2 Tutorial Edit Foto Red Tone Lightroom Mobile

Tutorial Edit Foto Red Tone Lightroom Mobile - Mari kita lanjutkan tutorial lightroom mobilenya, sebelumnya infokuy sudah memberikan tutorial edit foto moody dark yang pastinya keren untuk feed instagram kalian. Kali ini Infokuy akan membagikan rumus red tone yang akan dibagikan secara gratis pada artikel ini.

Preset red tone ini sangat cocok untuk foto outdoor dengan tema alam karena akan sangat mudah pada saat mengedit fotonya. Preset Red Tone sangat memanjakan mata jika dibuat dengan baik, namun jika pembuatan efeknya terlalu berlebihan maka akan terlihat sangat aneh.

Tutorial Edit Foto Red Tone Lightroom Mobile - Pastinya Keren !

Preset Red Tone harus dibuat sedikit soft agar enak dilihat nantinya. Preset ini memainkan pencahayaan, saturation, dan mix warna merah dan orange sebagai kunci utamanya. 

Jika nanti hasil editan kalian tidak sesuai dengan settingan yang saya berikan, karena setiap foto memiliki dasar warna yang berbeda. Untuk itu, kalian bisa menyesuaikan settingan tersebut sedikit demi sedikit agar hasilnya maksimal.

Infokuy akan selalu membagikan preset lightroom premium gratis dan pastinya selalu mudah untuk diikuti. 

Oh iya, tutorial lightroom red tone ini saya buat menggunakan lightroom adroid / mobile karena lebih mudah menggunakannya dibandingkan dengan versi pcnya.

Pembuatan preset Red Tone ini memiliki kesan warna tersendiri yang terbilang unik, tampilan foto akan semakin keren jika kalian bisa menggunakan preset ini dengan tepat. 

Meskipun pada tutorial lightroom kali ini saya tidak menggunakan foto outdoor, namun hasilnya sangat memuaskan sekali.

Infokuy menggunakan aplikasi Lightroom versi terbarunya dari playstore. Jadi kalian bisa mendownload appnya dari playstore karena gratis. Fitur gratis ini pun sudah cukup sekali untuk mengedit foto. Saya rasa fitur di lightroom ini sangat mudah untuk digunakan untuk pemula.

Jika kalian menggunakan hp dengan spek rendah dengan kapasitas ram 1 GB, saya sarankan menggunakan versi 4.1.1 kebawah agar aplikasinya bisa digunakan dengan lancar dan nyaman.



Tutorial Edit Foto Red tone Lightroom Mobile

Sebelum masuk ke tutorialnya, saya tekankan bahwa warna default setiap foto pastinya akan berbeda – beda. Disini saya menggunakan foto dengan warna bawaannya orange muda, jadi kalian harus menyesuaikan sedikit – demi sedikit agar hasilnya bisa sesuai dengan harapan kalian menjadi warna merah.

Tutorial edit lightroom red tone  ini difokuskan untuk kalian pengguna lightroom mobile, karena lebih praktis dan mudah untuk digunakan. Usahakan gunakan foto dengan background hutan atau pepohonan agar efek red tone nya semakin terasa.


Rumus Red Tone di Lightroom Mobile

Pertama, masuk ke dalam aplikasi lightroomnya. Import foto yang akan kalian edit, saya sarankan pilih foto dengan tema alam agar efeknya semakin terasa. Namun, kalian juga bebas memilih foto dengan background apapun. Hanya perlu sedikit menyesuaikan.

Masuk kedalam menu LIGHT, kalian bisa mengikuti seperti pada gambar.

Exposure : 0.00EV

Contrast : -21

Highlights : 12

Shadows : 25

Whites : -17

Blacks : 16


Pada preset kali ini, saya tidak menggunakan mode kurva agar tutorial ini mudah untuk diikuti.

Masuk kedalam menu COLOR, kalian bisa mengikuti seperti pada gambar. Setelah itu setting pada bagian MIX, kalia bisa mengikuti seperti pada gambar.

COLOR & MIX - Red Tone Lightroom
MIX - Red Tone Lightroom
Temp :-10

Tint : 20

Vibrance : 15

Saturation : 5

Masuk kedalam menu EFFECT, kalian bisa mengikuti seperti pada gambar. Setelah itu, masuk kedalam menu Split Tone. Kalian bisa ikuti seperti pada gambar.

EFFECT & Split Tone - Red Tone Lightroom
Texture : -16

Clarity : 0

Dehaze : 16

Vignatte : -20

Penjelasan :

Foto yang saya gunakan sudah cerah, jadi saya tidak merubah pada bagian exposure. Jika foto yang kalian agak gelap, bisa dinaikkan exposurenya sedikit demi sedikit karena preset lightroom perlu pencahayaan yang sedikit cerah agar hasilnya bisa maksimal.

Bagi kamu yang baru mempelajari aplikasi lightroom, infokuy juga sudah menyediakan tutorial lightroom untuk pemula yang bisa kamu ikuti dengan mudah.


Rumus Lightroom Red Tone

Selanjutnya, saya akan membagikan rumus lightroom red tone lainnya yang bisa kamu gunakan. Preset red tone kali ini dipadukan dengan efek pastel, jadinya foto akan terlihat lebih lembut ketika dilihat. Penggunaan warna merahnya pun tidak terlalu pekat, mungkin akan terlihat merah ke orange-an.

Langsung saja masuk ke pembuatan rumus lightroom red tone nya, bisa kamu ikuti settiingan lightroomnya di bawah ini.


Profiles

Masuk ke dalam menu profiles, cari filter dengan nama Artistic 03 dan pilh filter tersebut. Kemudian geser settingan Artistic 03 nya sampai angka 160.

Light

Exposure : 0.00EV

Contrast : -30

Highlights : -15

Shadows : 35

Whites : -25

Blacks : 20

Color

Temp : 0

Tint : 0




Vibrance : 15

Saturation : -10

Mix

Color Hue Saturation Luminance
Red 0 10 5
Orange 5 10 35
Yellow -96 59 0
Green -100 90 35
Aqua 15 -40 0
Blue 0 -45 0
Purple 0 0 0
Magenta 0 0 0

Effects

Texture : 30

Clarity : -20

Dehaze : -10

Vignette : -10

Midpoint : 25

Feather : 85

Roundness : -75

Split Tone

H S
Highlights 0 0
Shadows 0 0

Penjelasan :

Pembuatan rumus lightroom red tone v2 ini saya menggunakan filter yang sudah disediakan oleh aplikasi lightroom untuk permulaannya. 

Untuk mengatur warna merahnya, kamu bisa melakukannya pada Profiles -> Artistic 03 dan atur kepekatan warna merahnya ingin seperti apa.

Infokuy tekankan bahwa preset ini bisa menjadi acuan kalian dalam pembuatan preset dengan tema red tone. Kalian bisa mengembangkan preset ini lebih baik lagi dibandingkan dengan tutor diatas. 

Ini hanya gambaran untuk kalian agar bisa membuat preset red tone dengan baik, namun kalian harus memperhatikan foto yang kalian gunakan karena setiap foto memiliki warna bawaan yang berbeda – beda. Jadi harus disesuaikan kembali.


Penutup

Itulah ulasan mengenai tutorial edit foto red tone lightroom mobile yang bisa kalian ikuti. Terimakasih telah berkunjung ke Infokuy, nantikan artikel menarik lainnya tentang Lightroom.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url