Jangan Salah ! Ini Cara Charge Laptop Yang Benar

Meski terlihat sepele, saat melakukan charge laptop juga ada caranya lho. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerusakan baterai laptop sedini mungkin. Jika kamu melakukan charge laptop dengan benar, kemungkinan umur baterai laptop pun akan tetap awet.

Lantas, bagaimana cara charge laptop yang benar itu ? Tenang sobat, saya sudah menuliskan cara charge laptop yang benar agar baterai laptopnya tetap awet. Cara ini harus kamu lakukan setiap hari, agar umur baterai laptop bisa panjang.

Biar kamu gak keliru lagi ketika melakukan charge laptop, silahkan baca cara charge laptop yang benar di bawah ini.


Cara Charge Laptop Yang Benar

Ada 4 hal yang harus kamu perhatikan ketika akan charge laptop. Saya sendiri sudah melakukan keempat cara tersebut dan baterai laptop tetap awet meski sudah digunakan selama 4 tahun.

Pastikan Laptop Dalam Keadaan Mati

Yang sering saya lakukan ketika charge laptop adalah laptop di charge dalam keadaan mati. Hal ini dilakukan untuk menghidanri overheat pada laptop. 

Jika laptop digunakan sambil dicharge, kemungkinan akan terjadi overheat jika terlalu lama digunakan. Sebaiknya, gunakan pendingin tambahan untuk mengurangi overheatnya, jika memang laptop benar - benar dibutuhkan.

Jangan Isi Daya Baterai Hingga 100%

Hindari pengisian daya hingga 100%, apalagi jika laptop di charge terlalu lama bisa mengakibatkan overheat pada baterai laptop dan komponen lainnya.

Jika suhu laptop lebih dari 30 derajat celcius bisa merusak baterai dan bisa mengurangi masa pakainya secara signifikan. Hal ini sudah diuji oleh Battery University.

Selalu Perhatikan Suhu Laptop Ketika Digunakan

Jika laptop digunakan sambil dicharge, selalu perhatikan suhu laptop ketika digunakan. Jangan sampai laptopnya overheat. Untuk mengatasi overheat ketika laptop dicharge, kamu bisa menggunakan pendingin tambahan atau gunakan laptop diruangan yang ada AC.

Segera Charge Sebelum Daya Baterai Mencapai 20%

Nah ini perlu kamu perhatikan juga, sebaiknya laptop segera dicharge ketika daya baterai sebelum mencapai 20%. Hal ini dilakukan agar masa pakai baterai laptop tetap terjaga dengan baik.

Memang wajar sih jika baterai laptop akan terus berkurang ketahanannya. Yang tidak wajar itu, jika laptop baru 3 - 6 bulan sudah drop, kemungkinan ada yang salah dengan cara charge laptopnya.


Kesimpulan

Berikut adalah cara charge laptop yang benar agar baterai laptop tetap awet. Keempat cara tersebut sudah saya lakukan selama 4 tahun. Masa pakai laptopnya pun masih bisa bertahan 3 - 4 jam penggunaan, baik untuk browsing, coding, nonton video, dan lain - lain.

Semua kembali lagi bagaimana cara kamu memperlakukan laptop tersebut. Jika dilakukan secara asal - asalan, kemungkinan umur laptop tidak akan bertahan lama. Cara charge laptop yang benar adalah satu dari sekian banyak cara agar laptop tetap awet bertahun - tahun.

Restu Kersana Calon Jenazah, pengen hidup enak tapi gini - gini aja.

Belum ada Komentar untuk "Jangan Salah ! Ini Cara Charge Laptop Yang Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close