Mengulik 4 Tips Maksimalkan Penerapan Software HRIS di Perusahaan

Sudah sejak beberapa tahun lalu, software HRIS Indonesia mulai dikenal di dalam negeri dan banyak digunakan. 

Bahkan saat ini, perangkat lunak untuk mengelola karyawan tersebut menjadi salah satu pendorong utama bagi perubahan di dalam suatu perusahaan. 

Untuk memaksimalkan penggunaannya agar lebih efektif dan efisien, ikuti beberapa tips berikut.

Tips Memaksimalkan Penggunaan Software HRIS

1. Dapatkan yang Dibutuhkan Perusahaan

Agar penggunaan software HRIS berjalan dengan maksimal, maka anda perlu memastikan terlebih dahulu bahwa perangkat lunak yang digunakan memang dapat memenuhi kebutuhan perusahaan.

Dalam hal ini, maka pertama tama anda perlu mengenali apa saja yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Bahkan akan lebih baik apabila software HRIS yang digunakan juga mampu memenuhi keinginan perusahaan, di samping menjawab kebutuhan yang ada. 

Dengan melihat kebutuhan sebelum mempertimbangkan berbagai solusi yang ada, maka perusahaan akan selalu berada pada posisi yang baik guna menemukan sistem yang tepat.

2. Berinvestasi pada Training HRIS

Software HRIS Indonesia merupakan sebuah alat agar pengelolaan karyawan di dalam perusahaan menjadi lebih baik. 

Ini adalah sebuah alat, jadi penting adanya SDM yang mumpuni untuk mengoperasikannya. Sehingga HRIS akan lebih efektif dan efisien dalam membantu pekerjaan HR apabila dioperasikan dengan tepat.

Maka dari itu, perusahaan bisa mempertimbangkan untuk berinvestasi pada training HRIS agar divisi HR mampu mengoperasikan perangkat lunak tersebut dengan tepat. 

Namun akan lebih baik jika anda menemukan software yang user friendly, sehingga tidak diperlukan pelatihan dengan biaya besar untuk mengoperasikannya.

3. Gunakan Solusi Platform

Apa yang dimaksud dengan solusi platform di sini ? Ini adalah platform terintegrasi yang menjadi solusi untuk berbagai kebutuhan perusahaan. 

Sebelumnya, perusahaan mungkin menggunakan satu program untuk menangani administrasi dan satu program lainnya untuk mengurus payroll dan seterusnya.

Namun dengan adanya HRIS yang hadir sebagai solusi platform terintegrasi, tentu akan sangat memudahkan bukan ? 

Dimana HR bisa menangani semua pekerjaan yang ada secara terintegrasi melalui satu program yang memiliki beberapa modul sekaligus. Pemindahan informasi antar modul pun dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

4. Ukur dan Tinjau Keberhasilan Sistem

Apabila perusahaan sudah menggunakan software HRIS Indonesia, maka bukan berarti anda tidak perlu mengawasi keefektifan penggunaannya. 

Di sini, perusahaan perlu melakukan pengawasan ROI (return of investment). Dimana penting untuk melakukan pengukuran implementasinya serta meninjau proses yang ada.

Dengan melakukan pengawasan tersebut, perusahaan pun bisa menilai apakah sistem HRIS yang diterapkan memang sudah benar benar memenuhi kebutuhan atau tidak. 

Inilah mengapa di awal sempat disinggung bahwa hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengetahui kebutuhan perusahaan. Pasalnya hal tersebut juga akan sangat berguna dalam proses evaluasi.

Spisy : Software HRIS Terbaik di Indonesia

Bagi anda yang belum menerapkan HRIS di dalam perusahaan, software SPISy dari PT. Sakura System Solutions bisa menjadi pilihan terbaik. 

Dengan fitur lengkap dan sistemnya yang didesain user friendly, software ini mampu memenuhi berbagai kebutuhan perusahaan yang ada tanpa anda harus repot repot melakukan training HRIS terlebih dahulu.


Kesimpulan

Itulah informasi mengenai tips penerapan software HRIS untuk perusahaan. Guna mendapatkan hasil terbaik dan hasil yang makimal, kami rekomendasikan untuk menggunakan Spisy sebagai software HRIS Anda. 

Saatnya maksimalkan perusahaan Anda dengan system yang efektif dan efisien sekarang juga. Semoga informasi ini dapat bermanfaat, sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url