2 Tutorial Edit Foto Sunset Tone Lightroom Mobile

Tutorial Edit Foto Sunset Tone Lightroom – Kembali lagi dengan tutorial lightroom, pada artikel sebelumnya infokuy sudah membagikan preset green tone dengan ciri khas alami, tenang, dan menyegarkan.

Pada tutorial kali ini, infokuy akan membagikan lightroom sunset presets. Preset sunset tone bisa membuat foto sunset keren kamu semakin bagus dan menarik ketika di lihat.

Rumus lightroom sunset tone sangat cocok digunakan foto outdoor saat melihat senja atau matahari terbenam. 

Efek yang dihasilkan dari preset lightroom sunset pun sangat keren, nuansa melihat sunset akan semakin terasa jika kamu menggunakan preset sunset tone.

Fokus memperkuat warna objek dengan perpaduan warna orange, merah, ungu dan biru akan menciptakan efek foto yang luar biasa.

Sama halnya dengan preset green tone, preset lightroom sunset tone dibuat sedikit gelap , namun objek utamanya yakni matahari dibuat lebih menonjol dibandingkan dengan objek yang lain.  

Kekuatan utama pada preset lightroom sunset adalah warna orange dan merah agar kesan sunset nya semakin realistis. Pembuatan rumus lightroom sunset sangat mudah kok.

Dari sekian banyak preset yang pernah saya buat, lightroom sunset presets yang paling saya sukai karena warna yang dihasilkan sangat bagus dan menggugah mata.

Infokuy akan selalu membagikan rumus lightroom mobile yang bisa kamu ikuti dan mungkin bisa menjadi inspirasi dalam pembuatan preset lainnya. 

Aplikasi yang lightrroom yang saya gunakan pun masih versi gratisnya, jika ingin mendapatkan pengalaman yang lebih maksimal kalian bisa menggunakan versi premiumnya.

BACA JUGA : Daily Info - Blog Info Hidup Milenial Lebih Bermanfaat

Lightroom sunset presets ini bisa digunakan untuk berbagai foto yang masih berkaitan dengan sunset atau matahari terbenam. 

Karena tujuan menggunakan preset ini untuk memperkuat efek dari sunsetnya. 

Bagi kamu yang baru pertama kali menggunakan aplikasi lightroom, saya juga sudah membuat tutorial lightroom pemula.

Tutorial Edit Foto Sunset Tone Lightroom Mobile

Seperti biasanya, saya tekankan bahwa foto yang saya gunakan memiliki warna bawaan yang netral. Jadi pada saat pemberian efek foto sunset akan semakin mudah. 

Namun jangan khawatir jika kamu memiliki foto yang sudah diberi efek sebelumnya. Kalian hanya perlu menyesuaikannya sedikit demi sedikit agar hasilnya terlihat lebih baik.

Perhatian !! Bahwa tutorial lightroom ini dituju untuk pengguna lightroom mobile, karena lightroom mobile yang sangat mudah untuk digunakan dan lebih praktis. 

Fitur yang diberikan pun tidak membingungkan bagi pemula sekalipun. Tanpa basa basi langsung ke tutorialnya dibawah ini.

Rumus Lightroom Sunset 

Pertama, masuk ke dalam aplikasi lightroomnya, pilihlah foto yang kamu inginkan. Saya menggunakan foto dengan tema alam agar hasilnya semakin maksimal. 

Pada preset kali ini, saya tidak menggunakan mode kurva agar lebih mudah untuk diikuti.

Masuk kedalam menu LIGHT, kalian bisa mengikuti seperti pada gambar. Setelah itu, setting pada menu curve ikuti seperti pada gambar.

Exposure : -0.15EV

Contrast : -25

Highlights : -61

Shadows : 55

Whites : 25

Blacks : 14

Masuk kedalam menu COLOR, kamu bisa mengikuti seperti pada gambar. Lanjut ke bagian menu MIX, kamu bisa mengikuti seperti pada gambar atau mengeksplornya sendiri.

Temp : 10

Tint : 23

Vibrance : 10

Saturation : 1

Masuk kedalam menu EFFECT, kalian bisa mengikuti seperti pada gambar. Terakhir masuk kedalam menu split tone agar hasilnya semakin maksimal.

Texture : 4

Clarity : 11

Dehaze : 19

Vignatte : -7

Midpoint : 50

Feather : 76

Roudness : -15

Penjelasan :

Foto yang saya gunakan backgroudnya agak terang, jadi saya turunkan exposurenya menjadi -0.15EV agar nampak lebih gelap menyesuaikan dengan keadaan foto. 

Penguatan warna orange dan merah merupakan kunci utama dalam preset ini agar lebih maksimal hasilnya. Namun jangan terlalu berlebihan juga.

Rumus Lightroom Sore Hari

Rumus lightroom sore hari ini lebih mengarah ke penguatan warna fotonya agar lebih cantik. 

Jika efek foto yang dihasilkan oleh foto sunset kamu kurang kuat, kamu bisa menggunakan rumus lightroom sunset tone v2 yang akan saya berikan.

Pembuatan rumus lightroom sore hari ini sangat mudah kok, kamu bisa mengikuti pembuatan rumus lightroomnya dibawah ini :

Light

Exposure :  0.00EV

Contrast : 55

Highlights : -100

Shadows : 35

Whites: 50

Blacks : 20

Color

Temp : 4

Tint : 0

Vibrance : 42

Saturation : 5

Mix

Color Hue Saturation Luminance
Red 0 0 0
Orange 0 10 15
Yellow -100 -45 40
Green 0 0 0
Aqua 0 0 0
Blue 0 0 0
Purple 0 0 0
Magenta 0 0 0

Effects

Texture : 40

Clarity : -5

Dehaze : 5

Vignette : 0

Split Tone

H S
Highlights 27 11
Shadows 0 0

Penjelasan

Memang rumus lightroom sunset diperuntukkan bagi foto yang efeknya kurang maksimal. 

Dengan menggunakan rumus lightroom sunset tone, efek foto yang kamu akan semakin cantik dan menarik.

Infokuy tekankan kembali bahwa tutorial edit lightroom senja ini hanya memberikan gambaran kepada kamu untuk yang ingin membuat preset lightroom sunset tone. 

Kamu bisa mengeksplornya lebih baik lagi daripada tutorial yang saya berikan. 

 Namun, kamu bisa mencoba menggunakan settingan diatas untuk membuat preset sunset tone. 

Download Preset Sunset Tone V2 | Free Preset Sunset Tone

Tapi jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa merubah settingannya sedikit – demi sedikit menyesuaikan dengan keadaan fotonya. 

Jika ingin lebih mudah, kamu bisa gunakan jasa edit foto lightroom yang kami sediakan, pasti hasilnya berkualitas.

Penutup

Itulah ulasan mengenai pembuatan rumus lightroom sunset yang bisa kalian ikuti. Terimakasih telah berkunjung ke Infokuy, nantikan artikel menarik lainnya tentang Lightroom.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url