Cara Membersihkan AC Portable yang Benar Agar Tetap Awet !

Cara membersihkan AC Portable memang terbilang susah - susah gampang. Bagi anda yang terbiasa membersihkan AC Split belum tentu bisa membersihkan AC Portable. Karena kedua alat ini memiliki desain yang cukup berbeda.

Jangan salah lho, saat ini AC Portable sudah banyak digunakan oleh orang - orang. Dari sisi kepraktiksan menjadi salah satu keunggulan AC Portable, anda bisa dengan mudah memindahkan AC portable dari satu tempat ke tempat lainnya tanpa kesusahan.

Agar kualitas AC Portable tetap terjaga, anda harus tetap menjaga kebersihan AC Portablenya. Jika dibiarkan begitu saja maka bisa menyebabkan kerusakan pada AC Portable anda. Beberapa kesalahan dalam menggunakan AC Portable ini mungkin bisa menjadi penyebabnya.

Apalagi jika alat tersebut sering anda gunakan setiap harinya, usahakan bersihkan minimal 1 bulan sekali agar debu dan kotoran yang menempel pada selang dan mesin tidak menumpuk.

Tenang, anda bisa mencobanya sendiri di rumah untuk membersihkan AC Portablenya. Dengan mengikuti langkah - langkah di bawah ini, anda bisa membersihkan AC Portable dengan mudah di rumah.

Cara Membersihkan AC Portable

Semua perangkat elektronik di rumah perlu anda jaga kebersihannya agar tetap awet dan berjalan dengan semestinya. 

Dalam kasus ini, AC Portable juga perlu perawatan agar tetap terjaga kualitasnya. Untuk itu, anda perlu mengetahui cara merawat AC Portable yang benar. Anda bisa mengaplikasikannya nanti setelah membaca artikei ini.

Sebelum membersihkan AC Portablenya, anda harus mencari tempat yang sekiranya bersih dari debu dan kotoran. 

Hal ini dilakukan agar debu tidak masuk ke motor kipas atas dan bawah, mengotori bantalan dan mengotori lilitan pada motor kipas yang bisa menyebabkan kegagalan listrik dan mekanik.

Selanjutnya, anda bisa membersihkan AC Portablenya dengan mengikuti langkah - langkah di bawah ini.

  • Pastikan AC Portable dalam keadaan mati atau off. Silahkan cabut kabel AC dari stop kontak maupun aliran listrik lain untuk memastikan bahwa tidak ada aliran listrik yang mengalir ke AC
  • Dalam pembersihkan AC Portablenya nanti, anda bisa menggunakan air atau cairan khusus pembersih AC
  • Gunakan lap dengan yang agak lembap namun tidak terlalu basah untuk membersihkan AC
  • Kemudian dilanjut dengan menggunakan lap kering untuk membersihkan bercak air yang tertinggal tadi
  • Jangan lupa untuk membersihkan filter AC Portablenya. Anda bisa membersihkan 1 minggu sekali jika penggunaannya cukup rutin. Karena dengan membersihkan bagian filternya, udara yang dikeluarkan pun akan tetap sehat dan segar
  • Cara membersihkan filternya cukup mengetuk ringan pada filter dengan tangan. Selain menggunakan tangan, anda juga bisa menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkannya
  • Namun jika AC Portable yang anda gunakan menggunakan filter HEPA, anda baiknya diganti daripada dibersihkan. Sebaiknya tetap ikuti petunjuk terkait pemeliharannya sesuai ketentuan produk tersebut
  • Jika filter AC Portablenya sudah terlanjur kotor, anda bisa membersihkannya dengan cara direndam menggunakan air hangat dengan suhu kurang dari 40 derajat
  • Setelah direndam, anda bisa membilas filternya dengan air mengalir hingga bersih
  • Tunggu hingga filter benar - benar kering, baru anda bisa memasangkannya kembali

Kesimpulan

Berikut adalah cara membersih AC Portable yang bisa anda ketahui. Anda bisa mengikuti langkah - langkah diatas ketika ingin membersihkan AC Portable. 

Namun bagi anda yang ragu untuk membersihkan AC Portable sendiri, sebaiknya pergi ke service center terdekat agar bisa ditangani oleh ahlinya. Tentu hasilnya pun akan lebih bersih dan aman jika anda ditangani oleh ahlinya. 

Jika anda memiliki keinginan untuk membeli AC Portable yang baru, sebaiknya ketahui beberapa tips memilih AC Portable yang tepat.

Semoga artikel mengenai cara merawat AC Portable ini bisa bermanfaat untuk anda. Nantikan artikel menarik lainnya seputar AC Portable hanya di infokuy.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url