentuk sirkulasi pendinginan. Dalam proses sirkulasi ini, terjadi perubahan bentuk dari wujud cair ke gas kemudian kembali lagi.

Freon sering kali digunakan untuk bahan pendingin seperti AC, kulkas, dan barang elektronik lainnya. Memang keberadaan freon sendiri masih dibutuhkan hingga saat ini. 

Baca Juga :Perbedaan AC Standard, AC Inverter, dan AC Low Watt.

Jika tidak ada freon, alat elektronik berupa kulkas atau AC tidak memiliki bahan bakar untuk menghasilkan udara dingin.

Oh iya, freon sendiri tidak memiliki warna dan bau, alhasil sangat sulit untuk mengidentifikasinya oleh mata telanjang.

Fungsi Freon AC

Freon digunakan sebagai bahan bakar agar bisa menghasilkan udara yang lebih dingin dan sejuk. Pada AC sendiri terjadi proses perubahan bentuk sehingga AC mampu menghasilkan hembusan udara yang terasa lebih dingin.

Pastikan, ketika anda melakukan pengisian freon harus dilakukan secara hati - hati dan sesuai dengan prosedur. 

Karena jika freon yang anda pasang mengalami kebocoran bisa mencemari udara dan bisa menjadi racun jika dihirup oleh manusia.

Selain itu, kebocoran freon ac bisa menjadi penyebab ac tidak dingin. Pastikan secara berkala bahwa freon AC yang anda miliki tidak mengalami kebocoran atau kerusakan karena bisa berakibat fatal.

Bahaya Freon AC

Meski memiliki manfaat yang cukup besar, tapi anda tetap harus berhati - hati dengan Freon ini. 

Karena, freon sendiri memiliki efek samping yang cukup berbahaya, bahkan bisa mengakibatkan kematian. 

Anda harus pahami betul dampak negatif yang diakibakan menghirup freon, cek selengkapnya disini.

  • Freon bisa membuat anda kesulitan bernafas dan terjadi pembengkakan pada tenggorakan
  • Freon juga bisa menyebabkan iritasi pada mata, hidup, lidah bahkan anda bisa kehilangan penglihatan
  • Tahap selanjunya jika anda terus menerus menghirup freon, detak jantung tidak teratur bahkan bisa menyebabkan kematian
  • Selain berdampak pada kehidupan, Freon AC juga sangat berdampak buruk pada lapisan ozon.

Jenis Freon AC

Berkat adanya Freon AC, ada beberapa jenis freon yang saat ini sudah tidak boleh digunakan. Untuk itu, anda perlu mengetahui jenis freon mana yang paling aman untuk digunakan saat ini. Saya akan mengulasnya satu per satu, kuy ikuti.

Freon R410a

Freon R410a biasanya digunakan untuk tipe AC Inverter. Freon jenis ini tidak memiliki pontesi untuk merusak lapisan ozon. Namun untuk potensi pemanasan global, freon R410a memang memiliki potensi yang cukup tinggi. 

Untungnya, freon jenis ini tidak mudah terbakar, namun saat pemasangan freon RF410a harus dilakukan secara hati - hati dan sesuai prosedur.

Freon R134a

Freon R134a memang sering digunakan untuk kebutuhan sistem pendingin pada ac mobil. Pada freon R134a ini tidak mengandung unsur chloro, alhasil freon R134a aman untuk digunakan dan tidak akan merusak lapisan ozon.

Freon R22

Untuk jenis freon yang satu ini memang memiliki potensi merusak lapisan ozon. Jika dibandingkan dengan jenis freon lain yang tidak memiliki potensi merusak lapisan ozon. Bahkan Indonesia sendiri sudah melarang penggunaan Freon jenis R22 ini. 

Berdasarkan peraturan pemerintah melalui Departemen Perindustrian dan Perdagangan nomor (41/M-IND/PER/5/2014), (40/M-DAG/PER/7/2014) dan (55/M-DAG/PER/9/2014) menyatakan bahwa sejak tahun 2015 lalu, freon dengan jenis R22 ini dihapus dan tidak diizinkan untuk digunakan lagi.

Freon R32

Freon R32 diclaim lebih ramah lingkungan jika dibandingkan dengan freon R22 aau R410a. Karena potensi pemanasan globalnya jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan kedua jenis tadi. 

Walau begitu, freon R32 lebih mudah terbakar, pastikan saat pemasangan ini harus dilakukan dengan benar. Rata - rata merk ac terbaik sudah menggunaakan freon R32 karena lebih ramah lingkungan.

Freon R290

Terakhir, ada Freon R290. Jenis freon yang satu ini memiliki potensi pemanasan global yang paling rendah jika dibandingkan dengan semua jenis yang telah saya sebutkan. 

Namun, udara dingin yang dihasilkan oleh jenis freon in icukup rendah dan freon jenis ini sangat mudah terbakar. Alhasil banyak perusahaan yang memutuskan untuk tidak menggunakan freon R290.

Penyebab Freon AC Bocor

Penyebab kebocoran pada freon AC memang cukup beragam. Bisa jadi AC yang anda miliki di rumah sudah digunakan dalam waktu yang cukup lama atau bisa jadi saat pemasangan AC terjadi kesalahan yang menyebabkan freon AC menjadi bocor.

Pastikan Freon AC di rumah anda tidak mengalami kebocoran, perhatikan beberapa penyebab freon AC boco di bawah ini. 

Pemasangan pipa instalasi tidak tepat

Penyebab freon AC bisa bocor karena pada saat pemasangan pipa saluran kurang tepat. Hal ini membuat freon AC terus menetes melalui celah - celah tertentu. 

Bisa jadi pada saat baut yang anda pasang tidak diputar dengan kencang, alhasil freon ac bocor melalui celah - celah tersebut. 

Kemungkinan lain bisa terjadi karena pengelasan yang tidak sempurna. Celah sekecil apapun freon yang berbentuk gas bisa keluar ke udara bebas.

Flaring-an mengalami kerusakan

Dalam proses penghubungan antara AC dengan pipa instalasi memerlukan sistem baut (neple). Nah, agar baut tersebut bisa terpasang dengan sempurna, pipa insalasi harus diflaring terlebih dahulu.

Namun tidak semua hasil flaring bisa berhasil dengan sempurna, ada kalanya mengalami keretakan atau pecah. Jika anda sudah melakukan dengan benar, kemungkinan lain adalah pada saat mengencangkan bautnya ada yang pecah.

Karena proses ini sangat penting, anda harus melakukannya dengan penuh kehati - hatian agar hasilnya bisa sempurna. 

Gunakan alat yang memadai saat melakukan proses flaring, setidaknya gunakan peralatan yang sudah memilliki setifikasi SNI.

Umur pipa sudah tua

Produk elektronik apapun jika sudah digunakan terlalu lama pasti akan mengalami kerusakan. Apalagi jika perangkat elektronik tersebut tidak dirawat dengan baik, tentu bagian komponen tertentu akan mengalami kerusakan. Dalam kasus ini, AC yang anda miliki sudah digunakan dalam waktu yang cukup lama. 

Bagian  AC yang berbahan alumunium jika sudah digunakan dalam waktu yang lama akan mengalami korosi. Mungkin ini penyebab freon AC bisa mengalami kebocoran.

Adanya penumpukan debu dan kotoran

Kebocoran freon AC pula bisa terjadi karena sudah terlalu banyak penumpukan debu atau kotoran pada komponen AC. 

Sebaiknya anda selalu membersihkan komponen AC secara berkala. Jika komponen AC tidak dibersihkan akan terjadi penyumbatan dan membuat AC menjadi bocor.

Ciri Ciri Freon AC Habis

Pastikan anda selalu mengecek freon AC secara berkala. Hal ini dilakukan agar hebusan udara yang dikeluarkan oleh AC bisa terasa dingin dan sejuk. Jika freon AC sudah habis, anda bisa menambahnya atau mengganti dengan yang baru. 

Jika freon AC habis atau bocor ada beberapa efek samping yang berbahaya terhadap kesehatan dan lingkungan. Nah agar anda bisa tahu ciri - ciri freon AC habis, simak pembahasannya di bawah ini.

Udara yang dikeluarkan AC tidak dingin

Rasakan udara yang dikeluarkan oleh AC apakah terasa dingin atau tidak. Jika anda sudah mengatur suhu udara pada remote namun hasilnya tidak sesuai dengan yang diinginkan, anda harus berhati - hati karena ini menjadi ciri bahwa freon AC mulai habis. 

Lampu indikator AC terus berkedip

Selanjutnya, ciri yang menandakan bahwa freon AC sudah habis adalah lampu indikator yang berkedip - kedip. Jika lampu indikator mengalami hal demikian, berarti anda maslaah pada komponen AC, tekanan freon atau kompresor AC. 

Bagian luar AC tak mengeluarkan hawa panas

Nah ini juga bisa menjadi ciri bahwa freon AC sudah hampir habis dan membuat proses pendinginan tidak bekerja secara maksimal. Silahkan cek unit luar AC apakah mengalami hal serupa ataukah tidak.

Pengeluaran listrik tiba - tiba membengkak

Jika cairan freon pada AC sudah mulai berkurang, tentu udara dingin yang dihasilkan pun tidak akan terasa atau proses pendinginnya akan lebih lama. 

Hal ini membuat AC akan bekerja lebih ekstra karena anda menggunakan AC tersebut dalam jangka waku yang lebih lama dari biasanya. Alhasil, tagihan listrik pun akan semakin besar.

Pipa AC tak terasa dingin

Silahkan cek pipa pada AC yang anda miliki di rumah, apakah terasa dingin atau tidak ? Jika pipa AC tidak terasa dingin, mungkin ini disebabkan oleh freon AC yang sudah habis. Silahkan cek secara berkala freon AC anda.

Terjadi kebocoran air pada AC

Nah freon AC yang habis juga bisa menyebabkan kebocoran air pada AC. Segera lakukan pengecekan pada AC anda apakah memang freon AC nya sudah habis ataukah tidak ? Jika dibiarkan begitu saja ini bisa berbahaya bagi anda dan AC bisa mengalami kerusakan juga.

AC mengeluarkan suara yang bising

Jika AC yang anda miliki di rumah mengeluarkan suara yang cukup bising, itu tandanya freon AC perlu diisi ulang atau diganti dengan yang baru. Jangan dibiarkan berlarut - larut karena bisa membuat AC mengalami kerusakan. 

Merasa gejala keracunan

Sudah saya jelaskan sebelumnya, bahwa freon AC memang tidak baik untuk kesehatan tubuh anda. Jika anda merasakan gejala keracunan seperti iritasi, kesulitan bernafas dan lain sebagainya itu menjadi tanda bahwa freon pada AC sudah habis. Anda harus selalu mengecek freon AC secara berkala agar tidak mengalami hal yang serupa ya.

Cara Cek Jenis Freon AC

Sebenarnya mudah saja untuk mengetahui jenis freon AC yang anda gunakan. Ada 3 cara yang bisa anda lakukan untuk mengetahu jenis freon AC. Lalu bagaimana cara mengetahuinya ? Cek dibawah ini.

Cek melalui dus AC

Cara cek jenis freon AC bisa anda lakukan dengan melihat dus AC tersebut. Nanti akan terlihat jenis freon AC, contoh R22, R33 dan lain sebagainya.

Cek pada nameplate AC

Selanjutnya, anda bisa mengecek pada nameplate AC. Biasanya nameplate ditempel pada unit indoor maupun outdoor. Silahkan cek jenis freon tersebut pada nameplate, nanti ada tulisan untuk jenis freon AC.

Cek di situs resmi produsen AC

Terakhir, anda bisa menemukan jenis freon AC nya melalui situs produsen resmi. Cukup masukkan merk AC yang anda miliki, nanti akan muncul informasi mengenai AC tersebut secara rinci.

FAQ

Ada beberapa pertanyaan yang sering muncul mengenai freon AC. Mulai dari harga isi freon AC, kapan harus diganti, dan masih banyak lagi. Saya akan menjawab beberapa pertanyaan tersebut, silahkan cek di bawah ini.

Berapa harga isi freon AC ?

Tambah Freon R22 0,5 – 1 pk : Rp. 150.000/unit

Tambah Freon R22 1,5 – 2 pk : Rp. 200.000/unit

Isi Freon R22 0,5 – 1 pk : Rp. 250.000/unit

Isi Freon R22 1,5 – 2 pk : Rp. 350.000/unit

Tambah Freon R32/R410 0,5 – 1 pk : Rp. 200.000/unit

Tambah Freon R32/R410 1,5 – 2 pk : Rp. 250.000/unit

Isi Freon R32/R410 0,5 – 1 pk : Rp. 350.000/unit

Isi Freon R32/R410 1,5 – 2 pk : Rp. 450.000/unit

Berapa Lama Harus Ganti Freon AC?

Sebenarnya Freon AC tidak perlu diisi terus jika kondisi kondisi AC dan pemasangan AC nya dilakukan dengan benar. 

Beda halnya jika AC mengalami kebocoran atau anda sudah menggunakan dalam waktu yang cukup lama, selalu cek freon AC.

Kenapa freon AC rumah cepat habis?

Salah satu penyebab freon AC cepat habis karena terjadi kesalahan dalam pemasangan pipa AC nya. Silahkan cek pada bagian tersebut apakah mengalami kerusakan atau tidak.


Kesimpulan

Berikut adalah penjelasan mengenai Freon AC yang bisa anda ketahui. Setelah membaca artikel ini, diharapkan anda semakin paham mengenai freon AC. 

 Karena freon AC sendiri merupakan senyawa yang cukup berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan. 

Selalu berhati - hati ketika anda sedang berhadapan dengan freon AC, lakukan dengan benar dan sesuai prosedur yang berlaku. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url