2 TUTORIAL Edit Foto Soft Pastel Lightroom | Free Preset

Hallo sobat infokuy, selamat datang kembali di tutorial lightroom. Pada artikel sebelumnya, infokuy telah membagikan tutorial edit foto dark and aqua tone yang membuat suasana foto jadi terlihat lebih lembut untuk dilihat. 

Pada kesempatan kali ini, infokuy akan membagikan tutorial edit foto soft pastel lightroom. Rumus lightroom soft pastel bisa kalian gunakan untuk berbagai jenis foto baik suasana kota, foto selfie, foto sedang dipantai dan berbagai spot foto lainnya.

Efek yang dihasilkan jika menggunakan preset soft pastel, foto yang kamu miliki akan terlihat lebih lembut. Meskipun foto sedikit agak terang, namun masih nyaman untuk dilihat.

Foto yang digunakan dalam pembuatan rumus soft pastel harus memiliki pencahayaan yang cukup. Dalam preset soft pastel warna utamanya adalah warna pink muda. Dapetin beragam rumus lightroom kekinian lainnya dari infokuy.

Dengan pencahayaan yang cukup dan bahan foto yang memadai untuk digabungkan dengan preset soft pastel akan menghasilkan sebuah efek yang keren,  lihat perbedaannya dibawah ini.

TUTORIAL Edit Foto Soft Pastel Lightroom

Berbeda dengan preset grey tone foto terlihat hangat namun sedikit agak gelap dibandingkan dengan soft pastel yang lebih terang.

Dari komponen warna utamanya pun sedikit berbeda, jika peach pastel identik dengan perpaduan antara warna orange dan merah muda kalau preset soft pastel identik dengan warna pink muda. 

Preset soft pastel memang sering digunakan oleh kalangan selebgram karena efek yang dihasilkan sangat keren dan enak untuk dipandang. Nih saya bagiin preset lightroom premium yang bisa kamu dapatkan secara gratis, download sekarang !

Bagi yang hobi traveling atau berswafoto di berbagai tempat pastinya memiliki banyak stok foto yang belum diedit. Daripada pusing mikirin efeknya lebih baik coba preset soft pastel yang akan saya berikan di bawah nanti. 

Bermodalkan aplikasi lightroom versi gratis sudah cukup untuk membuat berbagai preset keren dan kekinian, kalian bisa melihat beberapa hasil preset lainnya yang infokuy bagikan di blog ini. 

Namun jika kalian ingin mendapatkan fitur tambahan dari aplikasi lightroom, kalian dapat  mengupgrade nya menjadi versi premium.

Pastikan kamu mengikuti tutorial edit foto soft pastel ini sampai akhir, karena saya akan membagikan preset soft pastel secara gratis untuk kalian.


Tutorial Edit Foto Soft Pastel Lightroom

Sebelumnya pastikan foto yang kalian gunakan memiliki warna bawaan foto seperti pada contoh agar hasilnya bisa sesuai atau lebih dari contoh. 

Namun jangan khawatir jika foto yang digunakan tidak sesuai, kalian hanya perlu mengimprovisasi sedikit demi sedikit.

Tutorial lightrooml ini dituju untuk penggunakan lightroom mobile, namun bagi pengguna pc pun bisa mengikuti tutorial ini sebagai referensi dalam pembuatan preset soft pastel.

Rumus Soft Pastel Lightroom

Pertama masuk ke dalam aplikasi lightroomnya, pilih foto yang memiliki resolusi tinggi agar hasilnya lebih bagus lagi.

Masuk kedalam menu LIGHT, kalian bisa mengikuti seperti pada gambar.

LIGHT & CURVE - Soft Pastel Lightroom

Exposure : -0.25EV

Contrast : -81

Highlights : 50

Shadows : -14

Whites : -100

Blacks : 26

Masuk kedalam menu COLOR, kalian bisa mengikuti seperti pada gambar. Lanjut kebagian menu MIX.

COLOR & MIX - Soft Pastel Lightroom
MIX - Soft Pastel Lightroom

Temp : 14

Tint : -5

Vibrance : 31

Saturation :  10

Masuk kedalam menu EFFECT, kalian bisa mengikuti seperti pada gambar. Terakhir masuk kedalam menu Split Tone, setting pada bagian tersebut seperti pada gambar.

EFFECT & Split Tone - Soft Pastel Lightroom

Texture : 5

Clarity : -5

Dehaze : -4

Vignatte : 0

Penjelasan :

Rumus lightroom soft pastel bisa dibuat sedikit agak gelap atau terang, pada pembuatan preset soft pastel kali ini foto dibuat sedikit gelap dengan menurunkan exposure sampai -0,25EV. 

Usahakan jangan terlalu gelap karena dalam preset soft pastel tidak membutuhkan efek suasana yang gelap. Preset soft pastel dibuat agar foto terlihat lebih hidup, dan berwarna. Pelajari tools aplikasi lightroom mobilenya terlebih dahulu, baca artikelnya disini.

Rumus Lightroom Soft Pastel V2

Rumus lightroom soft pastel v2 efek yang dihasilkan lebih cerah namun lembut ketika dilihat. Pembuatan rumus lightroom soft pastel v2 lebih mudah dibandingkan rumus soft pastel sebelumnya. Kamu bisa mendapatkan rumus lightroomnya dibawah ini.

Light

Exposure :  0.00EV

Contrast : -29

Highlights : 57

Shadows : 26

Whites: -30

Blacks : 55

Color

Temp : 4

Tint : 4


Vibrance : 25

Saturation : -4


Mix

Color Hue Saturation Luminance
Red 0 0 0
Orange 2 15 30
Yellow -60 10 25
Green 0 -100 0
Aqua 30 45 10
Blue 20 -100 0
Purple 0 0 0
Magenta 0 0 0

Effects

Texture : 50

Clarity : -32

Dehaze : 10

Vignette : 10

Midpoint : 17

Feather : 91

Roundness : -76

Split Tone

H S
Highlights 325 6
Shadows 0 0

Penjelasan

Pembuatan rumus lightroom soft pastel v2 lebih mudah karena tidak menggunakan fitur kurva. Namun efek yang dihasilkan oleh preset soft pastel v2 menurut saya sama bagusnya dengan rumus lightroom soft pastel sebelumnya. Untuk menambah koleksi preset lightroom milik kamu, segera ikuti tutorial lightroomnya.

Sebelum tutorial edit foto soft pastel lightroom ini berakhir, saya ingin menekankan terlebih dahulu bahwa tutorial ini bisa menjadi referensi kalian dalam pembuatan preset soft pastel atau kalian bisa mengikuti semua settigannya. 

Untuk hasilnya itu tergantung bahan foto yang kalian gunakan. Jika hasilnya kurang maksimal, kalian bisa menyesuaikan settingannya sedikit demi sedikit.

Download Preset Soft Pastel | Free Preset Soft Pastel

Jasa Edit Foto Lightroom Murah


Penutup

Itulah ulasan mengenai tutorial edit foto soft pastel lightroom yang bisa kalian ikuti. Terimakasih telah berkunjung, nantikan artikel menarik lainnya tentang Lightroom. Jika kalian ingin mendapatkan preset lightroom yang keren lainnya bisa kunjungi infokuy.net

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url