Prosedur Penggunaan Layanan Laboratorium Pengujian Material

Laboratorium pengujian material merupakan salah satu jenis laboratorium yang memiliki fungsi yang sangat penting. 

Untuk melakukan pengujian di laboratorium ini, diperlukan kerja sama antara insinyur penguji dengan teknisi yang berkualifikasi untuk mendapatkan hasil yang akurat. 

Prosedur Penggunaan Layanan Laboratorium Pengujian Material

Beberapa upaya penelitian yang dilakukan antara lain adalah pengujian dampak kuasi-statis, siklik, dan juga kedinamisan material. 

Untuk melakukan pengujian diperlukan kecermatan dan ketelitian yang ekstra. Selain itu pengujian yang dilakukan harus sesuai dengan standar atau berpedoman pada prosedur pengujian material.

Tujuannya adalah agar pengujian dapat dilaksanakan dengan lebih cepat dan hemat biaya namun hasilnya tetap akurat. 

Prosedur Umum Menggunakan Layanan dari Laboratorium Pengujian Material

Jika Anda ingin menguji suatu material di laboratorium pengujian material, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan. 

Agar dapat dilayani oleh petugas, terdapat dua syarat yang wajib dipenuhi. Persyaratan pertama adalah mengajukan surat permohonan beserta bahan uji atau sampel. 

Syarat keduanya adalah mengisi formulir penerimaan pekerjaan dan penerimaan sampel sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. 

Sedangkan biaya yang harus dibayarkan untuk pengujian sangat beragam, mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 300.000 tergantung jenis pengujian. 

Untuk penyelesaian pengujian memerlukan waktu yang relatif singkat, mulai dari 4 sampai 15 hari kerja. Adapun prosedur menggunakan layanan laboratorium uji material adalah sebagai berikut:

  • Klien atau pemohon mengajukan surat permohonan dan bahan uji kemudian mengisi formulir penerimaan pekerjaan dan penerimaan sampel.
  • Klien atau pemohon membayarkan retribusi sesuai dengan total yang ditunjukkan oleh bendahara penerimaan. 
  • Klien atau pemohon menunggu hasil pengujian sesuai dengan waktu yang dijanjikan oleh petugas laboratorium.
  • Jika sudah selesai, klien atau pemohon akan mendapatkan pemberitahuan melalui telepon.
  • Klien atau pemohon datang ke laboratorium untuk mengambil laporan hasil pengujian. Untuk mengambil hasil ujinya, jangan lupa untuk membawa slip setoran retribusi yang didapatkan di awal kepada petugas. 

Jenis-jenis Pengujian Material yang Biasa Dilakukan Laboratorium

Menguji material sebelum digunakan sangat penting agar material tersebut tidak menimbulkan dampak-dampak negatif ketika digunakan untuk produksi. 

Tujuan dari pengujian material adalah untuk memberikan data atau informasi yang detail mengenai kualitas suatu material. 

Selain itu, pengujian material juga dapat membantu mengembangkan informasi yang terkini terkait material-material yang sudah diketahui karakteristiknya. 

Jika tidak dilakukan pengujian terhadap material yang akan digunakan maka kita tidak dapat mengetahui kelayakan dari penggunaan material tersebut. 

Jenis-jenis pengujian material yang biasa dilayani oleh laboratorium antara lain adalah:

1. Penelitian Material

Penelitian material berguna untuk mendapatkan pengukuran yang akurat terhadap sifat fundamental dan konstanta fisik dari material yang diuji. 

Dengan melakukan jenis pengujian ini Anda dapat menemukan sifat-sifat material baru dan mengembangkan standar yang berasal dari kualitas produk maupun prosedur pengajuan.

2. Pengujian Komersial

Dalam pengujian material dilakukan pemeriksaan tingkat penerimaan material berdasarkan spesifikasi pengadaan. Selain itu juga diadakan pengendalian terhadap proses produksi atau manufaktur. 

3. Pengujian Scientific

Jenis pengujian ini bertujuan untuk mengakumulasi informasi secara teratur dan reliabel mengenai sifat dasar dan kegunaan dari material. Untuk melakukan pengujian ini diperlukan kehati-hatian dan kesabaran yang tinggi.

Demikian penjelasan mengenai prosedur dan jenis-jenis pengujian yang biasa dilaksanakan di laboratorium pengujian material. 

Meskipun terdengar sederhana, tetapi pengujian tersebut sangat penting untuk dilakukan.


Kesimpulan

Jika Anda melewatkan hal ini, mungkin saja material yang digunakan akan rentan mengalami kerusakan atau bahkan membahayakan keselamatan manusia.

Manfaatkan keberadaan laboratorium uji material yang ada di sekitar Anda untuk memenuhi kebutuhan dalam pengujian karakteristik material yang akan digunakan. 

Jika Anda memerlukan jasa pengujian material, Anda dapat menghubungi PT Detech Profesional Indonesia.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url