2 TUTORIAL Edit Foto Dark and Aqua Tone Lightroom

Yo sobat lightroom, selamat datang di tutorial lightroom. Pada artikel sebelumnya infokuy sudah membagikan tutorial edit soft pastel yang bisa kalian ikuti dengan mudah. Pada tutorial lightroom kali ini infokuy akan membagikan tutorial edit foto dark and aqua tone lightroom.

Tutorial Edit Foto Dark and Aqua Tone Lightroom

Preset dark and aqua tone mirip dengan preset aqua and brown tone, namun hanya ada sedikit perbedaan  di pencahayaan. Jika preset aqua and brown membutuhkan pencahayaan yang tinggi sedangkan preset dark and aqua membutuhkan pencahayaan yang lebih gelap.

Efek yang dihasilkan apabila menggunakan preset dark and aqua tone membuat foto semakin keren karena efek dari aqua dan sedikit gelap membuat fokus terhadap objek pada foto.

Ketika menggunakan preset dark and aqua tone, foto yang kalian edit sebelumnya akan terlihat lebih santai, halus, dan enak untuk dipandang. 

Penggunan rumus lightroom dark and aqua tone cocok dengan foto dengan background sedang di pantai, disebuah tempat dengan hamparan langit yang terlihat luas. 

Karena kunci utama dari preset dark and aqua ini fokus membuat warna background menjadi aqua dan suasana nya terlihat agak gelap. 

Selain preset dark and aqua, saya juga sudah membagikan preset lightroom premium yang bisa kamu dapatkan secara gratis.

Jika kalian hobi traveling atau hunting foto, biasanya memiliki banyak stok foto yang harus  kalian edit. Daripada pusing mikirin harus pake efek apa yang keren, kalian bisa coba gunain rumus dark and aqua ini. 

Selain itu kalian juga bisa mendapatkan berbagai rumus lightroom kekinian yang sudah infokuy buat untuk kalian.

Jika kalian sering mengikuti tutorial lightroom di infokuy, tak henti – hentinya untuk memberitahu kalian bahwa saya menggunakan aplikasi lightroom terbaru yang gratis. Jika ingin mendapatkan pengalaman yang lebih baik, kalian bisa menggunakan versi premiumnya, berbayar ya.

Pastikan kamu mengikuti pembuatan rumus dark and aqua tone ini sampai akhir. Karena saya akan membagikan preset dark and aqua tone yang bisa kamu dapatkan secara gratis.


Tutorial Edit Foto Dark and Aqua di Lightroom

Sebelum memasuki pembuatan rumus lightroom dark and aqua, saya tekankan bahwa setiap foto memiliki warna bawaan yang berbeda – beda. Hal ini yang akan menjadi pengaruh keberhasil preset saat digunakan nantinya.

Apabila hasilnya tidak sesuai dengan tutorial ini, mungkin karena perbedaan warna bawaan foto tadi. Untuk itu, kalian hanya perlu menyesuaikan settingan sedikit demi sedikit agar hasilnya bisa maksimal.

Tutorial edit foto dark and aqua ini bisa kalian diikuti untuk penggunana lightroom mobile maupun pc. Namun disini saya menggunakan mobile karena lebih mudah dan praktis untuk digunakan. Fiturnya pun sudah cukup untuk membuat  preset yang keren dan kekinian.

Rumus Lightroom Dark and Aqua Tone

Pertama masuk ke dalam aplikasi lightroomnya, pilih foto yang memiliki resolusi tinggi agar hasilnya lebih bagus lagi.

Masuk kedalam menu LIGHT, kalian bisa mengikuti seperti pada gambar.

LIGHT & CURVE -  Dark and Aqua Tone Lightroom

Exposure : -0.35EV

Contrast : -25

Highlights : -20

Shadows : 35

Whites : 39

Blacks : -46

Masuk kedalam menu COLOR, kalian bisa mengikuti seperti pada gambar. Lanjut ke menu MIX, kalian bisa mengikuti seperti pada gambar.

COLOR & MIX  -  Dark and Aqua Tone Lightroom
MIX  -  Dark and Aqua Tone Lightroom

Temp : -6

Tint : 0

Vibrance : 10

Saturation :  4

Masuk kedalam menu EFFECT, kalian bisa mengikuti seperti pada gambar.

EFFECT -  Dark and Aqua Tone Lightroom

Texture : -12

Clarity : 7

Dehaze : 15

Vignatte : -15

Midpoint : 50

Feather : 50

Penjelasan :

Foto yang saya gunakan backgroudnya agak terang, jadi saya turunkan exposurenya menjadi -0.35EV agar terlihat lebih gelap. Jika foto kalian sudah gelap, lebih baik exposurenya tidak usah dirubah. 

Nah pada preset dark and aqua tone, fokus membuat suasana foto terlihat gelap dan warna background dirubah menjadi warna aqua. Namun jangan menghilangkan fokus utama terhadap objek pada foto.

Rumus Dark and Aqua Tone V2

Rumus lightroom dark and aqua tone v2 ini efek yang dihasilkan lebih gelap dbandingkan rumus dark and aqua tone sebelumnya. Bagi kamu yang ingin terlihat coo dan kalem bisa menggunakan rumus lightroom dark and aqua v2.

Light

Exposure :  0.00EV

Contrast : -35

Highlights : 40

Shadows : -35

Whites: 40

Blacks : -45

Color

Temp : -6

Tint : 0

Vibrance : 30

Saturation : 5

Mix

Color Hue Saturation Luminance
Red 0 10 0
Orange 0 10 15
Yellow 0 -100 0
Green 0 -100 0
Aqua -45 11 0
Blue -35 -20 0
Purple 0 0 0
Magenta 0 0 0

Effects

Texture : 35

Clarity : -4

Dehaze : 15

Vignette : -13

Midpoint : 15

Feather : 100

Roundness : -90

Split Tone

H S
Highlights 179 7
Shadows 161 3

Penjelasan

Penggunaan warna gelap dalam rumus lightroom ini lebih pekat dan tidak merusak efek fotonya. Efek lightroom yang saya buat pastinya menarik untuk kamu gunakan, dapetin juga beragam rumus lightroom keren di infokuy.

Bagi kamu yang ingin mempelajari aplikasi lightroom mobile lebih dalam, ikuti tutorial lightroom pemula yang infokuy buat agar pemahaman kamu mengenai aplikasi ini semakin bertambah.

Sebelum tutotial  dark and aqua tone lightroom ini berakhir, saya  beritahu bahwa tutorial ini hanya gambaran untuk kalian dalam membuat preset lightroom dark and aqua tone. Namun kalian bisa mencoba untuk mengikuti semua settingan yang telah diberikan.

Apabila hasilnya tidak sesuai seperti pada contoh, cek kembali warna bawaan fotonya apa sama seperti pada contoh atau tidak. Jika tidak, kalian hanya perlu menyesuaikan settingannya lagi agar hasilnya bisa mencapai keinginan kalian.

Download Preset Dark and Aqua Tone | Free Preset Dark and Aqua

Jasa Edit Foto Lightroom Murah

Penutup

Itulah ulasan mengenai tutorial edit foto dark and aqua tone lightroom yang bisa kalian ikuti. Terimakasih telah berkunjung, nantikan artikel menarik lainnya tentang Lightroom. Jika kalian ingin mendapatkan preset lightroom yang keren lainnya bisa kunjungi infokuy.net.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url