Trik Gokil! Cara Charge Laptop Agar Baterai Makin Awet!

Meski terlihat sepele, saat melakukan charge laptop juga ada caranya lho. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerusakan baterai laptop sedini mungkin. 

Jika kamu melakukan charge laptop dengan benar, kemungkinan umur baterai laptop pun akan tetap awet.

Lantas, bagaimana cara charge laptop yang benar itu ? Tenang sobat, saya sudah menuliskan cara charge laptop yang benar agar baterai laptopnya tetap awet.

Cara ini harus kamu lakukan setiap hari, agar umur baterai laptop bisa panjang.

Biar kamu gak keliru lagi ketika melakukan charge laptop, silahkan baca cara charge laptop yang benar di bawah ini.

Cara Charge Laptop Yang Benar

Cara charge laptop yang benar sangat penting untuk menjaga kesehatan baterai laptop serta memperpanjang umur baterai. 

Seiring dengan berkembangnya teknologi, baterai laptop juga menjadi semakin canggih dan memerlukan perawatan yang tepat agar dapat bertahan lebih lama.

Mengikuti tutorial ini hingga akhir sangat penting, karena setiap tahapan memiliki peran yang cukup besar dalam menjaga kesehatan baterai laptop serta memperpanjang umur baterai. 

Jangan tergoda untuk mengabaikan satu tahapan saja, karena hal tersebut dapat berdampak buruk pada kondisi baterai laptop anda.

Pastikan Laptop Dalam Keadaan Mati

Yang sering saya lakukan ketika charge laptop adalah laptop di charge dalam keadaan mati. Hal ini dilakukan untuk menghidanri overheat pada laptop. 

Jika laptop digunakan sambil dicharge, kemungkinan akan terjadi overheat jika terlalu lama digunakan. 

Sebaiknya, gunakan pendingin tambahan untuk mengurangi overheatnya, jika memang laptop benar - benar dibutuhkan.

Baca Juga : 3 Cara Mempercepat Kinerja Laptop/Komputer Dengan CMD

Jangan Isi Daya Baterai Hingga 100%

Hindari pengisian daya hingga 100%, apalagi jika laptop di charge terlalu lama bisa mengakibatkan overheat pada baterai laptop dan komponen lainnya.

Jika suhu laptop lebih dari 30 derajat celcius bisa merusak baterai dan bisa mengurangi masa pakainya secara signifikan. Hal ini sudah diuji oleh Battery University.

Selalu Perhatikan Suhu Laptop Ketika Digunakan

Jika laptop digunakan sambil dicharge, selalu perhatikan suhu laptop ketika digunakan. Jangan sampai laptopnya overheat. 

Untuk mengatasi overheat ketika laptop dicharge, kamu bisa menggunakan pendingin tambahan atau gunakan laptop diruangan yang ada AC.

Baca Juga : 9 Cara Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Install Ulang

Segera Charge Sebelum Daya Baterai Mencapai 20%

Nah ini perlu kamu perhatikan juga, sebaiknya laptop segera dicharge ketika daya baterai sebelum mencapai 20%. Hal ini dilakukan agar masa pakai baterai laptop tetap terjaga dengan baik.

Memang wajar sih jika baterai laptop akan terus berkurang ketahanannya. Yang tidak wajar itu, jika laptop baru 3 - 6 bulan sudah drop, kemungkinan ada yang salah dengan cara charge laptopnya.

Baca Juga : 5 Cara Cek Spesifikasi PC dan Laptop Windows Termudah [+GAMBAR]

Kesimpulan

Berikut adalah cara charge laptop yang benar agar baterai laptop tetap awet. Keempat cara tersebut sudah saya lakukan selama 4 tahun. 

Masa pakai laptopnya pun masih bisa bertahan 3 - 4 jam penggunaan, baik untuk browsing, coding, nonton video, dan lain - lain.

Semua kembali lagi bagaimana cara kamu memperlakukan laptop tersebut. Jika dilakukan secara asal - asalan, kemungkinan umur laptop tidak akan bertahan lama. 

Cara charge laptop yang benar adalah satu dari sekian banyak cara agar laptop tetap awet bertahun - tahun. Baca artikel menarik lainnya seputar teknologi dan tips komputer/laptop hanya di infokuy.net.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url