Ketahui Rata - Rata Umur Laptop Hingga Harus Diganti !

Jika membahas rata-rata umur laptop itu sebuah hal yang tidak bisa diketahui secara pasti dan berbeda - beda antara laptop dengan laptop yang lain. 

Penggunannya pun memiliki pengaruh besar untuk menentukan umur laptop tersebut. Untuk itu, mari kita bahas lebih detail mengenai rata-rata umur laptop hingga harus diganti.

Rata - Rata Umur Laptop

Sebenarnya, berapa lama rata - rata umur laptop? Menurut Hukum Moore (Moore’s Law), dua tahun adalah masa paling lama bagi sebuah laptop untuk hidup. 

Hal ini disebabkan karena perangkat komputasi biasanya memperoleh jumlah transistor yang lebih banyak (terutama pada bagian chipnya) setiap dua tahun sekali.

Jika laptop yang kamu miliki sudah berumur 4-5 tahu dan masih bisa digunakan, menurut saya itu bisa dikatakan awet dalam penggunaanya. Karena usia laptop sendiri tidak ada yang tahu akan bertahan sampai kapan, namun jika dikaitkan dengan 2 hal ini yakni keusangan komponen laptop dan evolusi software, mungkin bisa memecahkan permasalahan ini.

Secara performa, suatu laptop sudah dirancang untuk bisa dipakai dengan baik sesuai masanya. Namun karena perkembangan software yang sangat cepat dan terus menerus, alhasil komponen laptop kewalahan dengan hal tersebut.

Salah satu hal yang sangat mempengaruhi kineja sebuah laptop adalah ada pada harddisk, processor, ram dan graphic cardnya. Karena komponen laptop ini sudah dirancang agar bisa digunakan dengan performa yang maksimal pada masanya. 

Ketika dihadanpkan dengan evolusi software yang sangat cepat, tentu akan datang komponen yang lebih baru dan canggih agar bisa menyesuaikan dengan software yang ada.

Saya sendiri masih menggunakan notebook acer es1 131 c7ye keluaran tahun 2016 kalo tidak salah. Processornya sendiri masih celeron dan RAM hanya 2gb, tapi notebook ini masih bisa digunakan, meski tidak begitu lancar ketika melakukan multitasking yang terlalu banyak.

Umur notebooknya sendiri sudah 4 tahun dan masih awet - awet saja. Tapi semakin kesini, software terus mendapatkan pembaharuan. Tentu penurunan performa sangat terasa ketika menggunakan notebook ini, apalagi sudah digunakan selama 4 tahun lebih. 

Agar laptop kamu bisa memiliki umur yang lebih lama, dari segi perawatannya pun perlu kamu perhatikan. berikut cara memperpanjang umur laptop yang bisa kamu lakukan.


Cara Memperpanjang Umur Laptop

Ada beberapa cara untuk memperpanjang laptop, semua cara yang akan saya berikan bisa kamu ikuti dengan mudah.

1. Bersihkan Laptop Secara Teratur

Sudah menjadi keharusan untuk membersihkan laptop secara teratur. Dengan cara ini bisa membuat laptop kamu bertahan lebih lama dibandingkan dengan laptop yang tidak pernah dibersihkan. 

Laptop sendiri menjadi tempat bagi debu dan kotoran, tentu bisa membuat kinerja laptop semakin melambat. 

Terutama pada bagian kipas yang memerlukan perhatian khusus, karena pada bagian tersebut tempat berkumpulnya debu yang masuk bersamaan dengan udara. Bersihkan juga pada bagian keyboard agar tidak ada debu atau kotoran yang menyumbat.

2. Bersihkan Area Kerja Kamu

Setelah membersihkan laptop, tentu yang harus kamu lakukan adalah membersihkan area kerja yang akan kamu gunakan menyimpan laptop. Pastikan area kerja yang kamu gunakan bersih dari debu atau kotoran agar tidak merusak komponen laptop.

3. Memperbaharui Komponen Laptop

Meski tidak semua komponen laptop tidak bisa diganti, namun ada 2 komponen yang bisa kamu ganti diantaranya harddisk dan RAM.

Jika performa laptop kamu terasa semakin melambat dan tidak ingin mengganti laptop, bisa memperbahaui RAM dan harddisknya. 

Jika awalnya RAM pada laptop kamu masih menggunakan yang 2GB, lebih baik tambah/ubah dengan yang lebih besar dari sebelumnya. 

Kemudian, ganti pula harddisk laptop kamu dengan SSD agar kecepatan dalam memproses data semakin cepat. 

Meski laptop sudah berusia cukup tua, dengan memperbaharui kedua komponen tersebut bisa mempercepat kinerja laptop dibandingkan dengan sebelumnya. 

4. Perlakukan Laptop Sebaik Mungkin

Memperlakukan sesuatu yang cukup berharga, tentu harus dilakukan sebaik mungkin. Hal ini sudah saya terapkan sendiri dan notebook yang saya gunakan pun sudah bertahan lebih dari 4 tahun dan masih nyaman untuk digunakan.

Kesimpulan

Rata - rata umur laptop memang tidak dapat kamu prediksi, namun kamu bisa memperpanjang umurnya dengan melakukan beberapa cara diatas. Jika laptop yang kamu gunakan sudah berumu lebih dari 4 tahun keatas, menurut saya itu sudah cukup awet. 

Karena semakin lama laptop digunakan, performanya akan menurun dan software yang digunakan akan terus mendapatkan pembaharuan. Laptop pun memperlukan performa yang lebih bagus agar bisa menyesuaikan dengan software yang digunakan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url