2 Rumus Lightroom Senja, Mau Tampil Keren ?

Akhirnya bisa membuat artikel mengenai lightroom lagi. Sebelumnya Infokuy sudah membagikan rumus dark and orange

Pada kali ini, infokuy akan membagikan lagi rumus lightroom senja dengan improvisasi yang berbeda dari preset lightroom senja sebelumnya.

Rumus lightroom senja atau Preset Sunset Tone ini fokus memperindah background foto agar lebih hidup dan memiliki warna yang berbeda dari foto sebelumnya. 

Nuansa melihat senja akan semakin keren jika kalian menggunakan preset ini. Efek yang dibuat tidak terlalu berlebihan dan tidak terkesan nora.

Rumus Lightroom Senja, Efeknya Semakin Terasa !

Sama halnya dengan preset urbex, preset senja membutuhkan pencahayaan yang sedikit gelap disesuaikan dengan settingan yang lain. 

Biasanya rumus lightroom senja sering menggunakan warna merah, orange, biru tua dan orange sebagai penambahnya. 

Banyak sekali improvisasi yang bisa kalian lakukan untuk membuat rumus lightroom senja. Tak perlu khawatir, cara edit foto senja ini bisa kamu ikuti dengan mudah di infokuy. Dapetin juga preset lightroom premium gratis dari infokuy.

Bagi kalian yang sering berswafoto pastinya memiliki foto sedang di menikmati suasana sunset di pantai. 

Namun hasil fotonya kurang begitu menarik, nah solusinya kalian bisa menggunakan preset senja untuk menambah keindahan fotonya. 

Tidak terlalu sulit kok untuk membuat preset lightroom senja ini, kalian bisa mengikuti step – step yang infokuy jelaskan nanti dibawah. Selain itu, infokuy juga sudah merangkum seluruh rumus lightroom kekinian yang bisa kamu dapatkan.


2 Rumus Lightroom Senja

Sebelum masuk ke pembuatan rumus lightroom senja, saya tekankan bahwa setiap foto yang digunakan untuk bahan edit memiliki warna bawaan yang berbeda – beda. 

Jika hasil setelah mengikuti tutorial ini tidak sesuai dengan contoh, jangan khawatir kalian hanya perlu memperbaiki sedikit demi sedikit pada settingan lightroomnya.

Tutorial lightroom senja ini bisa berlaku untuk mobile maupun pc, namun saya membuat tutorial ini menggunakan mobile. 

Karena lightroom mobile lebih mudah untuk digunakan dan lebih praktis dibandingkan versi pc nya. Meskipun lebih banyak fitur di pc, namun saya hanya bisa menggunakan versi mobilenya :D.

Pertama – tama, masuk ke app lightroomnya, pilihlah foto yang kalian inginkan. Usahakan resolusi foto tinggi agar foto tidak pecah dan mendapatkan hasil yang maksimal saat di export nanti.


Rumus Lightroom Senja V1

Masuk kedalam menu LIGHT, kalian bisa mengikuti seperti pada gambar. Setelah itu, masuk kebagian CURVE.

Exposure : -0.30EV

Contrast : 16

Highlights : -66

Shadows : 59

Whites : -100

Blacks : 45


Masuk kedalam menu COLOR, kalian bisa mengikuti seperti pada gambar. Lanjut kebagian MIX, kalian bisa mengikuti seperti tutorial.

COLOR & MIX - Rumus Lightroom Senja
Temp : 0

Tint : 7

Vibrance : 4

Saturation :  0


Masuk kedalam menu EFFECT, kalian bisa mengikuti seperti pada gambar. Terakhir masuk kedalam menu Split Tone, setting pada bagian tersebut seperti pada gambar.

EFFECT & Split Tone - Rumus Lightroom Senja
Texture : 5

Clarity : -10

Dehaze : 20

Vignatte : -9

Midpoint : 50

Feather : 50

Rumus Lightroom Senja V2

Rumus lightroom senja v2 na sangat cocok untuk foto yang ingin terlihat lebih terang ketika menikmati matahari terbenam. Efek foto yang dihasilkan akan semakin kuat dan menarik, namun tidak merusak keindahan foto juga masih enak untuk dipandang.

Kuy ikuti pembuatan rumus lightroom Senja V2  :

LIGHT

Exposure : 0.00EV

Contrast : 55

Highlights : -100

Shadows : 35

Whites : 50

Blacks : 20

COLOR

Temp : 4

Tint : 0

Vibrance : 40

Saturation : 5

MIX

Color Hue Saturation Luminance
Red 0 0 0
Orange 0 10 15
Yellow -10 -45 40
Green 0 0 0
Aqua 0 0 0
Blue 0 0 0
Purple 0 0 0
Magenta 0 0 0

EFFECT

Texture : 40

Clarity : -5

Dehaze : 5

Vignette : 0

Split Tone

H S
Highlights 27 11
Shadows - 0

Penjelasan :

Foto yang saya gunakan sedikit terang jadi saya turunkan exposurenya menjadi -0.30EV agar nuansa melihat senja semakin terasa. 

Jangan lupa untuk menyesuaikan settingan lainnya seperti Mix, Curve dan menu lainnya agar hasilnya bisa semakin maksimal.

Sebelum mengakhiri tutorial ini, saya tekankan kembali bahwa tutorial ini ditujukan untuk mengarahkan kalian untuk membuat rumus lightroom senja. 

Bagi yang baru belajar menggunakan aplikasi lightroo mobile, silahkan masuk ke tutorial lightroom untuk pemula.

Jika hasilnya tidak sesuai seperti yang kalian inginkan mungkin karena faktor yang tadi saya sebutkan diatas. Namun jika hasilnya lebih bagus dari foto yang ada di tutorial ini, mungkin karena preset lightroom senja tersebut cocok dengan fotonya.

Penutup

Itulah ulasan mengenai pembuatan rumus lightroom senja yang bisa kalian ikuti. Terimakasih telah berkunjung, nantikan artikel menarik lainnya tentang Lightroom. Jika kalian ingin mendapatkan preset lightroom yang keren lainnya bisa kunjungi infokuy.net

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url