Cara Edit Foto di Lightroom, Hasilnya Keren !

Saat ini teknologi terus berkembang, yang tadinya mengedit foto harus menggunakan pc, sekarang kamu bisa melakukannya di hp. Cara edit foto ini bisa kamu lakukan menggunakan aplikasi bernama lightroom. Cara edit foto di lightroom bisa kamu ikuti di infokuy, jadi pastikan kamu membaca artikel ini sampai selesai.

Cara Edit Foto di Lightroom

Munculnya media sosial seperti Instagram dan facebook menjadi tempat untuk membagikan foto kesehariannya. Meski begitu, tidak serta merta orang – orang yang sudah terbiasa bermain sosial media akan memposting foto yang mereka miliki. Mereka akan melakukan tahap pengeditan agar foto terlihat menarik nantinya.

Dengan adanya aplikasi lightroom, kamu bisa melakukan hal tersebut.  Jangan khawatir, aplikasi lightroom ini bisa kamu dapatkan secara gratis di playstore dan appstore. Oh iya jika malas mengedit foto, kamu bisa menggunakan jasa edit foto lightroom murah yang infoku sediakan.

Cara edit foto di lightroom sangat mudah untuk diikuti, namun sebelum masuk ke tutorial pembuatan preset lightroomnya kamu harus mengenal tools yang ada dalam aplikasi lightroom.  Lalu apa aja sih tools yang ada pada aplikasi lightroom mobile ?


Mengenal Tools Pada Lightroom Mobile

Bagi kamu yang pertama kali menggunakan aplikasi lightroom mobile, tentu harus mengetahui tools  yang ada pada aplikasinya. 

Saya tidak akan menjelaskan semua tools yang ada pada lightroom mobile, hanya beberapa tool yang sering digunakan saja seperti Crop, Light, Color, Effects dan Detail. Berikut penjelasan lebih detail dari kelimat tools ini.

1. Crop

Crop digunakan untuk memotong gambar atau mengatur ukuran gambar sesuai keinginan kita. Di dalam tool ini nanti akan muncul beberapa tool diantara :

  • Original : digunakan untuk mengatur ukuran foto, terdapat beberapa pilihan ukuran foto yang bisa kamu gunakan atau bisa custom sendiri ukuran fotonya.
  • Locked : ketika kita menggunakan fitur locked, saat merubah ukuran foto nanti akan menyesuaikan sendiri kanan, kiri, atas dan bawah fotonya.
  • Unlocked : berkebalikan dari fitur locked, ketika kamu mengatur ukuran foto bagian lainnya tidak akan berubah, hanya arah foto yang kamu pilih saja.
  • Straighten : digunakan untuk mengatur posisi foto agar ketengah.
  • Rotate Left :  memutar foto ke kiri.
  • Rotate Right : memutar foto ke kanan.
  • Flip H : Membalikan foto secara horizontal.
  •  Flip V : Membalikkan foto secara vertikal.

2. Light

Selanjutnya masuk ke menu Light, disni kamu bisa mengatur pencahayaan foto sesuai keinginan. Berikut penjelasan lebih detail mengenai menu Light :

  • Exposure digunakan untuk mengatur tingkat kecerahan foto. Semakin ke kiri (-) foto akan gelap dan semakin ke kanan (+) foto akan terlihat terang.
  • Contrast digunakan untuk mengatur ketajaman foto. Semakin ke kiri (-) foto semakin buram atau ada efek putih dan semaki ke kanan (+) foto semakin tajam.
  • Shadows digunakan untuk mengatur bayangankan foto. Semakin ke kiri (-) bayangan akan gelap dan semakin ke kanan (+) bayangan akan terllihat lebih terang.
  • Whites memiliki fitur yang sama dengan exposure, meski begitu efeknya tidak terlalu kuat layaknya exposure. 
  • Blacks memiliki fitur yang berkebalikan dengan whites. Jika kamu ingin mengatur efek foto agar terlihat lebih gelap, bisa menggunakan fitur Blacks.
  • Curve merupakan diagram untuk mengatur tingkat kecerahaan dan efek foto. Terdapat 4 warna yang bias kamu gunakan dalam mengatur kurva, diantaranya : Putih, Merah, Hijau dan Biru.

3. Color

Nah dalam menu ini, kamu bisa mengatur warna foto sesuai keinginan. Penjelasan detail mengenai menu color dibawah ini :
  • Temp  mengatur suasana foto apakah ingin terlihat hangat atau dingin. Jika kamu mengatur settingan temp ke kiri (-) foto akan terlihat lebih dingin. Jika kamu mengatur settingan temp ke kanan (+) foto akan terlihat lebih hangat.
  • Tint digunakan untuk mengatur warna hijau atau mangenta sesuai warna pada bar pengaturannya. Kamu bisa memadukkan temp dan tint untuk mendapatkan efek warna yang baru.
  • Vibrance digunakan untuk memerkuat warna foto, namun hanya bagian tertentu.
  • Saturation digunakan untuk mengatur seluruh warna foto, semakin ke kiri foto akan terlihat mati dan semakin ke kanan foto akan terlihat lebih berwarna atau hidup.

Di dalam MIX terdapat 3 menu yang bisa kamu gunakan diantara :
  • Hue digunakan untuk merubah warna primer yang masih 1 jenis dengan warna tersebut.
  • Saturation digunakan  untuk mengaatur warna foto apakah ingin terlihat hidup atau mati.
  • Luminance digunakan untuk mengatur pencahayaan  efeknya.

4. Effect

Dalam effect terdapat berbagai fitur keren yang bisa kamu coba, untuk penjelasan lebih detailnya bisa kamu baca dibawah ini :
  • Texture digunakan untuk mempertajam foto.
  • Clarity memiliki fungsi yang sama seperti texture yakni mempertajam foto
  • Dehaze meberikan efek fade pada foto.
  • Vignatte digunakan untuk member efek gelap / terang dipinggir foto. Kamu bisa custom efek Vignattenya dengan mengatur menu Midpoint, Feather dan Roundness.
  • Grain digunakan untuk memberikan efek bintik – bintik pada foto. Kamu bisa mengcustom efek grainnya dengan cara mengatur Size dan Roughnessnya.

5. Detail

Efek tambahan yang bisa kamu gunakan terdapat pada menu Detail, berikut tools yang bisa kamu gunakan dalam menu Detail :
  • Sharpening  digunakan untuk mempertajam foto.
  • Noise Reduction digunakan untuk mengurangi efek noise fotonya.
Setelah mengetahui tools yang ada pada aplikasi lightroom, tidak ada salahnya langsung praktek membuat preset lightroom yang bisa kamu gunakan nanti. Berikut cara edit foto di lightroom yang bisa kamu ikuti.

Cara Edit Foto di Lightroom

Sebelum mengikuti cara edit foto di lightroom, saya informasikan terlebih dahulu bahwa bahan foto yang kamu gunakan untuk mengedit pastinya memiliki warna bawaan yang berbeda – beda. Tentu hasilnya pun akan berbeda, bisa saja bagus atau jelek tergantung kesesuaian fotonya.

Tapi jangan khawatir jika efek foto yang dihasilkan kurang maksimal. Kamu hanya perlu menyesuaikan settingan lightroom yang kurang pasnya saja. Bisa jadi dari pencahayaan, pengaturan warna, atau efek fotonya.

Siapkan bahan foto yang memiliki resolusi tinggi agar efek yang dihasilkan semakin maksimal. Alangkah lebih baik jika bahan foto yang kamu gunakan berupa file raw. 

Masuk ke menu LIGHT, ikuti settingannya. Lalu masuk ke menu CURVE, kamu bisa melihat settingannya dibawah ini.

LIGHT & CURVE - Cara Edit Foto di Lightroom

Exposure : 0.00EV

Contrast : -20

Highlights : -100

Shadows : 20

Whites : -65

Blacks : 20

Selanjuntya masuk ke menu COLOR,  lalu atur menu MIX seperti pada gambar di bawah ini.

COLOR & MIX - Cara Edit Foto di Lightroom
MIX - Cara Edit Foto di Lightroom
MIX Lagi - Cara Edit Foto di Lightroom

Temp : 0

Tint : 10

Vibrance : 15

Saturation : -4 

Terakhir, masuk ke menu EFFECT dan Split Tone. Atur settingannya seperti pada gambar atau kamu bisa mengimprovisinya kembali sesuai dengan keadaan foto.

EFFECT & Split Tone - Cara Edit Foto di Lightroom

Texture : 40

Clarity : 10

Dehaze : 15

Vignette : 10

Midpoint :24

Feather : 75

Roundness : -60 

Penjelasan :

Cara edit foto di lightroom hanya menjadi gambaran untuk kamu dalam membuat preset lightroom yang keren dan kekinian. 

Gunakan imajinasi dan kreativitas kamu dalam membuat preset lightroom, oh iya perhatikan pula bahan foto yang akan kamu edit dan buat efek yang sesuai dengan keadaan foto tersebut.

Sebelum cara edit foto di lightroom ini berakhir, saya tekankan kembali bahwa setiap bahan foto yang kamu gunakan memiliki warna bawaan yang berbeda – beda. Tentu hasilnya pun akan berbeda.  Untuk mengatasi hal tersebut, kamu harus mengimprovisasi kembali preset lightroom yang sudah saya berikan menjadi versi kamu.



Penutup

Berikut adalah cara edit foto di lightroom yang bisa kamu ikuti. Jika kamu tertarik untuk mempelajari lebih dalam mengenai aplikasi lightroom, infokuy sudah membuat beragam rumus lightroom yang bisa kamu ikuti.

Silahkan jika ingin bertanya seputar lightroom atau ingin request reset lightroom silahkan ajukan di kolom kometar. Terimakasih telah berkunjung ke infokuy, nantikan artikel menarik lainnya seputar lightroom.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url