9 Cara Merawat Laptop yang Jarang Dipakai agar Tetap Awet

Karena beberapa alasan, laptop yang kamu miliki akan jarang digunakan. Meski begitu, kamu tetap harus merawat laptop tersebut agar tidak mengalami kerusakan. 

Untuk itu, saya akan membagikan cara merawat laptop yang jarang digunakan dengan benar.

Laptop sendiri perlu digunakan setiap harinya agar tidak mengalami kerusakan, tentu didiamkan terlalu lama juga bisa membuat laptop kamu mengalami kerusakan yang cukup fatal. 

Tentu tidak semua orang bisa menggunakan laptop setiap harinya atau ada juga yang membeli laptop lalu didiamkan begitu saja dalam waktu yang lama. 

Lalu, ada juga lho yang menggunakan laptop dalam waktu tertentu, kemudian mendiamkan laptop dalam waktu yang lama.

Anggapan mendiamkan laptop agar tetap awet itu ternyata salah lho, jika kamu masih beranggapan menggunakan laptop dalam waktu tertentu dan menyimpan kembali ketika digunakan dalam waktu yang lama, bisa membuat laptop menjadi cepat rusak dibandingkan yang sering digunakan.

Permasalahan akan muncul jika kamu menyimpan laptop di tempat yang lembap dan menjadi salah satu penyebab kerusakan pada laptop yang paling banyak.

Apabila kamu jarang menggunakan laptop atau penggunaannya dalam frekuensi yang rendah. Sebaiknya kamu melakukan beberapa hal untuk menyimpan laptop tersebut dalam waktu yang cukup lama.

Nah untuk itu, saya akan membahas cara merawat laptop yang jarang digunakan dengan benar. Cara merawat laptop sebenarnya sangat mudah kok, kamu tinggal mengikuti beberapa cara dibawah ini agar bisa meminimalisir kerusakan pada laptop.

9 Cara Merawat Laptop Yang Jarang Dipakai

Penting bagi kita untuk mengetahui cara merawat laptop yang jarang dipakai agar tetap awet dan terhindar dari kerusakan. 

Beberapa cara yang dapat dilakukan adalah dengan membersihkan laptop secara rutin, menjaga suhu lingkungan, dan mengecek kondisi baterai secara berkala.

Mengikuti tutorial cara merawat laptop yang jarang dipakai juga dapat membantu meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam merawat laptop secara optimal. 

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengikuti tutorial ini hingga akhir agar mendapatkan hasil yang optimal dalam merawat laptop kesayangan Anda.

1. Laptop tidak disimpan pada tempat yang lembap

Telah saya singgung sebelumnya, salah satu penyebab kerusakan pada laptop adalah menyimpan laptop di tempat yang lembab. 

Untuk itu, hindari menyimpan laptop di tempat yang lembap seperti di bawah kolong ranjang, di atas lemari dan ditempat yang dekat dengan sumber air.

Dengan melakukan ini, kamu sudah mengikuti cara menyimpan laptop yang benar agar bisa terhindar dari kerusakan.

Baca Juga : 3 Cara Mempercepat Kinerja Laptop/Komputer Dengan CMD

2. Lepas baterai laptop

Melepas baterai laptop adalah cara yang paling tepat ketika laptop jarang digunakan dalam waktu yang lama. Dengan melepas baterai laptop, maka laptop yang kamu miliki tidak akan teraliri arus listrik.

Sehingga bisa mencegah kerusakan akibat hubungan arus pendek listrik. Selain itu, hal ini pula bisa mencegah terjadi kerusakan pada motherboard.

Baca Juga : 8 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Terkunci Dengan Mudah

3. Nyalakan laptop sesekali 

Meski laptop disimpan dalam waktu yang cukup lama, sesekali nyalakan laptop dan diamkan beberapa menit. 

Ini merupakan cara memanaskan laptop yang bisa kamu terapan secara berkala agar komponen laptop tidak mengalami kerusakan. 

Biasanya menyalakan laptop misal 1 minggu sekali dan gunakan beberapa menit.

Karena jika laptop terlalu lama didiamkan, pasti komponen yang ada pada laptop dingin. Jika terlalu dingin bisa membuat komponen dalam laptop konslet ketika akan digunakan.

Baca Juga : 9 Cara Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Install Ulang

4. Sesekali isi ulang daya baterai laptop

Meski tidak digunakan dalam waktu yang lama, sesekali kamu harus mengisi daya baterai laptopnya. 

Tentu hal ini harus dilakukan demi menjaga kesehatan laptopnya, terutama pada bagian baterai laptop.

Ternyata, meski laptop yang kamu miliki tidak digunakan, namun baterai yang terpasang pada laptop akan berkurang kapasitasnya.

Sebaiknya baterai laptop dilepas jika memang laptop tersebut tidak akan kamu gunakan dalam waktu yang lama.

Baca Juga : 9 Cara Merawat Laptop Yang Jarang Dipakai Dengan benar

5. Usahakan laptop dalam posisi terbuka

Meski terdengar aneh, karena pada umumnya orang menyimpan laptop dengan layar tertutup. Tetapi cara ini cukup efektif lho untuk meminimalisir kerusakan pada keyboard, terlebih jika jarang digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Keuntungan lain jika kamu menyimpan laptop dalam posisi terbuka, laptop yang kamu miliki akan selalu kering, tentunya dengan tidak menyimpan laptop di tempat yang lembab.

6. Bersihkan laptop secara rutin

Seperti benda elektronik lainya, laptop pun harus rutin dibersihkan meski jarang digunakan. Bisa saja ada debu atau kotoran yang menempel pada laptop dalam waktu yang cukup lama. 

Tentu, debu dan kotoran ini bisa mengurangi kinerja laptop kamu ketika ingin digunkaan kembali, utamanya pada bagian kipas di dalam laptop.

Baca Juga : 4 Cara Mengatasi Flashdisk Minta Format (TERLENGKAP)

7. Simpan dengan tambahan pelindung

Meski laptop sudah disimpan di tempat yang kering, namun mungkin saja laptop tersebut tertimpa beban dari benda lain yang tidak sengaja jatuh tepat ke laptop kamu. 

Simpan laptop tersebut dengan pelindung seperti styrofoam atau benda lunak lainnya dan tutupi dengan kain tips agar terhindar dari debu.

8. Jangan meletakkan benda berat di atas laptop

Pastikan kamu tidak menyimpan benda berat di atas laptop. Tentu hal ini bisa berakibat buruk untuk laptop kamu, apalagi beban yang diletakkan di atas laptop memiliki beban yang lebih berat dibandingkan laptop tersebut.

Ketika laptop ditekan oleh benda yang lebih berat dibandingkan laptop itu sendiri, hal ini bisa dapat merusak LCD atau layar laptop kamu. 

Layar laptop sendiri tidak boleh mengalami kenakan, pastikan laptop disimpan diatas benda yang lain. Jangan pernah menjadikan laptop sebagai tempat menyimpan barang lain.

Baca Juga : Ini Dia Cara Charge Laptop Yang Benar Agar Awet Terus

9. Simpan di tempat yang bersih

Selain disimpan di tempat yang kering, pastikan tempat tersebut juga bersih dari debu atau kotoran. Hal ini bisa meminimalisir kerusakan pada komponen bagian dalam laptop.

Baca Juga : 5 Cara Cek Spesifikasi PC dan Laptop Windows Termudah [+GAMBAR]

Kesimpulan

Dalam pembahasan di atas, kita telah mengetahui bahwa merawat laptop yang jarang dipakai merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga kinerja dan keawetan laptop. 

Beberapa cara yang dapat dilakukan adalah dengan membersihkan laptop secara rutin, menjaga suhu lingkungan, dan mengecek kondisi baterai secara berkala.

Melalui tutorial ini, kita dapat memperoleh informasi dan pengetahuan yang lebih lengkap mengenai cara merawat laptop yang jarang dipakai dengan baik dan benar. 

Dengan mengikuti tutorial ini hingga akhir, kita akan mendapatkan tips dan trik yang dapat membantu kita untuk merawat laptop secara optimal dan terhindar dari kerusakan.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengikuti tutorial ini sampai akhir agar kita dapat memperoleh informasi yang lengkap dan benar mengenai cara merawat laptop yang jarang dipakai. 

Dengan demikian, kita dapat memperpanjang usia laptop kesayangan kita dan menghindari kerusakan yang dapat mengganggu kinerja laptop.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url