8 Penyebab AC Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya

Apakah anda baru saja mengalami AC mati sendiri ? Lantas, apa penyebab AC mati sendiri dan bagaimana cara mengatasinya ? Tenang, infokuy membahasnya secara lengkap pada artikel kali ini.

Permasalahan ini bisa terjadi karena adanya kerusakan pada komponen AC atau masalah teknis yang terbilang sepele lho. 

Jadi, sebelum mengasumsikan bahwa AC yang anda miliki di rumah mengalami kerusakan, selalu perhatikan masalah teknis seperti pengaturan remote AC dan hal lainnya.

Pastikan anda mengetahui beberapa penyebab AC mati sendiri dan cara mengatasinya di infokuy. Silahkan ikuti beberapa tips di bawah ini sebelum memanggil teknisi AC. 

Siapa tau AC yang anda miliki ini hanya mengalami kerusakan kecil atau masalah teknis saja. Berikut beberapa penyebab AC mati sendiri yang perlu anda ketahui.

8 Penyebab AC Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya 

Terdapat 8 penyebab AC mati sendiri yang bisa saya temukan dari berbagai sumber. Setelah membaca artikel ini, diharapkan anda bisa mengatasi permasalahan tersebut tanpa perlu memanggil teknisi AC.

Jika tidak memungkinkan untuk memperbaikinya sendiri, silahkan panggil teknisi AC yang berpengalaman. 

Baca Juga : Cara Menyalakan AC Tanpa Remote.

Karena ada beberapa AC mati mendiri yang tidak boleh dilakukan oleh orang yang tidak berpengalaman, salah satunya jika sudah berurusan dengan Freon AC.

Permasalahan pada Tombol Power AC

Salah satu penyebab AC mati sendiri karena ada kesalahan dalam pemasangan tutup indoor AC. Pemasangan tutup AC yang tidak tepat tentu membuat penutup AC bisa menjepit komponen power AC. Alhasil, AC bisa mati dan hidup sendiri.

Untuk mengatasi permasalahan ini, anda cukup melakukan pemasangan ulang pada bagian penutupnya dengan benar dan hati - hati.

Masalah pada PCB Modul

Selanjutnya, penyebab AC bisa mati sendiri karena adanya kerusakan pada modul PCB. Kerusakan ini bisa terjadi sambaran petir atau ketidakstabilan aliran listrik di rumah anda. Untuk mengatasi permasalahan seperti ini, anda perlu memanggil teknisi AC yang berpengalaman.

Timer Menyala

Meski terdengar sepele, namun penyebab yang satu ini sering dialami banyak orang. Jangan terburu - buru mengasumsikan bahwa AC yang anda miliki di rumah mengalami kerusakan. 

Bisa jadi AC yang tiba - tiba mati sendiri ini diakibatkan karena anda tidak sengaja mengaktifkan timer AC.

Solusi untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan cara mencabut aliran listrik pada AC. Tunggu 5-7 menit sebelum memasang kembali aliran listrik pada AC. 

Baca Juga : Rekomendasi Merk AC Terbaik.

Silahkan lepas baterai pada remote AC dan pasangkan kembali. Silahkan nyalakan kembali AC dan cek apakah timer masih nyala atau tidak.

Unit Outdoor AC Rusak

Pada beberapa kasus, penyebab AC mati sendiri karena adanya kerusakan pada unit outdoor AC. Untuk mengetahui kerusakan pada unit outdoor AC bisa dengan mengecek tekanan freonnya, blower kipas masih hidup atau tidak, dan cek ampere komporesornya apakah masih normal atau tidak.

Switch Pada PCB Tidak Normal

Penyebab yang satu ini biasanya terjadi pada merk AC yang sudah lama. Solusi untuk mengatasi permasalah ini dengan cara melangsungkan switch on off pada PCBd dengan solder. 

Namun resikonya, AC tidak bisa dimatikan atau dinyalakan dengan swith on off pada PCB modul tersebut.

Thermistor Mengalami Kerusakan

Thermistor sendiri berfungsi untuk mengatur suhu ruangan. Jika suhu di dalam ruangan sudah mencapai titik tertentu, kompresor AC berhenti bekerja.

Kerusakan pada thermistor ditandai dengan adanya AC tidak bisa dimatikan oleh remote dan AC tiba - tiba mati sendiri. Solusi untuk mengatasi permasalah ini dengan cara mengganti thermistor dengan yang baru.

Tekanan Freon Pada AC Kurang

Bisa jadi penyebab AC mati sendiri karena kurangnya tekanan pada freon AC. Hal ini bisa terjadi karena adanya kebocoran pada bagian evaporator, pipa instalasi, atau kondesor.

Untuk mengatasi permasalahan ini, sebaiknya anda cek dahulu tekanan freon dengan alat khusus. Jika tekanan pada freon kurang, silahkan isi ulang freon. 

Namun, jika tidak ada tekanan sama sekali, sebaiknya ganti freon dengan yang baru atau lakukan penambalan pada area yang bocor tadi. Pastikan hal ini dilakukan oleh teknisi AC professional.

Blower Indoor Macet dan Tidak Berputar

Terakhir, kerusakan pada pada blower indoor juga bisa menyebabkan AC bisa mati sendiri. Sebaiknya lakukan penggantian komponen blower indoornya dengan yang baru agar AC bisa berjalan dengan lancar kembali.


Kesimpulan

Berikut adalah 8 penyebab AC mati sendiri dan cara mengatasinya yang bisa anda ketahui. Menurut saya beberapa penyebab mungkin sedang anda alami saat ini. 

Oh iya, ada satu permasalahan yang sering dihadapi oleh pengguna AC yakni AC bocor. Sudah tahu belum penyebab ac bocor ? Silahkan cek selengkapnya hanya di infokuy.

Sebaiknya lakukan pengecekan terlebih dahulu pada bagian - bagian yang telah saya jelaskan sebelumnya. Jika AC tak kunjung pulih, sebaiknya panggil teknisi AC untuk memperbaiki AC yang anda miliki di rumah.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url