8 Tips Memilih Laptop untuk Video Editing, Jangan Salah Pilih !

Dalam memilih laptop untuk kebutuhan edit video, memang sedikit sulit. Apalagi, bagi kamu yang tidak begitu paham mengenai spesifikasi yang dibutuhkan untuk mengedit video agar lancar dan nyaman saat digunakan.

Tips Memilih Laptop untuk Video Editing

Tentunya, ada beberapa faktor yang harus kamu perhatikan dalam memliih laptop untuk video editing. Jangan salah lho, kegiatan mengedit video sendiri tergolong cukup berat dan membutuhkan spesifikasi laptop yang tinggi. 

Jika spesifikasi laptop rendah atau pas pas-an, nantinya bisa membuat laptop cepat panas atau crash ketika digunakan untuk mengedit video.

Yang jadi masalah, laptop sendiri dibuat cukup beragam dan spesifikasi yang berbeda sesuai dengan harganya. Kamu pasti bertanya - tanya, lantas saya harus pilh laptop merek apa dan spesifikasinya harus bagaimana ? 

Untuk itu, kamu harus mengetahui beberapa tips dalam memilih laptop untuk video editing. Setelah mengetahui beberapa tips ini, kamu bisa menentukan laptop apa yang bisa kamu pilih untuk kebutuhan video editing dan bisa menyesuaikan dengan budget yan ada. 

Saran saya sih, untuk kebutuhan video editing siapkan budget 10jt - 20jt agar spesifikasi laptopnya tinggi. Tapi masih banyak kok, laptop dibawah 10 juta yang cukup worth untuk digunakan video editing, tinggal bagaimana kamu memilihnya saja. Berikut beberapa tips memilih laptop untuk video editing agar tidak salah pilih.


8 Tips Memilih Laptop untuk Video Editing

Beberapa tips ini bisa kamu gunakan sebagai acuan dalam memilih laptop untuk video editing. Karena ada beberapa komponen laptop yang cukup penting untuk kamu perhatikan agar bisa lancar dan nyaman ketika menggunakan software video editing nantinya.

Perhatikan Pemilihan Processor

Komponen pertama yang harus kamu perhatikan adalah Processor. Saat ini, software yang digunakan untuk kebutuhan editing bisa memanfaatkan CPU modern dengan jumlah core yang banyak.

Aturannya simpel, semakin banyak core maka semakin bagus Processor tersebut. Hal penting lain yang harus kamu perhatikan adalah jumlah thread yang dimiliki processor tersebut, semakin banyak maka akan semakin bagus.

Untuk mengetahui kemampuan processor tersebut, kamu bisa menggunakan software Cinebench untuk pengetesannya. Software ini memiliki prinsip yang sama layaknya software video editing yang dibuat untuk mendistribusikan pekerjaan ke semua core yang ada pada processor.

Berapa sih patokan skor Cinebench yang baik ? Skor diatas 700 pun sudah dikatakan bagus untuk sebuah laptop atau sudah cukup nyaman digunakan untuk mengedit video. Namun, jika menggunakan processor AMD atau Intel keluaran terbaru mungkin bisa lebih dari itu.

Perhatikan Pemilihan GPU

Pemilihan GPU pun sangat penting ketika memilih laptop untuk video editing. Penggunaan chip grafis yang dedicated seperti seri GTX dan RTX dari Nvidia atau seri RX dari AMD akan sangat membantu kamu dalam proses render video.

Selain itu, penggunaan chip grafis yang saya sebut tadi akan sangat cocok digunakan untuk bermain game lho.

Perhatikan Kapasitas RAM

Tentunya, dalam memilih laptop harus memperhatikan kapasitas RAM nya. Pastikan memilih laptop dengan kapasitas RAM terbesar dan usahakan pilih laptop yang mengaktifkan "dual channel" di RAM nya. Hal ini dimaksud agar penggunanya bisa menambahkan RAM tambahkan dan performanya bisa lebih meningkat.

Pilih Laptop yang berkapasitas SSD

Laptop dengan kapasitas SSD memang wajib kamu pilih saat ini. Karena SSD sangat cepat dibandingkan HDD dari segi apapun. Dengan menggunakan SSD, booting OS dan penggunaan aplikasi pun akan lebih cepat dibandingkan saat menggunakan HDD.

Meski begitu, HDD pun masih diperlukan untuk menyimpan file video yang sudah diedit sebelumnya. Karena file yang telah diedit pasti memiliki kapasitas yang cukup besar. 

Kamu bisa menggunakan Harddisk eksternal untuk menyimpan file editannya atau kamu bisa memilih laptop yang sudah menyediakan dua slot storage. Misalnya slot M.2 digunakan untuk SSD dan slot 2,5 inch untuk harddisk.

Perhatikan Heatsink Laptop

Heatsink pun menjadi komponen yang cukup penting dalam memilih laptop, apalagi untuk kebutuhan video editing. Heatsink sendiri memiliki fungsi untuk mengurangi panas saat komponen laptop sedang bekerja. Semakin mahal laptop maka kualitas heatsink nya pun akan semakin bagus.

Jika Processor, VGA dan RAM menjadi faktor penentu laptop itu bisa mengerjakan pekerjaan yang berat, heatsink berperan sebagai pendingin agar laptop tetap bisa bekerja secara optimal meski digunakan dalam waktu yang lama.

Hal ini bisa menjadi pembeda antara laptop low, mid dan high end. Selain itu, spesifikasi pun menjadi faktor penentu juga.

Pilih laptop gaming atau umum

Saat ini sudah bermunculan laptop ultra thin dengan body yang tips, ringkas dan ringan tapi cukup powerful. Laptop ini berkisar dari 8- 20 juta.

Namun, laptop ultra thin kurang cocok untuk digunakan untuk mengedit video. Dalam hal ini, masih bisa digunakan untuk mengedit video, tapi kurang nyaman dan tidak optimal. Kenapa hal itu bisa terjadi ? Sebab processor yang digunakan adalah processor versi hemat daya atau U Series (ultra-low power)

Sementara, laptop gaming yang memiliki bodi yang besar dan tebal, namun menggunakan processor H series (High Performance). Selain itu, laptop gaming memiliki sistem pendingin yang lebih baik, sehingga bisa digunakan untuk pekerjaan yang lebih berat. 

Saya sarankan, lebih baik pilih laptop yang memiliki processor dengan H series agar performanya lebih cepat. Biasanya processor dengan tipe ini bisa kamu temukan di laptop high end.

Pilih Intel atau AMD

Hal ini pun masih menjadi pertanyakan ketika ingin membeli sebuah laptop. Pilih Intel atau AMD ? Menurut saya keduanya sangat bagus untuk pilih , dari segi performa AMD mampu bersaing dengan Intel. Pengguna AMD pun kian meningkat ketika datang processor seri Ryzen. 

Meski begitu, processor Intel masih cukup mendominasi.Nah, pastikan kamu membeli laptop dengan processor terbaru, kamu bisa pilih 10th Gen Intel Core H-Series atau AMD Ryzen 4000 H-Series. Karena keduanya memiliki performa yang sangat cepat dari generasi sebelumnya.

Bila budget terbatas, pilih generasi sebelumnya. Karena menurut saya generasi sebelumnya pun cukup tangguh untuk mengedit video. Kamu bisa pilih Intel Core i5 atau AMD Ryzen 5. Tapi, jika ingin digunakan untuk jangka panjang, saya sarankan gunakan processor Intel Core i7 atau AMD Ryzen 7.

Layar atau Monitor

Hal ini sangat penting untuk kamu perhatikan. Bagi pembuatan video, yang paling dibutuhkan adalah akurasi warna yang tinggi.

Jika kamu memang serius untuk memproduksi konten videonya, saya sarankan untuk membeli monitor eksternal. Pastikan monitor tersebut memiliki kedalam warna 10-bit, memiilki rasio kontras asli dan rasio kontras dinamis yang baik.


Kesimpulan

Beberapa faktor diatas perlu kamu perhatikan ketika ingin membeli laptop untuk video editing. Setelah kamu mengetahui beberapa tips memilih laptop untuk video editing. Nantinya, ketika membeli sebuah laptop untuk kebutuhan edit video, bisa menentukan mana laptop yang cocok untuk digunakan mengedit video.

Terimakasih telah berkunjung ke infokuy, nantikan artikel menarik lainnya seputar Teknologi hanya di infokuy.

Referensi Bacaan :

https://www.agoaga.com/berikut-tips-pilih-laptop-editing-video-supaya-tak-asal-beli/
https://dailysocial.id/post/tips-memilih-laptop-untuk-editing-video
Restu Kersana Calon Jenazah, pengen hidup enak tapi gini - gini aja.

Belum ada Komentar untuk "8 Tips Memilih Laptop untuk Video Editing, Jangan Salah Pilih !"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close