Keren Abis! Begini 5 Cara Edit Foto Hitam Putih di Android

Foto dengan efek hitam putih memang menarik untuk digunakan, nah kali ini infokuy akan menjelaskan cara edit foto hitam putih di android

Saya sendiri cukup menyukai efek hitam putih dalam foto karena terlihat lebih kalem dan tidak terlalu mencolok saat dilihat. 

Apalagi bagi kamu yang sering eksis media sosial seperti instagram, tentu harus tampil yang terbaik agar orang - orang menyukai postingan kamu. 

Berbicara mengenai Instagram pasti tidak akan lepas dari yang nama efek filter. 

Nah bagi kamu yang sedang mencari efek filter kekinian, bisa coba preset lightroom yang infokuy buat.

Cara edit foto hitam putih bisa kamu lakukan dengan mudah di android. 

Untuk pengguna iOS jangan berkecil hati, karena dari beberapa list dibawah bisa kamu gunakan untuk membuat efek hitam putih nantinya.

Selain menggunakan aplikasi, kamu juga bisa membuat efek hitam putih tanpa aplikasi. 

Cukup bermodalkan browser bawaan hp, kamu bisa melakukan hal tersebut. 

Penasaran seperti apa cara edit foto hitam putih di android ? Langsung aja kuy, ikuti tutorial dibawah ini.

Baca Juga : Cara Menggunakan Capcut di PC Tanpa Aplikasi Tambahan Terbaru

5 Cara Edit Foto Hitam Putih Di Android

aplikasi edit foto hitam putih ini bisa kamu temukan secara gratis di playstore. 

Bagi pengguna appstore mungkin bisa menggunakan beberapa aplikasi seperti Lightroom dan VSCO untuk mendapatkan efek hitam putihnya.

Oh iya jika kamu malas menginstall aplikasi, bisa mengikuti cara lain yang akan saya jelaskan nanti di nomor 5. 

Berikut penjelaskan lebih detail mengenai cara edit foto hitam putih di android.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Vacuum Cleaner Sendiri di Rumah

1. Lightroom 

Aplikasi untuk mengedit foto hitam putih di android yang bisa kamu adalah Lightroom

Bagi yang suka mengedit foto mungkin tudak asing dengan aplikasi yang satu ini. 

Selain digunakan untuk mengedit foto hitam putih, Lightroom bisa digunakan untuk membuat efek foto lain yang keren dan kekinian. 

Nah kali ini, saya akan memberikan cara membuat efek hitam putih menggunakan lightroom, tentu bisa kamu ikuti dengan mudah.

Cara Edit Foto Hitam Putih di Lightroom :

1. Silahkan buka playstore terlebih dahulu, ketikkan kata kuci lightroom di pencariannya atau klik disini agar bisa langsung diarahkan ke aplikasinya. 

Install aplikasinya, jika sudah silahkan buka aplikasi lightroom.

2. Pilih foto yang ingin kamu edit, lihat seperti pada gambar diatas untuk memasukkan fotonya. Jika sudah masuk ke halaman pengeditan foto, pilih menu Color seperti pada gambar sebelah kanan.

3. Setelah masuk ke menu Color, nanti akan nampak menu B & W, klik pada bagian tersebut. Nah kamu sudah berhasil mendapatkan efek B & W. 

Namun efek yang dihasilkan masih kurang maksimal menurut saya, jadi settingan lainnya seperti Light, Effect dan Detailnya harus diatur kembali agar    mendapatkan efek yang maksimal.

4. Untuk menyimpan hasil editan ke galeri, dipojok kanan atas terdapat menu untuk menyimpan hasilnya. Lihat pada gambar sebelah kanan, nanti akan muncul tulisan Simpan ke Device.

5. Selamat, kamu telah berhasil membuat efek hitam putih di android menggunakan Lightroom. Mudah sekali bukan ?

Baca Juga : Begini Cara Membersihkan Vacuum Cleaner yang Benar

2. VSCO

Selanjutnya, aplikasi edit foto hitam putih yang bisa kamu gunakan adalah VSCO

Sebenarnya VSCO bisa digunakan lebih dari ini, banyak sekali efek yang diberikan oleh VSCO. 

Namun salah satu efek yang bisa kamu dapatkan adalah efek hitam putih. 

Penggunaan aplikasinya pun sangat mudah, langsung aja kuy ikuti tutorialnya dibawah ini.

Cara Edit Foto Hitam Putih di Android Menggunakan VSCO :

1. Masuk ke aplikasi playstore, cari aplikasi VSCO atau bisa klik disini agar bisa langusng diarahkan ke aplikasinya. Download aplikasi VSCO terlebih dahulu. Jika sudah didownload, silahkan buka  VSCO nya.

2. Pilih menu Studio, kemudian tekan tombol + untuk menambahkan bahan foto ke dalam pengeditan. Jika sudah ditambahkan, klik foto yang ingin kamu edit dan tekan tombol seperti pada gambar sebelah kanan.

3. Pilih menu seperti pada gambar sebelah kiri, kemudian pilih All Preset. Nanti akan mucnul berbagai efek yang bisa kamu coba. 

Karena ini tutorial membuat efek hitam putih, jadi kamu bisa pilih efek 01 atau efek hitam lainnya yang sudah disediakan .

4. Jika kamu ingin menyimpan hasinya ke dalam galeri, tekan tombol Next. Nanti akan muncul menu Simpan ke Galeri.

Baca Juga : Cara Install dan Download VidMate di HP Android Terbaru

3.Snapseed

Nah ada lagi aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan efek hitam putih. 

Snapseed bisa kamu dapatkan secara gratis di playstore. Selain digunakan untuk mendapatkan efek hitam putih, 

Snapseed bisa digunakan untuk membuat foto kamu semakin keren karena banyak sekali fitur yang diberikan dalam aplikasi ini. 

Namun kali ini, saya akan fokus menjelaskan bagaimana cara edit foto hitam putih menggunakan Snapseed.

Cara Edit Foto Hitam Putih di Snapseed :

1.  Silahkan install terlebih dahulu aplikasi Snapseed. Jika sudah di download, buka aplikasi Snapseednya. Dibawah ini merupakan tampiln awal dari aplikasinya.

2. Klik tombol + untuk memasukkan foto yang ingin kamu edit. Kemudian pilih menu TOOLS, scroll kebawah sampai menemukan menu Black & White.

3. Nanti ada beberapa pilihan efek B & W nya, disini saya menggunakan efek film dan mengatur Brightness dan settigan lainnya agar sesuai dengan keadaan foto. Kamu bisa mengimprovisasi sesuai keinginan.

Baca Juga : Bagaimana Cara Menghemat Listrik Token?

4. PicsArt

Selain ketiga aplikasi diatas, PicsArt bisa menjadi pilihan lain untuk kamu gunakan. 

Penggunaan aplikasi ini cukup mudah, bagi kamu yang senang megedit foto dengan berbagai efek di dalamnya, bisa gunakan aplikasi PicsArt.   Langsung aja kuy, ikuti tutorialnya dibawah ini.

Cara Edit Foto Hitam Putih di PicsArt :

1. Install terlebih dahulu aplikasi PicsArt, kamu bisa mengetikkan kata kunci picsart di playstore atau bisa klik disini agar langsung diarahkan ke aplikasinya. Berikut tampilan awal dari aplikasi PicsArt.

2. Pilih icon + untuk memasukkan bahan fotonya. Jika sudah, pilih foto yang ingin kamu edit. Pilih menu Effects, natni akan tampil berbagai efek foto yang bisa kamu coba.

3. Scroll sampai kamu menemukan efek hitam putihnya, jika sudah yakin ingin menggunakan efek tersebut, tekan tombol ceklis dikanan atas. Untuk menyimpan hasilnya, klik tanda panah disamping kanan atas. Kemudian tekan menu simpan ke galeri.

Baca Juga : 10 Cara Download MP3 dari Youtube di HP Android Tanpa Aplikasi

5. Lunatic

Terakhir, cara edit foto hitam putih online bisa pakai website Lunatic

Yang perlu disiapkan adalah browser dan internet saja untuk mengakses websitenya.

Ini juga bisa menjadi cara edit foto hitam putih untuk ijazah di hp secara online. Penggunaannya sangat mudah kok, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara Edit Foto Hitam Putih Online di Android :

1. Siapkan bahan foto yang ingin kamu edit. Jika sudah disiapkan , kunjungi website Lunatic. Berikut tampilan awal dari website ini.

2. Silahkan klik tombol Choose File untuk memasukkan bahan foto yang ingin kamu edit. Tunggu beberapa saat, lalu tekan tombol Upload. Secara otomatis foto akan diberi hitam putih.

Baca Juga : 2+ Cara Agar Youtube Tetap Berjalan Saat Buka Aplikasi Lain

Penutup

Dalam kesimpulannya, mengedit foto hitam putih di Android merupakan hal yang cukup mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja dengan menggunakan aplikasi editing foto yang tepat. 

Dalam mengedit foto hitam putih, selain menyesuaikan kontras dan exposure, kita juga dapat menambahkan efek seperti grain atau noise untuk membuat foto terlihat lebih artistik. 

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua foto cocok untuk diedit menjadi hitam putih.

Untuk itu, kita perlu mengikuti tutorial ini sampai akhir untuk memastikan kita dapat mengedit foto hitam putih di Android dengan hasil yang bagus dan terlihat lebih artistik. 

Dalam tutorial ini, kita akan diberikan langkah-langkah yang jelas dan mudah untuk mengedit foto hitam putih di Android menggunakan aplikasi editing foto yang tepat. 

Dengan mengikuti tutorial ini sampai akhir, kita dapat dengan mudah mengedit foto hitam putih di Android dengan hasil yang memuaskan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url