Rumus Lightroom Urbex , Hype Banget !

Saturday, May 9, 2020 : May 09, 2020

0 komentar

Konten [Tampil]
Hallo sobat, selamat datang kembali di tutorial lightroom infokuy. Pada artikel sebelumnya saya sudah berhasil membuat preset ala selebgram @nabilazirus yang memiliki warna yang cukup menarik untuk dilihat. Pada artikel kali ini, saya akan membagikan rumus lightroom urbex kembali.

Rumus lightroom urbex biasanya terlihat hype dan cool saat dilihat. Perpaduan warna hitam sebagai komponen utamanya dan bisa digabung dengan warna biru, orange, cokelat dan warna lainnya.  Memang preset urbex sangat disukai oleh kaum muda yang suka berswafoto ditempat – tempat yang kekinian.

Pembuatan preset urbex harus terlihat agak gelap namun tidak membuat objek utamanya mati. Kalian bisa memanfaatkan settingan vignette nanti untuk mendapatkan efek gelap diarea objek utama. Biasanya preset urbex harus terlihat jelas dan fokus terhadap objek utama.

Penggunaan preset urbex bisa kalian aplikasikan untuk berbagai jenis foto, namun jika ingin mendapatkan hasil yang lebih baik saya sarankan gunakan preset ini untuk foto dengan background jalanan, rumah tua, dan berbagai spot foto yang mendukung untuk melakukan foto urbex.

Jika kalian memiliki bahan foto yang mempunyai tingkat kecerahaan yang cukup tinggi, jangan khawatir preset urbex bisa menjadi solusinya. Lihat perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan preset urbex dibawah ini.

Rumus Lightroom Urbex
Berbeda dengan preset ala selebgram @nabilazirus yang memiliki warna yang cerah dan hangat saat dilihat. Preset urbex harus terlihat hype dan cool, karena tujuan utama dibuat preset urbex untuk mencapai hal tersebut.

Konsep pembuatan preset urbex, objek utama dibuat lebih menojol dibandingkan dengan background fotonya. Suasan foto dibuat gelap agar orang yang melihat foto tersebut akan langsung tertuju kepada objek utamanya.

Jika kalian suka berswafoto dan belum sempat mengeditnya, saya sarankan gunakan preset urbex ini untuk mengatasi hal tersebut. Pembuatan presetnya pun cuku[ mudah kok, saya menjelaskan secara rinci dibawah ini.

Aplikasi lightroom yang saya gunakan pada tutorial lightroom kali ini menggunakan versi gratisnya. Kalian bisa mendapatkannya di playstore, appstore, internet dan tempat menguduh aplikasi lainnya.

Rumus Lightroom Urbex 

Sebelum masuk kedalam tutorial lightroomnya, saya  tekankan terlebih dahulu bahwa bahan foto yang saya gunakan memiliki tingkat kecerahaan yang tinggi.  Jika bahan foto milik kalian memiliki tingkat kecerahaan yang rendah, saya sarankan naikkan exposurenya sedikit demi sedikit.  Karena hal ini untuk menyesuaikan dengan settingan lainnya agar pas nanti.

Jika efek yang dihasilkan kurang pas, cek kembali settingannya. Atur perlahan – lahan sampai efek yang dihasilkan sesuai keinginan kalian.

Pertama masuk ke dalam aplikasi lightroomnya, pilih foto yang memiliki resolusi tinggi agar hasilnya lebih bagus lagi.

Masuk kedalam menu LIGHT, kalian bisa mengikuti seperti pada gambar. Lanjut kebagian menu CURVE.

LIGHT & CURVE - Rumus Lightroom Urbex
Exposure : 0.00EV

Contrast : 40

Highlights : -45

Shadows : 65

Whites : -40

Blacks : 40

Masuk kedalam menu COLOR, kalian bisa mengikuti seperti pada gambar. Kemudian, masuk kedalam menu MIX.
COLOR & MIX - Rumus Lightroom Urbex
MIX - Rumus Lightroom Urbex
MIX Lagi - Rumus Lightroom Urbex
Temp : -4

Tint : 0

Vibrance : 40

Saturation :  -30


Masuk kedalam menu EFFECT, kalian bisa mengikuti seperti pada gambar. Lanjut ke bagian menu Split Tone.

EFFECT & Split Tone - Rumus Lightroom Urbex
Texture : 5

Clarity : 44

Dehaze : 15

Vignatte : -16

Midpoint : 20

Feather : 100

Roundness  : -60

Highlight : 30

Penjelasan :

Perlu diperhatikan bahwa preset urbex harus terlihat hype dan cool saat dilihat nanti. Penggunaan warna hitam dalam foto menjadi penentu keberhasilan pembuatan preset urbex ini.

Foto Original

Sebelum diedit menggunakan preset urbex

Sesudah di beri efek preset urbex

Sesudah diedit menggunakan preset urbex
@pkvicx
Sebelum tutorial lightroom ini berakhir, saya tekankan terlebih dahulu bahwa setiap foto yang kalian gunakan untuk bahan pengeditan pastinya memiliki warna bawaan yang berbeda – beda. Jika efek yang dihasilkan tidak sesuai, kalian harus menyesuaikan bagian – bagian yang kurang pas nya saja. Tidak usah semua, cari saja yang menurut kalian kurang pas.

Jasa Edit Foto Lightroom Murah

Penutup

Itulah ulasan mengenai  rumus lightroom urbex yang bisa kalian ikuti. Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Jika kalian ingin mendapatkan preset lightroom yang keren lainnya bisa kunjungi infokuy.net.
Share this Article
< Previous Article
Next Article >

0 komentar :

Copyright © 2020 Infokuy - All Rights Reserved